Tips Membuat Website Berkualitas

78 / 100

BACA DULU, INI MENARIK !

Memiliki sebuah halaman website pribadi merupakan idaman banyak orang. Dengan latar belakang apapun itu. Misalkan saja seperti  pebisnis, influencer, freelancer, pendidik ataupun pelajar. Untuk hal ini kami akan bahas dari sisi pebisnis atau pemilik usaha. 

Dalam dunia usaha, mempunyai website akan berdampak besar sekali untuk mendongkrak kemajuan usahanya. Utamanya berkaitan dengan pemasaran. Dengan website para pelaku usaha ini akan lebih mudah untuk menjangkau konsumennya agar mengetahui produk yang mereka jual. Dalam membuat website pun cukup mudah. Untuk saat ini banyak sekali developer yang membangun dan memberikan template gratis hingga menyediakan builder-nya sendiri. Dengan ini anda bisa melakukan customize website sendiri tanpa banyak menggunakan koding. 

Ada banyak sekali CMS (Content Management System) yang memberikan kemudahan ketika anda ingin membuat halaman website. Seperti WordPress, Joomla dan juga blogspot. 

Jika anda melihat review dari perusahaan-perusahaan yang mempunyai website, mereka tergolong perusahaan yang perkembangan usahanya sangat pesat dan terbilang profesional karena memiliki website. Maka dari itu, dengan adanya website daya tarik pengunjung akan meningkat dengan pesat. Tidak perlu lagi anda bekerja keras untuk memasarkan atau mempromosikan produk dari usaha anda secara people to people. Dengan adanya website anda cukup bekerja secara cerdas saja. Selain itu juga website yang anda buat pastikan user friendly, resposif dan elegan dengan fungsi yang mudah dipahami. Dengan demikian, perusahaan anda siap maju lebih cepat dan tepat sasaran.

Adapun jenis website sendiri bermacam-macam. Misalkan saja ada onlineshop, portofolio, company profil, pendidikan, pemerintahan dan lain sebagainya.

Berikut Tips Umum Membuat Website Berkualitas

  • Tentukan dahulu tema website anda. Contohnya seperti : Online store, Portofolio, Company Profil, Forum, Pemerintahan, Pendidikan. dll.
  • Ciptakan karakter website anda.
  • Persiapkan domain dan hosting. Anda bisa menemukannya di berbagai layanan hosting dan domain baik itu dalam negeri ataupun luar negeri. Contoh domainnya : https://onlenkanindonesia.com.
  • Tentukan platform untuk develop yang akan anda gunakan. Contoh : wordpress dan juga blogspot.
  • Rancang dahulu mockup website agar memudahkan anda dalam proses pembuatan website.
  • Lalu persiapkan juga algoritma website yang akan anda bangun. Ini fundamental sekali.
  • Jika anda menggunakan platform yang include tema mungkin anda tidak perlu untuk mengerti bahasa pemrograman secara mendalam, anda tinggal customize saja template yang ada, namun jika anda develop full source code maka anda harus persiapkan bahasa pemrograman yang cocok untuk alur system / website yang akan anda buat.
  • Persiapkan Server local agar memudahkan anda untuk checking step by step interface website yang telah dibuat.
  • Jika memang dirasa sudah maksimal maka website anda tinggal go live saja.

Untuk lebih jelasnya, kita bahas satu per satu dari tips umum membuat website berkualitas versi Onlenkan Indonesia. 

1. Tentukan tema website anda

Tema website merupakan inti yang harus anda persiapkan sebelum mulai membuat website. Karena dengan tema inilah anda akan mengerti alur berikut fungsi website tersebut. Adapun tema website yang cukup populer dan banyak digunakan saat ini adalah sebagai berikut : 

Tema website di atas merupakan contoh tema yang popular dan banyak digunakan oleh setiap content creator, individu, organisasi formal ataupun non-formal. Selebihnya anda bisa eksplorasi sendiri. Ini penting sekali, dimana tujuannya ketika tema website anda persiapkan dengan matang di awal, maka kemungkinan untuk merubah di tengah pengerjaan akan kecil. Jika itu terjadi maka akan menyulitkan bagi anda karena harus merubahnya secara total.

2. Ciptakan karakter website anda

Karakter Website Berkualitas
Sumber : pixabay.com

Karakter website menjadi sesuatu hal yang penting pada halaman website. Ini dapat menjadi identitas utama saat website anda dikenal publik. Pada dasarnya setiap orang itu ketika pertama membuka halaman website, mereka akan menganalisa dahulu itu website tentang apa. Terlepas dari powerfull atau tidaknya halaman website tersebut. 

Dalam hal ini juga anda bisa menjadikan karakter halaman website itu seperti menggambarkan pribadi anda. Misalkan dari sisi warna dominan yang anda suka, gambar yang mencerminkan sosok diri anda ataupun gaya bahasa penulisan. Ini biasanya berkaitan dengan tema website portofolio pribadi.

Karakter website ini penting sekali. Bisa jadi dengan karakter website yang unik, maka website anda akan banyak disukai orang. Dengan demikian traffic kunjungan ke halaman website anda akan ramai. Selain itu juga website anda akan dikenal secara luas.

3. Persiapkan Domain dan juga Hosting

Domain dan Hosting
Sumber : pixabay.com

Apa yang anda ketahui tentang domain dan juga hosting ?

Sebagai analogi agar anda memahaminya akan kami jelaskan seperti sebuah rumah. Domain itu sebagai alamat rumah yang anda tempati, kemudian hosting sebagai rumah yang anda tempati, dan halaman website itu merepresentasikan diri anda. Dari ketiga hal tersebut jika sudah terpenuhi maka website anda sudah dapat diakses di internet. Terlepas dari analogi tersebut kami akan jelaskan secara ilmiahnya. 

Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Kami percaya anda pernah mengakses suatu halaman di internet itu dengan indeks nama tertentu bukan?_ dan anda akan melihat domain seperti .com, .net, .space, .web.id, .go.id, .ac.id. Ini menunjukan nama domain yang digunakan dalam halaman website tersebut. Contohnya seperti ini : https://onlenkanindonesia.com/. onlenkanindonesia merupkan nama domain dan .com merupakan extensi dari nama domain tersebut. Anda bisa membeli domain tersebut di berbagai layanan domain dan juga hosting. Ada 2 jenis domain yaitu TLD (International) dan ID (regional Indonesia).

Hosting adalah lokasi tempat untuk menyimpan data source website anda. Baik dalam bentuk text, gambar, video. Seperti yang anda ketahui, halaman website ini bentuk file-nya bermacam-macam seperti source code (bahasa pemrograman), konten dalam berbagai jenis file. Nah di dalam hosting inilah semua file tersebut akan anda simpan ketika anda telah membeli hostingnya. Tujuannya yaitu agar website anda dapat diakses melalui internet oleh banyak orang. Terdapat pula jenis-jenis dari hosting itu sendiri seperti shared hosting, dedicated hosting, vps (virtual private server) dan colocation server. Dari beberapa jenis ini banyak digunakan untuk website seperti website perusahaan, organisasi baik itu sektor formal atau informal, website pendidikan dan juga website pribadi.

4. Platform untuk develop / membangun website (CMS_Content Management System)

Content Management System Pembangun Website
Sumber : pixabay.com

Apa anda mengenal CMS (Content Management System) ?

Baik kami akan jelaskan berkaitan dengan platform untuk develop atau membangun website anda. Jika anda mengenal apa itu Content Management System (CMS) ini merupakan istilah dunia website untuk platform pembangun website. CMS ini banyak sekali jenisnya. Ada WordPress, Blogspot dan lain sebagainya. Ini CMS yang memberikan template tanpa kita harus mendesign dari nol. Untuk temanya ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Tergantung keperluan anda. Untuk pemula mungkin anda bisa menggunakan template yang gratis dahulu. Kedepannya jika anda sudah cukup profesional dan ingin fokus di dunia website ada baiknya mencoba yang berbayar. Disini anda tidak perlu mengerti bahasa pemrograman secara mendalam. Namun jika anda memiliki background di dunia programming mungkin anda bisa membuatnya dari nol dengn menggunakan source code dari bahasa pemrograman.

5. Rancang Mockup Website Anda

Mockup website
Sumber : pixabay.com

Mockup website ini dibuat dengan tujuan agar anda tidak keluar dari planning pembuatan website. Biasanya mockup ini berkaitan dengan design user interface website yang akan anda bangun. Ada banyak sekali platform yang bis anda gunakan untuk membuat mockup ini yaitu sebagai berikut : 

  • moqups
  • mockflow
  • balsamiq

Anda bisa menggunakan beberapa platform di atas untuk membuat mockup. Terlepas dari platofrm tersebut mungkin ada yang lebih mudah yaitu menggunakan photoshop, microsoft office dan media lainnya. Namun jika anda menggunakan software khusus akan terlihat lebih profesional saja dan wireframe-nya akan terlihat menarik.

6. Algoritma Website

algoritma website
Sumber : pixabay.com

Algoritma ini merupakan pola pikir, mindset, alur kerja dari website yang anda bangun. Algoritma juga merupakan deretan instruksi yang jelas yang berguna untuk memcahkan masalah via system atau website. Algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer dinaman koding. Orang yang mengerjakan koding ini dinamakan programmers. Nah dalam hal ini algoritma yang telah anda buat akan diimplementasikan ke dalam bentuk website melalui bahasa pemrograman (koding).

7. Local host / server local

Web server / local host
Sumber : pixabay.com

Localhost adalah suatu program komputer dimana dapat digunakan sebagai virtual server atau server lokal di dalam komputer yang digunakan untuk merancang sebuah halaman website. Localhost ini juga dapat digunakan sebagai database untuk menyimpan data-data yang akan dimuat pada website. 

Adapun tujuan dari localhost itu sendiri yaitu :

  • Melakukan testing kecepatan dari website ataupun jaringan anda.
  • Tes halaman website dapat berjalan dengan sempurna.
  • Blokir sebuah situs tertentu.

8. Go Live

Website powerfull dan berkualitas
Sumber : pixabay.com

Ketika website telah siap dan benar-benar matang dari halaman website itu sendiri, kemudian database, hosting dan domain sudah siap_ maka tidak perlu lama-lama lagi untuk menunggu. Langsung saja go live lalu evaluasi secara berkala akan kinerja dari website yang anda buat. 

Artikel terkait :

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *