WordPress di Industri website dan blogger

81 / 100
wordpress Indonesia
Sumber Gambar : pixabay.com

Dunia website ataupun blogger sudah pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Content Management System WordPress. Hadirnya persaingan di industri digital semakin mendorong setiap orang baik organisasi, perusahaan ataupun perseorangan untuk membangun halaman website yang terbaik dengan beragam informasi yang dibutuhkan banyak orang. Berkaitan dengan estimasi waktu pengerjaan, membuat website ini terbilang perlu waktu khusus beserta keahlian tingkat tinggi. Namun dengan hadirnya WordPress setiap orang yang ingin membuat halaman website ataupun blog tidak perlu lagi memikirkan hal tersebut.

Di industri website dan juga blogger, WordPress telah menunjukan perannya sebagai platform yang mengerti akan apa yang dibutuhkan banyak orang. WordPress telah menunjukan eksistensinya sebagai mediator antara pengembang website dengan bahasa pemrograman yang sulit untuk dipahami tanpa keahlian khusus. Untuk mengetahui WordPress lebih dalam mari lanjutkan membaca artikel berikut ini.

WordPress itu apa?

WordPress yaitu platform Content Management System yang dapat digunakan untuk membuat halaman website. CMS ini dibuat oleh Matt Mullenweg bersama rekannya Mike Litte di tahun 2003 yang lalu. Bermula dari ditutupnya sebuah platform blogging dengan nama cafeblog dimana mereka pada saat itu sebagai penggunanya, maka kemudian hadirlah platform serupa dengan nama WordPress. Dengan perkembangannya, WordPress merilis versi-versi terbarunya dimana menghadirkan berbagai fitur yang sangat bermanfaat bagi para pembuat website ataupun blog.

Pada dasarnya WordPress ini merupakan platform yang bersifat open source. Dimana maksud dari open source ini WordPress dapat dimodifikasi sedemikian rupa oleh para penggunanya. Menariknya lagi WordPress ini gratis dan dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin membuat halaman website ataupun blog. Untuk memaksimalkan layout dari halaman website dan juga blog yang dibuat, WordPress menyediakan ribuan plugin yang dapat anda instal sesuai dengan keperluannya. Dengan plugin ini anda cukup konfigurasi, maka plugin akan bekerja sesuai dengan fungsinya di halaman website anda.

Jenis-Jenis WordPress

Berbeda dengan platform yang lainnya, WordPress ini terbagi ke dalam 2 jenis. Pertama ada WordPress.com dan kedua ada WordPress.org. Sebetulnya ini masih dalam satu perusahaan. Namun yang membedakan disini yaitu terletak pada sisi layanan dan fitur yang diberikan. Jika anda menggunakan WordPress.com maka secara otomatis anda tidak perlu membeli dan menyewa lagi hosting dan juga domain. Karena dengan WordPress.com halaman blog atau website anda sudah menggunakan hosting dan domain dari WordPress itu sendiri. Sedangkan untuk WordPress.org anda dapat menggunakannya dengan membeli domain dan sewa hosting sendiri di jasa layanan hosting tertentu.

Kedua jenis WordPress ini tentunya akan bermanfaat di berbagai kategori user. Namun jika anda terbilang sangat pemula sekali silahkan untuk mencoba WordPress.com terlebih dahulu. Sedangkan jika anda memiliki pengalaman atau pengetahuan seputar programming dan ingin membuat website yang lebih profesional, maka disarankan untuk menggunakan WordPress.org.

Adapun perbedaan yang paling mendasar terletak pada nama domain setelah anda publish halamannya. Misalkan nama domain anda belajarkoding. Jika anda membuat halaman website atau blog ini dengan menggunakan WordPress.com maka ekstensi alamat domainnya menjadi seperti ini : www.belajarkoding.wordpress.com. Namun jika anda membangunnya menggunakan WordPress.org maka ekstensi alamat domainnya menjadi seperti ini : www.belajarkoding.com.

Dengan WordPress.com anda hanya mendapatkan fitur dan juga layanan yang terbatas, domain dan hosting yang sudah satu paket ketika anda menggunakannya. Sedangkan dengan WordPress.org anda bisa bereksplorasi lebih dalam dan tentunya untuk hosting dan domain bisa anda tentukan sendiri akan membeli yang seperti apa. WordPress.org gratis untuk penggunaan fitur di dalamnya, yang berbayar itu hanya hosting dan domain saja.

Manfaat Penggunaan WordPress

Sumber Gambar : pixabay.com

WordPress ini merupakan sebuah platform yang dirancang untuk memudahkan pembuatan website ataupun blog secara umum. Adapun manfaat yang didapat jika anda menggunakan CMS WordPress ini yaitu sebagai berikut :

  • Mudah digunakan oleh anda yang terbilang pemula di dunia website ataupun blog.
  • Tersedia ribuan plugin yang mendukung kebutuhan halaman website ataupun blog anda.
  • Pengelolaan atau manajemen yang mudah dimengerti.
  • Open source dan bisa dimodifikasi.
  • Menghadirkan komunitas yang besar untuk anda sharing pendapat ataupun bertanya.
  • Tutorial penggunaan banyak tersebar di mesin pencarian.

Instalasi WordPress

Untuk proses instalasi WordPress ini ada beberapa cara yaitu deploy langsung dari akun hosting yang telah anda sewa ataupun instalasi manual melalui localhost. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan gambaran proses instalasi melalui localhost. Adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  • Download terlebih dahulu xampp server jika memang belum terinstal di laptop anda sebelumnya.
  • Download CMS WordPress di situs resmi WordPress.org.
  • Instal Xampp Server.
  • Masuklah ke folder xampp yang telah di instal, biasanya terinstal di folder Local disk C :xampp/htdocs. Contohnya seperti berikut :
  • Buka folder htdocs tersebut dan buatlah folder dengan nama theme-wp.
  • Lalu extract file CMS WordPress di dalam folder theme-wp tersebut yang sebelumnya telah anda download.
  • Setelah ter-extract dengan baik, anda buka browser dan buka url localhost untuk membuat databasenya. Contohnya seperti berikut ini :localhost/phpmyadmin.
  • Kemudian buatlah database dengan nama theme-wp dan create database.
  • Jika database telah berhasil dibuat langkah terakhir yaitu anda masuk ke browser dan masukan url berikut : localhost/theme-wp.
  • Jika berhasil dibuka maka anda akan diarahkan ke pembuatan akun WordPress. Dalam hal ini anda diminta untuk mengisi identitas website yang akan anda buat. Lengkapi semuanya hingga submit data dan tunggu instalasi hingga selesai.
  • Terakhir untuk mengakses WordPress yang telah diinstal ini anda bisa mengaksesnya di mesin pencarian dengan alamat berikut : localhost/theme-wp. Dan untuk manajemen c-panel / administrator anda bisa mengaksesnya di alamat berikut : localhost/theme-wp/wp-admin
  • WordPress siap digunakan.

Pada dasarnya WordPress ini merupakan CMS terbaik saat ini. Instalasi yang mudah, support di berbagai perangkat dan ramah pengguna menjadikan WordPress banyak digemari. Dengan kemudahan penggunaan dan banyaknya forum dan tutorial menjadikan WordPress populer di berbagai kalangan. WordPress telah menjadikan industri website dan juga blog naik drastis untuk penggunanya. Baik itu untuk pemula hingga profesional. 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *