Trik jitu pemasaran produk menggunakan e-mail blast

78 / 100
email blast
Sumber Gambar : pixabay.com

E-mail, media surat menyurat secara elektronik ini telah dipergunakan sejak puluhan tahun lalu. Bahkan sebelum orang-orang dibombardir dengan adanya Internet. Aktifitas surat menyurat, yang semula menggunakan jasa pengiriman dimana bentuk fisiknya yaitu tulisan tangan di secarik kertas dan dimasukan kedalam sebuah amplop, hampir semuanya tergantikan dengan adanya electronic-mail. Jutaan aktifitas surat menyurat ini berjalan di  dalam e-mail setiap harinya. 

Seiring dengan perkembangan seputar e-mail ini, kini populer di dunia marketing dengan nama e-mail blast. Layanan ini dibangun untuk memfasilitasi setiap aktifitas pekerjaan yang mengharuskan mereka mengirimkan data baik itu berbentuk surat, undangan, informasi kepada konsumennya yang mencapai ribuan bahkan jutaan. Akan kurang efisien sekali jika konsumen yang mencapai angka tersebut kita lakukan pengiriman e-mail satu persatu. Maka dari itu banyak sekali bermunculan layanan e-mail blast dari yang gratis hingga berbayar. Apa itu e-mail blast ?

Berikut Penjelasannya !

1. Pengertian E-mail Blast

email blast
Sumber Gambar : pixabay.com

Secara Konsep !

E-mail Blast /mail merge merupakan sebuah konsep yang digunakan dalam aktifitas pengiriman surat menyurat secara elektronik yang ditujukan kepada banyak penerima dengan pesan yang sama dan dalam waktu yang bersamaan atau sekali eksekusi.

E-mail blast ini sebenarnya tidak hanya untuk keperluan marketing saja, anda bisa menggunakannya untuk pengiriman data diluar bdang marketing. Misalkan undangan sebuah pesta ulangtahun, undangan rapat organisasi, dll. Maka e-mail blast ini sangat cocok digunakan untuk keperluan marketing penjualan produk ataupun jasa. Untuk melakukan pengiriman e-mail marketing atau e-mail blast ini anda bisa menggunakan platform penyedia e-mail yang popular dan banyak penggunanya seperti gmail.

Cara membuat e-mail blast/mail merge gmail

Cara membuat e-mail blast/mail merge ini cukup mudah. Namun sebelum itu anda harus melakukan Instalasi add on terlebih dahulu. Anda bisa mengikuti tutorial dalam cuplikan video berikut ini :

Lalu ketika sudah terinstal Add on dilanjutkan pada step berikut ini :

  • Pertama anda buka e-mail anda an masuk pada google Spreadsheet.
  • Lalu aktifkan menu Add-on dan biasanya akan muncul menu baru setelah terinstal add on dengan nama “mail merge with attacments”.
  • Setelah anda temukan itu berarti menu add on telah aktif.
  • Kemudian klik menu “make merge template” yang berfungsi untuk menggabungkan template dimana biasanya berupa interface draf kosong spreadsheet anda.
  • Di dalam spreadsheet kosong tersebut anda tinggal mengisi data-data yang diperlukan untuk menjalankan e-mail blast seperti nama penerima, e-mail penerima, dan lain sebagainya. Disesuaikan dengan keperluan marketing anda dalam hal ini.
  • Dalam pengisian data ini bisa dilakukan secara manual, bisa juga dilakukan secara otomatis. Ini sebenarnya fungsi dari e-mail blast dimana anda disarankan untuk memasukan data secara otomatis dan lebih menghemat waktu anda. Caranya buka menu “Import google contact” dengan tujuan untuk mengambil kontak group yang sudah ada di google contact mail merge anda.
  • Setelah entry data tersebut selesai, maka anda tinggal membuat campaign.

Berikut beberapa Platform Layanan e-mail blast yang bisa anda coba

Selain gmail ternyata ada beberapa Platform penyedia layanan e-mail blast. Berikut rekomendasi yang bisa anda gunakan.

1. MailChimp

mailchimp
Sumber Gambar : MailChimp

Platform Mailchimp ini bisa digunakan bagi para pelaku usaha berskala kecil dengan jumlah pengikut sebanyak 1-2000 orang. Sama seperti gmail yang kami jelaskan sebelumnya bahwa Mailchimp juga menyediakan layanan secara gratis. Akan tetapi untuk pengguna layanan gratisnya dibatasi hanya bisa mengirimkan e-mail maksimal sebanyak 12.000 e-mail untuk setiap bulannya. Selain itu juga Mailchimp menyediakan fasilitas yan berbayarnya. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengunjungi website Mailchimp.

2. Zoho Campaigns

zoho campaign-onlenkan indonesia
Sumber Gambar : Zoho Campaigns

Zoho campaign ini hampir sama dengan Mailchimp dengan menyediakan layanan gratis dimana maksimal jumlah e-mail sebanyak 12.000 untuk 2.000 penerima. Namun zoho campaign juga memiliki layanan berbayarnya. Fasilitas ini dapat anda gunakan untuk mengupgrade kapasitas penerima e-mail marketing anda. Semakin banyak penerima e-mail marketing anda semakin profesional dan maju penjualan anda. Untuk lebih jelasnya terkait fitur, harga dan layanannya anda bisa langsung mengunjungi halaman website Zoho Campaign.

3. Sendinblue

Sumber Gambar : Sendinblue

Sendinblue juga menyediakan layanan gratisnya. Disini anda bisa membangun e-mail blast untuk keperluan marketing yang telah berjalan. Sendinblue juga memberikan beberapa layanan berbayar dengan berbagai skala seperti Lite (Ideal digunakan untuk bisnis yang sedang berkembang) dengan harga $25 per bulan, kemudian Premium (Solusi terbaik untuk jenjang pemasaran profesional) dengan harga $65 per bulan, dan yang terakhir yaitu Enterprise skala besar). Untuk lebih jelasnya anda bisa mengunjungi halaman website Sendinblue.

Manfaat penggunaan e-mail blast/mail merge

manfaat e-mail blast
Sumber Gambar : pixabay.com

Adapun manfaatnya dari penggunaan e-mail blast / mail merge ini yaitu sebagai berikut :

  • Kampanye terukur
  • Anggaran biaya terbilang hemat.
  • Mudah untuk dibagikan.
  • Informasi cepat dan juga praktis.
  • Tidak perlu melakukan pengiriman satu per satu.

E-mail blast / mail merge ini hadir untuk efisiensi suatu pekerjaan yang berhubungan dengan surat menyurat berskala besar. Dalam arti meskipun ribuan pelanggan atau konsumen, anda akan tetap bisa mengirimkan berkas surat ataupun penawaran produk dalam satu waktu. Bahkan anda bisa membuat draft untuk pengiriman terjadwal. Misalkan seperti sebuah tagihan / invoice bulanan yang dijadwalkan diterima pelanggan atau konsumen setiap tanggal 25 dari setiap bulannya. Maka hal ini dapat diatur secara otomatis ketika memasuki tanggal tersebut, invoice akan terkirim ke ribuan pelanggan saat itu juga dalam satu kali eksekusi.

Terimakasih.

Selamat mencoba semoga pemasaran anda melonjak tajam ketika menggunakan layanan e-mail blast.

Onlenkan Indonesia

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *