Sosial Media Marketing Di Industri Bisnis

79 / 100
sosial media marketing
Sumber Gambar : pixabay.com

Sosial media marketing – Pesatnya perkembangan teknologi kini telah memberikan dampak yang luar biasa bagi aktifitas setiap orang terutama disaat pandemi covid 19. Teknologi sepertinya menjadi media yang cocok untuk menjalani setiap aktifitas baik itu dunia bisnis, pendidikan, forum diskusi dan sebagainya. Dengan teknologi meskipun di rumah aja setiap aktifitas tersebut tetap dapat berjalan. Ditambah lagi dengan hadirnya Sosial media. Daya tarik sosial media menjadi magnet tersendiri bagi setiap orang untuk berperan aktif dalam penggunaan teknologi tersebut. 

Ini menjadi peluang menarik dan potensial bagi setiap orang terutama yang bergerak di dunia bisnis untuk mempromosikan produk mereka dan menjaring lebih banyak konsumen melalui sosial media. Lalu seperti apa sosial media marketing di industri bisnis tersebut?. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Apakah itu sosial media marketing?

Sosial media marketing ini terdiri dari 2 makna kata yaitu sosial media dan marketing. Sosial media merupakan suatu platform untuk interaksi sosial secara maya antara individu ataupun kelompok. Dengan sosial media setiap orang dapat berteman dan berinteraksi dengan banyak orang dimanapun berada. Kemudian yang dimaksud dengan marketing ini merupakan pemasaran baik itu berupa produk, jasa dan sebagainya.

Jadi secara garis besar dapat diartikan bahwa sosial media marketing ini sebagai pemasaran produk ataupun jasa dengan menggunakan media sosial yang melibatkan strategi tertentu dengan tujuan untuk menyebarkan informasi terkait bisnis anda, dengan harapan dapat menjaring konsumen yang tepat sebanyak mungkin.

Dengan adanya sosial media ini telah memberikan ruang komunikasi interaktif untuk aktifitas marketing bisnis. Kemudahan menjangkau pelanggan secara cepat dan berkesinambungan menjadikan sosial media ini penting untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki. Sosial media sudah seperti customer service real time yang dapat mempermudah pelaku bisnis berinteraksi dengan konsumennya dimanapun dan kapanpun.

2. Peran Penting Sosial Media Marketing

Sosial media marketing ini memiliki peran tersendiri dalam sebuah bisnis. Apalagi kini setiap orang secara terus menerus menggunakan teknologi di setiap kesehariannya. Ini menjadi hal yang penting bagi para pelaku bisnis untuk melebarkan media bisnisnya ke sosial media. Berikut peran penting sosial media marketing yang perlu anda ketahui :

  • Sebagai media promosi untuk mendapatkan feedback yang lebih tinggi dan cepat.
  • Strategi pemasaran yang lebih terstruktur.
  • Untuk meningkatkan brand awareness produk yang anda jual.
  • Anda akan lebih terbantu untuk mempelajari para pesaing bisnis yang menjual produk yang sama dengan anda.
  • Bisnis anda berkembang lebih cepat.
  • Peluang untuk mendapatkan banyak konsumen lebih tinggi.

3. Strategi sosial media marketing yang perlu anda terapkan

Dalam menerapkan sosial media marketing ini tentunya anda memerlukan strategi dan tidak posting iklan dengan begitu saja. Ini berkaitan dengan perkembangan bisnis anda kedepannya. Ini merupakan kunci agar tujuan anda untuk menjaring konsumen yang tepat dan juga banyak membuahkan hasil. Adapun beberapa strategi yang dapat anda terapkan dalam sosial media marketing yaitu sebagai berikut :

  • Pilih media sosial yang ingin anda gunakan untuk promosi.
  • Kemas konten iklan secara menarik.
  • Tentukan target audience sesuai dengan produk atau layanan yang anda promosikan.
  • Hindari spamming di sosial media agar setiap orang tidak merasa terganggu dengan postingan anda.
  • Posting iklan anda secara teratur dan terjadwal.

Pemilihan media sosial ini merupakan langkah awal anda untuk menjaring konsumen bisnis yang relevan dengan produk yang anda tawarkan. Jangan sampai ketika media sosial anda baik itu group ataupun perorangan tidak satu tema dengan produk yang anda jual. Misalkan anda joint  di group media sosial membahas seputar dunia politik dan hukum, kemudian tiba-tiba anda posting iklan jualan baju anak. Ini tentu akan mengganggu anggota group tersebut dan peluang ketertarikan audience relatif kecil.

Kemudian kemas konten anda secara menarik. Ini strategi yang harus anda bangun agar ketertarikan pengunjung ini semakin muncul, dan rasa penasaran mereka akan produk yang anda promosikan itu meningkat. Selanjutnya anda harus menentukan target audience agar sosial media marketing untuk bisnis anda tersebut dapat berjalan dengan benar. Jangan melakukan spamming postingan karena ini justru akan membuat orang lain terkesan dengan produk anda. Dan yang terakhir posting iklan produk secara terjadwal.

4. Jenis-jenis layanan sosial media marketing

Dewasa ini sosial media dilengkapi dengan beragam fitur untuk bisnis, maka dari itu disini ada yang dinamakan dengan sosial media marketing. Layanan sosial media marketing ini hadir di berbagai platform jejaring sosial seperti facebook, instagram, telegram dan sebagainya. Seperti layanan sosial media marketing facebook ads, instagram ads, pesan otomatis untuk bisnis dan sebagainya.

Dengan menggunakan layanan tersebut anda dapat melakukan estimasi biaya penayangan iklan, waktu penayangan iklan, target audience dan kontrol penuh terhadap kinerja dari iklan produk yang anda buat. Dengan berbagai layanan bisnis di sosial media tersebut maka anda akan lebih mudah melakukan management sosial media marketing dengan harga yang terjangkau. 

5. layanan sosial media marketing

Untuk layanan sosial media marketing seperti facebook ads dan sejenisnya itu memang ada beragam cara baik itu dikerjakan oleh anda sendiri ataupun bisa melalui layanan sosial media marketing. Disini anda tidak perlu repot-repot untuk mengurus secara keseluruhan dari aktifitas sosial media marketing bisnis yang anda miliki. Beberapa pebisnis menyadari pentingnya sosial media marketing untuk bisnisnya, namun lagi-lagi baik itu keterbatasan waktu, keahlian di bidang digital yang benar, menjadikan para ahli di bidang sosial media marketing ini membuka jasa untuk menerapkan layanan tersebut untuk para pebisnis tersebut.

Adapun beberapa layanan sosial media marketing tersebut seperti thrive agency, disruptive advertising, sosial media 55 dan sebagainya. Dalam layanan ini para pebisnis akan dibantu untuk memaksimalkan sosial media marketing bisnis mereka seperti adanya layanan SEO, PPC ads management dan beragam layanan sesuai kebutuhan pebisnis. 

6. Penutup

Penerapan sosial media marketing ini terbilang ampuh dan cocok untuk bisnis skala kecil ataupun besar. Dengan sosial media anda dapat menjaring banyak konsumen hingga ke luar negeri. Dengan catatan penerapannya harus benar. Sosial media menjadi tempat yang potensial untuk pengembangan sebuah bisnis. Jika ada pertanyaan, kritik ataupun saran yang berkaitan dengan artikel ini silahkan tuliskan di kolom komentar. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat dan sampai berjumpa di artikel berikutnya.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey, Apa Kabar Anda !

Sebelum anda pergi izinkan kami memberikan update artikel menarik dan bermanfaat lainnya untuk anda.

Salam Hangat Onlenkan Indonesia