Mengatasi Laptop Overheat dan sejenisnya

71 / 100
laptop hang atau lemot
Sumber Gambar : pixabay.com

Laptop merupakan alat elekronik yang tidak dapat terpisahkan lagi dari manusia. Baik untuk keperluan bekerja, sekolah, bisnis dan aktifitas lainnya. Semua aktifitas manusia lebih terbantu dan dipercepat dengan adanya perangkat yang satu ini. Tidak heran saat ini banyak sekali laptop dengan teknologi tinggi yang fitur dan fasilitasnya dikhususkan untuk aktifitas tertentu. Seperti laptop untuk design, programming, dan sebagainya. Kecanggihan dari perangkat ini juga telah melahirkan banyak designer dan programmer handal dalam memberikan karya ataupun produk yang luar biasa yang bisa membantu pekerjaan manusia. Dahulu orang bekerja dengan cara manual seperti membuat surat, mengirim surat, membuat karya tulis, proposal dan laporan lainnya, namun saat ini dengan adanya laptop semua pekerjaan tersebut terbantukan dengan cepat, tepat dan lebih rapih. 

Dengan adanya laptop ini tidak serta merta tidak akan ada masalah. Mulai dari data yang hilang karena virus, data tidak bisa diakses karena laptop hang atau bluescreen dan sebagainya. Pada umumnya sebuah perangkat apapun itu tidak akan terlepas dari yang namanya kerusakan, hang (overheat), lemot hingga data tiba-tiba hilang karena ada masalah di perangkat ini. Sedikit banyak dari kita hanya mahir dalam menggunakannya saja tanpa tahu bagaimana merawat dan mengatasi problem-problem yang muncul pada laptop yang anda gunakan.

Masalah dan solusi penggunaan berikut perawatan laptop

Sumber Gambar : pixabay.com

Adapun Masalah-masalah yang sering muncul dan solusi untuk mengatasinya yaitu sebagai berikut :

  • Masalah pada Adaptor Power AC

Tanda-tanda laptop anda rusak pada bagian adaptor power AC ini yaitu lampu power berkedip tidak menentu dan juga lampu indikator charge baterai berkedip dalam kondisi charge tidak terpasang, lalu ketika jack adaptor dihubungkan maka laptop langsung mati total.

Solusi : Ada beberapa solusi sebenarnya, namun disini akan diambil satu solusi. Ini kemungkinannya stop kontak merenggang sehingga steker adaptor tidak terjepit yang pada akhirnya tidak mengeluarkan arus listrik. Disini anda bisa mencobanya dengan memeriksa output arus pada jack adaptor dengan menggunakan multimeter dengan posisi skala berada pada volt dc.

  • Overheat karena kurang perawatan

Secara umum, overheat ini merupakan kondisi dimana laptop anda suhunya tidak normal alias kepanasan. Sama halnya dengan manusia. Kondisi overheat ini biasanya timbul karena berbagai faktor mendasar dan tidak kita sadari sebelumnya. Misalkan anda terbiasa menggunakan laptop di atas kasur atau benda sejenisnya yang membuat filter udara kipas di permukaan tertutup dengan waktu yang cukup lama. Kemudian kondisi kipas laptop yang sangat kotor karena tidak pernah dibuka dan dibersihkan. Ini merupakan bagian dari terjadinya overheat pada laptop anda yang mengakibatkan kinerja laptop anda semakin melambat alias lemot. Kemudian Kipas laptop mati, sebenarnya kipas berjalan atau tidak bisa anda rasakan saat laptop dinyalakan dan pada umumnya bisa terlihat di filter udara jika kipas anda berfungsi dengan baik.

Solusi : Bersihkan laptop anda minimal satu tahun sekali. Jika anda tidak cukup mengerti bisa dibawa di tempat service atau ahlinya. Kemudian ganti thermal pasta agar tidak kering. Dan yang terakhir hindari penyebab-penyebab di atas jika tidak ingin laptop anda mengalami overheat.

  • Baterai cepat habis

Belajar dari pengalaman bahwa penggunaan baterai ini sebenarnya sederhana. Orang pada umumnya menganggap penggunaan baterai laptop yang cepat rusak dan habis ini saat baterai dicharge secara terus-menerus. Ada yang berasumsi jika ini salah, ada juga yang berasumsi jika ini benar sebagai penyebabnya. Sebenarnya yang menjadi faktor mendasar dari kerusakan baterai laptop ini diakibatkan karena baterai laptop sering dilepas pasang berkali-kali apalagi saat kondisi laptop memang baru mematikan power. Sebenarnya disitu masih ada arus listrik yang harusnya perlahan menghilang dan tidak secara langsung. Kontrol ini harus anda lakukan dari awal penggunaan laptop bukan saat baterai laptop mulai menunjukan tanda-tanda drop atau rusak. Tujuannya agar baterai laptop anda awet bertahun-tahun. Lalu solusinya apa jika sudah terjadi drop atau rusak ?

Solusi : Sangat simpel sekali jika baterai rusak pasti harus ganti yang baru. Jika baterai baru menunjukan tanda-tanda drop anda bisa coba mengurangi intensitas charger. Jika baterai masih berada di 40% jangan langsung dicharge kemudian lepas lagi. Usahakan sampai benar-benar mau habis. Terkecuali memang dalam keadaan darurat semisal ada presentasi dengan client, sidang dan lain-lain. Tapi sepertinya tidak akan terjadi setiap hari untuk kondisi ini.

  • Laptop tiba-tiba mati sendiri 

Kondisi ini merupakan yang sering terjadi pada hampir semua pengguna laptop. Dalam teknisnya ini dinamakan short. Ini berkaitan dengan arus listrik pada laptop anda. Ini biasanya da kerusakan pada GPU yang ada di motherboard laptop anda. GPU ini sejenis chip kecil yang berpengaruh pada masalah yang satu ini. 

Solusi : Ini berkaitan dengan motherboard laptop anda. Yang seperti anda ketahui bahwa motherboard ini cukup mahal. Karena ini merupakan bagian utama dari laptop anda. Solusinya anda bisa jual rusak atau ganti dengan motherboard baru. Karena CPU dan GPU laptop ini biasanya menyatu dengan motherboard laptop dan sulit jika hanya mengganti GPU-nya saja. Kalaupun bisa itu karena ada tehnik-tehnik yang ditemukan kedepannya untuk mengatasi masalah ini. Tapi inti masalahnya berada di GPU atau CPU laptop.

  • Keyboard / touchpad Laptop tidak berfungsi secara maksimal

Ini masalahnya sederhana sebenarnya. Namun kebanyakan orang merasa takut untuk mencoba membuka keyboard ataupun touchpad laptop. Cukup mudah anda bisa membukanya menggunakan obeng kecil dan bersihkan. Masalah ini bermula dari pemakaian laptop yang anda lakukan. Seperti ketika anda menggunakan laptop menaruh buku ataupun barang-barang di atas keyboard, kemudian menyisipkan buku saat laptop dilipat, laptop disimpan di dalam tas dengan kapasitas yang berlebihan.

Solusi : Jika keyboard benar-benar rusak parah baiknya diganti saja karena tidak terlalu mahal juga. Namun jika keyboard masih berfungsi hanya mengalami kerusakan ringan coba anda beranikan diri untuk membuka dan membersihkannya. Tutorial pun sangat banyak sekali saat ini.

Dari beberapa penjelasan dan analisa masalah-masalah yang sering terjadi pada perangkat laptop tersebut, ada beberapa solusi yang memang berhasil dicoba sehingga laptop kembali normal seperti semula. Solusi-solusi di atas hanya mewakili dari sebagian masalah yang memang berhasil diatasi. Namun untuk meminimalisir terjadinya kerusakan laptop seperti itu kuncinya adalah perawatan dan cara pemakaian. Perawatan dan pemakaian yang baik, benar dan teratur akan membuat laptop anda awet minimal untuk lima hingga tujuh tahun kedepan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *