Tips Pemasaran Produk dengan Telegram

73 / 100
telegram
Sumber Gambar : pixabay.com

Telegram

Telegram merupakan sebuah layanan chatting dimana di dalamnya dapat melakukan komunikasi baik searah ataupun dua arah seperti pengiriman pesan, foto, video, audio hingga file-file dengan berbagai extensi yang telah dienkripsi. Telegram support di berbagai platform dan juga sistem operasi mulai dari android, iOS, windows, linux dan sebagainya. Selain support mobile, telegram juga hadir dalam bentuk website.

Aplikasi telegram ini bukan media chatting biasa. Di dalalmnya memberikan berbagai fitur yang sejalan dengan kepentingan bisnis baik untuk bisnis skala kecil menengah ke atas ataupun menengah ke bawah. Dari channel telegram kita bisa mengirimkan satu pesan ke banyak kontak yang sudah berlangganan atau joint di akun telegram anda secara sekaligus. Berkaca pada bisnis pada umumnya, setiap bisnis akan melakukan promosi yang mereka jual baik itu produk fisik, layanan ataupun jasa. Maka dari itu telegram cocok digunakan dalam hal ini untuk sharing seputar produk bisnis, komunikasi formal dengan konsumen, bisa dijadikan newsletter, mentoring dan lain sebagainya.

Fitur-fitur telegram

1. Bot Telegram

Bot telegram merupakan fitur telegram dengan system robot yang dibuat dengan berbagai perintah untuk mengeksekusi setiap instruksi yang dibuat oleh user atau pengguna telegram. Misalkan seperti mengintegrasikan sesuatu, pencarian, pengingat dan lain sebagainya. Dengan telegram bot ini anda terfokus pada automatisasi aktifitas baik dengan konsumen ataupun komunitas lainnya.

Menariknya telegram bot untuk dunia bisnis terutama bidang marketing ini dapat membantu anda untuk menemukan orang-orang yang melakukan suatu percakapan mirip atau bahkan sesuai dengan apa yang kita pasarkan di telegram ini. Dengan demikian kesempatan anda untuk mendapatkan traffic semakin tinggi.

2. Menambah akun dalam satu perangkat

Pebisnis tentu tidak asing lagi dengan memiliki banyak akun bisnis media sosialnya. Ada akun untuk onlineshop, akun jasa dan layanan pembuatan website, akun jasa internet marketing dan sebagainya. Dengan trendingnya pola tersebut dimana satu orang bisa memiliki banyak usaha dan akan menyulitkan pengontrolan di satu akun, maka telegram hadir dengan fitur penambahan akun dalam satu perangkat. 

Fitur ini dapat membantu anda meminimalisir kesalahan informasi. Misalkan yang harusnya anda mengirimkan pesan seputar onlineshop tapi anda malah mengirimkan pesan seputar layanan website. Tentu ini tidak perlu terjadi jika anda menggnakan telegram sebagai media pemasaran bisnis anda.

3. Integrasi dengan e-mail marketing

Berkaitan dengan kepentingan marketing alias promosi, telegram membuka diri untuk dapat diintegrasikan dengan layanan pegiriman pesan elektronik yaitu e-mail. Jika anda sebelumnya telah membangun e-mail marketing maka langkah berikutnya untuk menggunakan telegram sebagai media promosi sangat tepat. Karena telegram memberikan fitur integrasi dengan e-mail marketing. Anda tidak perlu bekerja 2 kali dalam hal ini.

Fitur integrasi ini mempermudah sekaligus mempercepat waktu promosi anda. Ketika anda mengirimkan e-mail marketing ke konsumen atau pelanggan anda maka akan secara otomatis pesan tersebut terkirim juga di aplikasi telegram anda. Dengan satu kali klik pesan anda tersampaikan di 2 system yang berbeda. Tentu ini sangat membantu sekali apalagi bisnis anda dominan di dunia online. 

4. Customer support otomatis

Fitur customer support otomatis ini dapat membantu anda melayani konsumen atau pelanggan tanpa harus menunggu balasan pesan dari pemilik bisnis secara langsung. Ini terlihat lebih profesional karena anda seperti memiliki support to customer sendiri. Jadi ketika ada konsumen yang ingin bertanya seputar bisnis anda maka bisa diatur dengan layanan ini. Mulai dari ucapan selamat datang, memberikan informasi umum dari bisnis yang anda jalankan, cara melakukan pembelian, dan sebagainya. 

Manfaat telegram di bisnis anda

Telegram tentunya memberikan manfaat yang baik untuk pemasaran bisnis anda. Adapun manfaatnya yaitu sebagai berikut :

  • Anda bisa membuat satu group dengan ribuan member. Jika anda pebisnis ini bermanfaat untuk anda membangun satu forum seputar bisnis anda. Baik itu untuk sharing dan lain sebagainya.
  • Anda bisa berkomunikasi dengan nyaman baik itu dengan tim kerja, konsumen, dan lain-lain.
  • Dapat menerapkan sistem interaksi business to customer, business to business. Ini artinya anda dapat memanage bisnis anda tertata dengan rapih.
  • Meningkatkan brand awareness.
  • Ada channel untuk proses pembayaran.
  • Dapat digunakan sebagai newsletter.
  • Mempermudah anda untuk mengordinir suatu acara tertentu meskipun kapasitasnya mencapai ribuan orang.

Tips penggunaan telegram untuk pemasaran produk

Dalam menggunakan telegram tentunya tidak serta merta digunakan begitu saja tanpa memperhatikan aturan yang baik dan benar. Dengan hal tersebut tidak lain untuk kebaikan anda juga. Ditambah lagi jika penggunaan telegram ini untuk kepentingan bisnis anda. Ada beberapa tips agar penggunaan telegram untuk bisnis anda ini aman dan berhasil. Berikut tips tersebut.

  • Buatlah group atau channel telegram dengan nama yang mudah diingat.
  • Tema yang diangkat harus relevan atau berkaitan dengan penjualan anda.
  • Buatlah aturan member ketika gabung di group telegram anda. Seperti tatakrama dan sopan santun ketika menyampaikan pendapat atau apapun.
  • Terapkan fitur pinned untuk mengingatkan setiap member agar informasi aturan tersebut tetap berada di halaman paling atas group.
  • Selektif dalam melakukan verifikasi member baru agar tidak ada penyalahgunaan data di channel anda kedepannya.
  • Update setiap informasi atau postingan group dengan waktu yang terjadwal dan tidak berubah-ubah.

Terimakasih, selamat berkunjung di artikel berikutnya. Semoga anda sukses dan sehat selalu.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *