Usaha rumahan modal kecil

74 / 100
Sumber Gambar : pixabay.com

Usaha Rumahan Modal Kecil – Memiliki usaha kini sudah menjadi hal yang penting guna menunjang kehidupan saat ini hingga ke masa depan. Besar kecilnya suatu usaha tidak akan berarti jika tidak memulainya. Membangun usaha tidak harus selalu bermodalkan besar. Pada dasarnya setiap perusahaan besar pun mereka memulainya dari usaha kecil. Bahkan ada yang tidak memiliki tempat, produk dan modal sama sekali. Sering kali kita berpendapat bahwa untuk membuka suatu usaha itu perlu modal yang tidak sedikit. Dan anda tidak termasuk dalam kategori pemilik modal yang besar. Itu masalah yang sering muncul.

Membangun usaha itu pada dasarnya memerlukan modal nekad. Dalam hal ini bukan nekad yang konyol. Meskipun anda tidak memiliki modal, tidak punya produk, lokasi strategis, tetap anda perlu mengatur strategi untuk mendatangkan ketertarikan dan minat banyak orang pada bidang usaha anda. Kini anda tak perlu kesulitan lagi karena tidak memiliki produk untuk berbisnis. Di dunia online atau teknologi ada yang dinamakan dengan dropship. Tidak memiliki modal produk pun usaha ini bisa anda jalankan dengan memasarkan produk orang lain dengan sistem bagi hasil.

Sedikit akan dibahas disini, bisnis online kini menjadi primadona dalamĀ  lingkungan pasar bisnis di Indonesia bahkan dunia. Seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat dan derasnya pengguna, menjadikan teknologi ini ladang basah para pencari rezeki di dunia online. Ini menarik jika anda coba untuk menggali lebih dalam seputar bisnis online. Jika melihat judul dari artikel ini, bisnis online termasuk dalam kategori bisnis rumahan modal kecil bahkan tanpa modal. Dunia online merupakan media yang tidak terlihat secara fisik, sehingga kemungkinan orang tidak memahami bisnis online yang benar itu masih sangat tinggi. Namun penulis yakin ketika anda membuka dan membaca artikel ini, anda memahami apa itu teknologi dan seperti apa bentuk penggunaannya.

Disini penulis ingin mengajak anda untuk berbagi pada orang-orang di sekeliling anda yang ingin memulai usaha tetapi tidak memahami atau istilahnya gaptek terhadap teknologi. Anda bisa sharing ke orang-orang di sekitar anda tentang bisnisĀ  ini, bahkan mungkin anda bisa ambil peluang ini untuk memberikan pekerjaan pada mereka yang tidak memahami dunia teknologi. Dan penulis akan lebih senang ketika jenis usaha rumahan modal kecil ini bisa anda kolaboraasikan dengan teknologi dengan kontrol anda sendiri. Adapun jenis usaha rumahan tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Usaha Rumahan Modal Kecil “jualan makanan”

Usaha rumahan berjualan makanan ini terbilang usaha yang potensial, karena kebutuhan orang akan makanan ini sangat fundamental sekali. semua orang beranggapan bahwa jualan makanan itu perlu modal yang tidak sedikit. Pada dasarnya banyak sekali bahan-bahan makanan yang dapat anda ambil dari tumbuhan ataupun sumber lainnya. Ini biasanya akan banyak anda jumpai di daerah pedesaan. Seperti singkong, jengkol, pete dan sebagainya. Dari beberapa jenis makanan tersebut memang di perkotaan pun banyak. Tapi bedanya soal harga dan cara anda mendapatkannya.

Di pasar, jenis makanan tersebut anda bisa mendapatkannya dengan cara membeli, dan tentunya dengan harga di atas harga petani yang ditawarkan pada penjual tersebut. Artinya disini anda menjadi pihak ketiga dalam interaksi jual beli tersebut. Namun di pedesaan pada umumnya mereka bisa mendapatkan jenis makanan tersebut dari ladang yang mereka olah sendiri. Jadi anda bisa investasi dan bekerja sama dengan mereka. Coba anda bayangkan disini ada konsep menarik dimana anda dapat meminimalisir pengeluaran modal anda dengan cara langsung membeli dari tangan petani.

Berkaitan dengan usaha jualan makanan disini anda dapat mengolah bahan makanan tersebut melalui mereka atau anda sendiri. Harga bahan-bahannya murah, maka anda dapat mengatur harga pasar dengan mudah. Dari bahan makanan tersebut anda bisa membuat kerupuk jengkol, keripik singkong dan masakan-masakan lainnya. 

2. Usaha Rumahan “Laundry Pakaian”

Usaha rumahan laundry pakaian ini akan tepat sekali dilakukan ketika anda memiliki lokasi rumah berada di lingkungan keramaian, seperti lingkungan kampus, kos-kosan, perkantoran dan sejenisnya. Ini biasanya menjadi ladang usaha rumahan yang sangat potensial karena tidak memerlukan keahlian secara khusus. Seiring dengan kesibukan, mayoritas dari mereka ini akan menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakaiannya. Harga yang terjangkau menjadikan usaha rumahan laundry pakaian ini bisa anda jalankan dengan bertahap.

Usaha Rumahan “Kerajinan tangan”

Usaha rumahan kerajinan tangan ini terbilang langka karena memang memerlukan keterampilan dan kreatifitas dari para pengrajinnya. Namun sebenarnya banyak sekali barang-barang bekas yang dapat anda daur ulang menjadi sesuatu yang dapat dijual dan memiliki value yang cukup tinggi. Setiap orang punya kemampuan untuk berkreasi, apapun itu. Misalkan anda membuat kotak pensil dari kertas karton atau kardus bekas. Banyak hal yang dapat anda daur ulang menjadi sesuatu yang dapat anda jual. Anda bisa membuatnya semenarik mungkin. Tidak ada yang tahu kedepannya akan seperti apa. Mungkin saja dari daur ulang ini anda bisa memiliki perusahaan dengan produk ataupun brand sendiri. Tidak ada yang tahu. Anda bisa mencobanya karena usaha yang satu ini tidak memerlukan modal yang besar dan dapat anda kerjakan dari rumah.

Penutup

Peluang Usaha rumahan modal kecil ini sebenarnya banyak sekali. Namun disini dirangkum hanya 3 saja dengan tujuan anda dapat mencobanya terlebih dahulu. Besar atau kecilnya sebuah usaha itu harus dilandasiĀ  dengan ketekunan. Tidak ada yang tahu jika ketiga bisnis tersebut anda kerjakan saat ini akan mendatangkan keberkahan di masa mendatang. Jika ada rekomendasi usaha rumahan modal kecil lainnya anda bisa tuliskan di kolom komentar. Terimakasih semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya terutama yang ingin memulai usaha dengan modal yang minim.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey, Apa Kabar Anda !

Sebelum anda pergi izinkan kami memberikan update artikel menarik dan bermanfaat lainnya untuk anda.

Salam Hangat Onlenkan Indonesia