Strategi berhasilnya Affiliate Marketing

89 / 100
Affiliate Marketing
Sumber Gambar : pixabay.com

Di dalam dunia digital yang begitu modern terdapat salah satu bisnis atau usaha yang cukup populer dan menjanjikan yaitu Affiliate marketing. Ini merupakan model bisnis yang secara garis besar konsepnya yaitu promosi produk / layanan milik orang lain lalu anda dapat komisi. Ini menarik sebenernya. Untuk mengenal lebih jauh affiliate marketing ini akan kami bahas berikut ini.

Apa itu Affiliate Marketing ?

affiliasi
Sumber Gambar : pixabay.com

Affiliate Marketing merupakan suatu bisnis online yang menerapkan konsep promosi, closing lalu bagi hasil. Jika anda menjadi seorang affiliate, maka anda akan mendapatkan komisi dengan cara menjual atau mempromosikan produk maupun layanan dari suatu brand perusahaan. Bisa melalui blog, halaman website dan juga sosial media. Fitur affiliasi ini sekarang bermunculan di berbagai marketplace yang ada di Indonesia. Mereka menambahkan fitur affiliasi tersebut sebagai strategi pemasarannya. Disini terjadi simbiosis mutualisme antara pemilik dan pengiklan. Affiliasi biasanya berbentuk link atau banner yang ketika pengunjung klik maka akan mengarahkan ke halaman suatu produk tertentu. 

2. Cara kerja dari Affiliate Marketing

Cara kerja affiliasi
Sumber Gambar : pixabay.com

Cara kerja dari affiliate marketing itu sederhana. Konsepnya cukup terdapat produk / layanan yang ingin dijadikan affiliasi, kemudian seorang affiliate dan pemilik atau penjual produk_ maka affiliasi dapat dijalankan.

Biasanya affiliate marketing ini point utamanya adalah daya tarik iklan dan atributnya. Seperti up diskon dan bonus-bonus lainnya. Tujuannya yaitu agar strategi marketing yang akan diterapkan bisa terkonsep dan berjalan dengan baik dengan menghasilkan closing yang cukup banyak. Dalam sistem affiliasi ini terlibat beberapa komponen yaitu produsen produk, penjual atau supplier, affiliate atau pengiklan dan konsumen. 

3. Ilustrasi Program Affiliate Marketing

Ilustrasi Program Affiliate Marketing

Dari ilustrasi di atas dapat dijelaskan bahwa Program Affliate Marketing meliputi 5 tahapan pengerjaan yaitu :

  • Pertama daftar terlebih dahulu di situs web atau marketplace yang menyediakan fitur program affiliasi.
  • Jika anda telah terdaftar di program tersebut ikuti langkah dan ketentuan yang diminta pada program affiliasinya.
  • Kemudian anda login ke halaman dashboard dimana terdapat  banner dengan sourcecode berekstensi html, link referral untuk dipromosikan di halaman blog atau website anda.
  • lalu Share link referral di media sosial apapun yang dapat menghubungkan anda dengan banyak orang.
  • Dan ketika ada konsumen yang tertarik dan ingin membeli produk tersebut coba anda tambahkan kupon. Biasanya beberapa program affiliasi menyertakan fitur generate kupon.
  • Setelah closing produk tersebut anda akan terima komisinya. Adapun nominal komisi bervariatif.

4. Keuntungan Program Affiliate Marketing

Keuntungan affiliasi
Sumber Gambar : pixabay.com

Adapun keuntungan yang anda dapatkan ketika menjalankan program affiliasi yaitu sebagai berikut :

  • Tidak disibukan dengan complain dari konsumen, karena disini anda hanya berperan sebagai pengiklan. Selebihnya tanggungjawab pemilik produknya.
  • Anda tidak perlu bersusah payah membuat halaman website yang kompleks seperti ngoding dan sebagainya, ini akan perlu waktu yang cukup lama. Kini banyak sekali penyedia landing page yang hanya drag and drop gambar saja. Atau anda bisa menggnakan custom blog.
  • Modal kecil dan anda tidak perlu membeli atau memiliki produk tersebut. 
  • Skill yang anda perlukan hanya cara pemasaran dan membuat konsumen tertarik.
  • Jam kerja anda fleksible.
  • Bisa jadi passive income anda.

5. Strategi sukses menjalankan Affiliate marketing

strategi affiliate marketing
Sumber Gambar : pixabay.com

Dalam menjalankan bisnis apapun pastinya anda memerlukan strategi agar bisnis tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. Termasuk affiliate marketing. Adapun strategi yang dapat anda terapkan dalam bisnis ini yaitu sebagai berikut :

  • Buatlah review atau copywriting dengan semenarik mungkin saat anda mulai promosi.
  • Lihat target pengunjung atau audience anda. Pastikan apa yang mereka ingin ketahui dari produk yang anda promosikan. Lalu kemas dengan promosi menarik.
  • Jangan fokus hanya ingin mendapatkan komisi saja.
  • Terapkan konsep SEO (Search Engine Optimation).

6. Perusahaan penyedia Affiliasi

perusahaan penyedia affiliasi
Sumber Gambar : pixabay.com

Terdapat beberapa perusahaan yang menyediakan layanan program affiliasi. Untuk perusahaan luar negeri yaitu amazon dan eBay. Sementara untuk perusahaan dalam negeri yaitu tokopedia, bukalapak, domainesia, hostinger, Blibli.com, niagahoster, dll. 

Program Affiliasi ini menarik dan memberikan keuntungan yang luar biasa jika anda menjalankannya dengan tahapan yang benar. Lihat market pasar mengenai produk yang anda promosikan. Jangan takut untuk mencoba karena semua itu gratis. Modal anda cukup usaha dan yakin untuk berhasil.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *