Tips Landing Page trending google

83 / 100
Landing page Trending

Memiliki banyak followers akan disayangkan jika anda tidak memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Terutama untuk kepentingan bisnis atau usaha. Mengubah followers menjadi konsumen pun terbilang susah-susah gampang. Dari kedua hal tersebut sebenarnya ada cara yang mungkin sedikit orang yang mengenalnya. Apa itu ?_Ya Landing Page.

Banyak sekali pelaku usaha terutama yang bergerak di usaha konvensional tidak memaksimalkan hal ini.  Dewasa ini perkembangan teknologi sangat pesat sekali masuk ke berbagai bidang. Dengan adanya teknologi ini dapat meminimalisir pekerjaan suatu perusahaan. Bahkan orang yang tidak memiliki produk pun bisa melakukan jualan. 

Dahulu sebelum istilah landing page ini dikenal banyak orang, setiap pelaku usaha itu mogok di tengah jalan untuk memiliki sebuah halaman website. Kebanyakan dari mereka merasa membuat website itu perlu modal yang tidak sedikit, perlu perawatan, dan perlu orang yang memang ahli di bidangnya. Namun, seiring berjalannya waktu, kini orang bisa memiliki sebuah halaman situs hanya dengan drag and drop saja. Itulah yang disebut dengan landing page. 

Ingin tahu apa itu landing page ?

landing page
Sumber Gambar : pixabay.com

Landing page merupakan suatu halaman mini web atau single web yang dirancang khusus untuk pelaku usaha yang mempromosikan produk yang dijual dengan tujuan dapat mengkonversi pengunjungnya menjadi konsumen atau potensial buyer (leads). Landing page berbentuk halaman mandiri yang berfungsi untuk penayangan iklan. Landing page cocok sekali untuk mindset marketing. Dimana didalamnya berisi tentang deskripsi suatu produk, service atau layanan, penawaran, dan lain sebagainya. Landing page harus dibangun semenarik mungkin. Tujuannya agar ketertarikan pengunjung tinggi terhadap halaman iklan kita.  

Karakteristik landing page

karakteristik landing page
Sumber Gambar : pixabay.com

Adapun karakteristik dari landing page yaitu sebagai berikut : 

  • Call to action, ini berkaitan dengan tujuan dari dibangunnya landing page yaitu meyakinkan pengunjung agar melakukan sebuah tindakan. Sehingga disini anda dapat mengkonversi pengunjung tersebut menjadi pelanggan. 
  • Pola warna dan skema yang menarik. Pola warna yang powerfull tapi tidak monoton ini menjadi bagian terpenting ketika anda mebuat landing page. Tujuannya agar pengunjung nyaman melihatnya.
  • Simple, padat dan informatif. Apapun yang dimuat dalam suatu landing page harus sederhana namun memberikan informasi yang jelas dan benar dan tersampaikan dengan baik pada pengunjung.
  • Hanya memiliki satu tujuan iklan saja. Misalkan mengiklankan produk air mineral. Yasudah hanya produk dengan merk itu saja.

Jenis-Jenis landing page

Sumber Gambar : pixabay.com

1. Landing page click through

Landing page jenis ini biasanya berisi tentang deskripsi suatu produk atau layanan tertentu. Di dalamnya akan dijelaskan secara detail seperti harga, manfaatnya, dan biasanya akan diberikan tab menu Call to Action untuk pengunjung masuk ke halaman registrasi atau melakukan transaksi terhadap produk atau layanan tersebut. 

2. Landing page lead generation

Landing page jenis ini dibuat lebih singkat daripada jenis landing page click through. Biasanya disini akan lebih berfokus pada konversi pengunjung tersebut agar semakin tertarik. Seperti jika mereka membeli akan ada potongan harga gila-gilaan, kupon menarik, dan lain-lain.

Cara tepat pembuatan landing page

Cara tepat pembuatan landing page
Sumber Gambar : pixabay.com
  • Pengunjung diarahkan untuk membuka landing page yang anda buat seperti memberikan formulir registrasi yang harus diisi.
  • Secara tidak langsung ketika pengunjung ingin mengetahui lebih dalam maka harus mengisi form terlebih dahulu. Baik itu diminta bergabung di group atau memasukan email yang aktif. Ini yang dinamakan konversi pengunjung.
  • Jangan berikan seluruh informasi di halaman utama iklan. Gunakan cara Call to action disini.

Rekomendasi plugin pembuatan landing page

Jika anda telah menyewa layanan hosting dan domain kemudian terpasang instalasi WordPress, maka anda dapat menggunakan beberapa plugin untuk membuat landing page. Berikut rekomendasi plugin landing page tersebut.

  • Elementor
  • Leadpages
  • Optimizepress
  • Beaver builder
  • Thrive architec
  • Qards
  • Instabuilder

Tips Landing page trending google

Mendengar kata trending tentu saja impian dari setiap orang untuk suatu landing page, apalagi berada di halaman utama google. Pihak google akan menempatkan landing page anda tidak begitu saja. Banyak sekali kriteria yang mereka tentukan. Misalkan seperti kontennya seperti apa, daya tarik pengunjungnya seperti gimana, disini jadi bagian dari penilaian mereka ketika akan menempatkannya di halaman utama google. Berikut tips landing page agar bisa trending di google.

  • Headline, buatlah headline yang membuat pengunjung penasaran akan produk anda. Sehingga secara otomatis mereka akan masuk.
  • Berikan summary singkat untuk apa saja yang akan dijelaskan.
  • Buat alur dalam bentuk ilustrasi yang membangun mindset pengunjung ketika menggunakan produk atau layanan anda nantinya akan bagaimana.
  • Jangan membuat pengunjung kebingungan akan step-step yang harus mereka lakukan untuk sampai pada pembelian atau penggunaan produk dan layanan tersebut.

Terimakasih semoga anda berhasil dan selamat berkunjung di artikel berikutnya.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *