Situs Freelance Indonesia dan Mancanegara Terbaik

76 / 100
Sumber Gambar : pixabay.com

Situs Freelance Terbaik – Tidak sedikit saat ini orang yang kehilangan pekerjaan karena dampak Pandemi. Bahkan para pemilik usahanya sekalipun terancam gulung tikar. Namun setiap ujian itu pasti ada hikmah yang diberikan dari sang maha pencipta kepada kita semua. Dengan adanya hal tersebut, kami Onlenkan Indonesia akan berbagi dan bagaimana anda bisa tetap mendapatkan penghasilan melalui situs Freelance.

Ada beberapa situs Freelance baik itu buatan Indonesia hingga Mancanegara yang dapat dijadikan sebagai alternatif sumber penghasilan anda bahkan bisa jadi sebagai sumber penghasilan utama anda kedepannya. Pengerjaan project yang dapat dilakukan secara online tanpa anda harus bertemu dengan client pemberi project tersebut.

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam tentang situs freelance penghasil uang tersebut, tetap berada di artikel ini dan lanjutkan membacanya. Siapa tahu informasi yang anda dapatkan setelah anda membaca artikel ini akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk kehidupan anda berikutnya. Seperti yang kita ketahui dan bukan menjadi rahasia umum lagi jika seseorang hanya bermodalkan internet dan perangkat digital bisa mendapatkan penghasilan yang fantastis. Dari hal tersebut ternyata banyak sekalian keterampilan yang dicari di berbagai platform digital freelancer (Pekerja Lepas). Dengan platform tersebut anda bisa mengerjakan project-project sesuai dengan kualifikasi skill yang anda miliki. Anda dapat dikenal sebagai freelancer profesional jika jam terbang anda sudah cukup tinggi. Sebelum masuk pada bahasan utama, disini akan kami jelaskan terlebih dahulu apa itu Freelance?

  • Freelance

Freelance atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yaitu Pekerja Lepas, merupakan suatu sistem kerja dimana individu melakukan pengerjaan sebuah porject tertentu secara sendiri dan tidak ada keterikatan kontrak kerja ataupun bentuk perjanjian dengan pihak tertentu baik itu pribadi ataupun perusahaan, dengan tujuan untuk mendapatkan upah setelah project yang dikerjakan itu sukses.

Adapun orang yang mengerjakan project freelance ini disebut dengan freelancer. Setiap Freelancer ini memiliki waktu yang tidak menentu dan fleksibel dalam mengerjakan project tersebut. Pada umumnya ketika anda ingin menjadi freelancer ini harus memiliki kemampuan di bidang-bidang tertentu untuk mendapatkan project freelance tersebut. 

Untuk anda yang tertarik ingin mencoba jenis pekerjaan di platform freelance, berikut rekomendasi platform freelance Indonesia hingga Mancanegara terbaik yang dapat anda coba.

Situs Freelance Indonesia

Sumber Gambar : pixabay.com

1. Sribulancer

Sribulancer merupakan platform freelance yang perusahaannya berada di Indonesia. Sribulancer ini hadir sebagai media sarana online untuk berbagi jenis-jenis pekerjaan yang membutuhkan profesional untuk pengerjaannya. Sribulancer dapat mempertemukan antara client (pemilik project/penyedia pekerjaan) dengan ribuan freelancer (pekerja lepas/profesional jasa) yang telah daftar dan bergabung di platform sribulancer. Di platform ini jika anda bertindak sebagai freelancer, maka anda diwajibkan untuk membuat profil biodata berikut portofolio project yang pernah anda kerjakan.

Adapun project-project yang tersedia di platform freelance sribulancer ini seperti web programming, design logo dan sejenisnya, content writing, entry data dan sebagainya. Untuk lebih lengkapnya anda bisa cek langsung di halaman website sribulancer. Sebelum itu anda harus registrasi dan verifikasi kelengkapan data terlebih dahulu sebelum anda mulai mencari dan apply project.

2. Projects.co.id

Projects.co.id merupakan sebuah platform penyedia tenaga kerja lepas dimana pekerjaan yang dihadirkan disini berupa jasa dan produk digital. Project.co.id ini hadir sebagai platform yang dapat mempertemukan antara pihak pencari jasa dengan freelancer (pekerja lepas). Ada beragam kategori pekerjaan disini seperti jasa pembuatan website, entry data, design, jasa pembuatan aplikasi, translate bahasa dan sebagainya. Dengan project.co.id ini setiap pekerjaan yang anda cari jika anda bertindak sebagai freelancer akan sangat banyak sekali anda temukan disini.

Dengan project.co.id anda bisa melihat estimasi harga dan juga waktu pengerjaan project yang akan anda apply untuk mengerjakannya. Pastikan kualifikasi kemampuan anda sesuai dengan jobdesk pekerjaan agar ketertarikan pemberi kerja pada portofolio dan pengalaman anda ini diterima dan mulai mengerjakan project.

3. Sribu

Sribu merupakan platform freelance berikutnya yang bisa anda coba untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Sribu merupakan sebuah halaman website dengan jenis pekerjaan seperti jasa design. Tujuan berdirinya sribu ini yaitu untuk menghubungkan antara client yang membutuhkan design tertentu dengan berbagai komunitas designer melalui sebuah sistem kontes. Dalam platform freelance sribu ini terdapat 20 kategori jasa design seperti design logo, kartu nama, kop surat, kemasan, label, browsur, flyer, banner sebuah website, company profile, design baju, maskot, cover buku dan sebagainya. Lebih lengkapnya anda bisa cek di platform-nya secara langsung.

Sribu ini telah melayani berbagai client dari mulai kategori UMKM hingga perusahaan-perusahaan besar di berbagai industri hingga Asia Tenggara. Mulai dari perusahaan Indonesia seperti Trans TV, jasa marga dan sebagainya. Dan untuk kelas Asianya seperti Baidu (Search Engine Terbesar dari Negara Cina). Jadi jika anda memiliki keterampilan bahkan hobi di dunia design, sribu ini wajib anda coba agar keterampilan anda dapat menghasilkan. Jika anda menjadi client dari platform freelance sribu ini maka akan diberikan layanan terbaik seperti Revisi design tanpa batas, garansi uang kembali, design pertama kurang dari satu jam dan lain sebagainya.

4. Freelancer.co.id

Freelancer sesuai dengan namanya pasti anda sudah mengetahui ini platform untuk apa. Freelancer merupakan platform freelance yang cukup populer saat ini. Platform ini akan merekrut banyak freelancer ahli untuk pekerjaan online. Jutaan bisnis kecil dengan menggunakan freelancer untuk membuat ide-ide mereka menjadi kenyataan.

Adapun konsep kerja dari freelancer ini yaitu buat pekerjaan, kemudian anda pilih freelancer dan bayar dengan aman. Ada beberapa kehebatan yang platform freelancer ini tawarkan bagi penggunanya. Seperti setiap client bisa menelusuri portofolio para freelancer terlebih dahulu, bisa melihat berbagai penawaran, obrolan secara langsung, membayar sesuai kualitas pekerjaan, monitoring progress pekerjaan dan dukungan selama 24 jam.

Adapun project-project yang difavoritkan pengguna freelancer ini yaitu sebagai berikut : 1. Pengembangan website, 2. Design grafis, 3. Design logo, 4. Pemasaran, 5. Penulisan, 6. Aplikasi selular. Jika anda memiliki keterampilan di bidang-bidang tersebut maka platform freelancer ini tepat untuk anda.

5. Fastwork

Fastwork ini merupakan platform freelance berikutnya yang bisa anda coba. Platform karya anak bangsa Indonesia ini memfasilitasi antara freelancer dan client untuk menyelesaikan project tertentu. Cara kerjanya pun tidak jauh berbeda dengan situs lainnya. Jika anda bertindak sebagai client maka cukup login dengan akun yang telah anda daftarkan di akun fastwork tersebut. Kemudian cari freelancer sesuai dengan portofolio yang mereka tawarkan, diskusikan project secara menyeluruh, lakukan pembayaran sesuai pekerjaan dan estimasi harganya dan terima hasil pekerjaan. Sedangkan jika anda bertindak sebagai freelancer, maka lakukan registrasi akun terlebih dahulu kemudian login dan isi data profil berikut portofolio anda dan mulai mencari pekerjaan.

Sama dengan platform freelancer lainnya, fastwork ini menyediakan beragam kategori pekerjaan seperti gaya hidup, penulisan dan penerjemahan, visual dan audio, pemasaran dan periklanan, jasa konsultasi, grafis dan design berikut web dan pemrograman. Jika anda memiliki keterampilan sekaligus hobi di bidang-bidang tersebut, fastwork ini bisa anda coba dan ubah hobi anda menjadi penghasilan.

Situs Freelance Mancanegara

Sumber Gambar : pixabay.com

1. Upwork

Situs freelance ini tidak hanya karya anak bangsa Indonesia. Ada platform freelance mancanegra seperti Upwork. Pada dasarnya upwork ini tidak terlalu berbeda jauh dengan situs-situs freelance lainnya. Upwork ini sebelumnya bernama Elance-oDesk. Ini merupakan platform pekerja lepas dari negara Amerika yang memfasilitasi perusahaan dengan seorang freelancer untuk menjalankan suatu bisnis tertentu. Adapun nama lengkap dari upwork ini yaitu Upwork Global Inc.

Upwork ini sekarang berbasis di Santa Clara dan San Francisco, California. Dengan pusat perusahaan upwork tersebut tidak mempersulit para freelancer dari seluruh dunia untuk bergabung di paltform ini. Upwork ini terbilang sebagai pasar freelancer terbesar di dunia. Platform upwork ini memungkinkan setiap client untuk melakukan wawancara terlebih dahulu dengan freelancer pilihannya, kemudian merekrut dan bekerja sama dengan para freelancer.

Jika anda bertindak sebagai client maka sama halnya dengan platform freelancer lainnya yaitu posting deskripsi pekerjaan mulai dari jobdesk, estimasi harga dan sebagainya. Menariknya dari upwork ini setiap client dapat mengundang para freelancer untuk melamar pekerjaan mereka. Kemudian client melakukan peninjauan terhadap profil masing-masing freelancer dan berdiskusi seputar pekerjaan tersebut. Setelah client ini merasa cocok maka selanjutnya mereka akan menghubungi freelancer tersebut sama seperti kontrak kerja di perusahaan pada umumnya. Ada jam kerja, anggaran biaya dan estimasi pengerjaan project tersebut. Jika kedua pihak merasa cocok maka proses pengerjaan dimulai.

Adapun kategori pekerjaan yang ada di upwork ini cukup bervariasi. Seperti Web, mobile dan software developer, design dan creative, writing, sales dan marketing, admin support, customer service, data science dan analytics, engineering dan architecture. Dari beberapa project tersebut memiliki tingkatannya masing-masing. Ada yang bersifat complex project, longer term contract dan short term, ini tergantung pada jenis pekerjaan yang client tawarkan.

Cara kerja dari upwork ini yaitu jika anda client maka cukup posting pekerjaan secara gratis, kemudian tunggu tawaran datang kepada anda dan berkolaborasilah dengan mudah serta lakukan pembayaran. Karena platform ini terbilang profesional maka upwork memberikan berbagai layanan pengguna ketika mendaftarkan akun. Ada yang basic dan ini gratis, kemudian plus berbayar per bulannya, dan enteprise.

2. Fiverr

Fiverr ini merupakan pasar digital untuk layanan freelance. Berdiri pada tahun 2010 dengan basis perusahaan di Tel Aviv, Israel ini menyediakan berbagai jenis pekerjaan bagi para freelancer di seluruh dunia. Situs fiverr ini didirikan oleh Micha Kaufman dan Shai Wininger. Tujuan dibangunnya platform ini yaitu ingin memunculkan sebuah konsep pasar yang menarik baik itu sebagai pembeli ataupun penjual berbagai layanan digital.

Adapun kategori pekerjaan yang disediakan oleh fiverr ini cukup beragam sekali. Seperti penulisan, penerjemahan, design grafis, editing video dan pemrograman komputer seperti website dan aplikasi smartphone. Untuk portofolio di akun fiverr ini dikenal dengan nama Gig. Jadi setiap freelancer harus membuat gig terlebih dahulu untuk agar dapat dilirik dan mendapatkan pekerjaan dari para client. Dan untuk bayaran pun cukup beragam, dimana dimulai dari harga terendahnya yaitu $5 hingga $500 untuk satu project.

3. Logo Ground

LogoGroud ini merupakan situs freelance yang berfokus pada design grafis. Platform ini mulai beroperasi sejak tahun 1997, dan ketika menginjak di tahun 2004 perusahaan ini hadir sebagai perusahaan freelance pertama yang menawarkan logo siap pakai di internet. Dari hal tersebut logoGround mencapai kesuksesan yang terlihat dari tingginya minat para designer untuk menjual logo mereka di platform ini. Semenjak itu pihak logoGround semakian termotivasi dan akhirnya memberikan respon dari tingginya minat para designer tersebut dengan meluncurkan versi pertama LogoGround.com.

Adapun misi dari logoGround sendiri yaitu ingin membantu para designer logo untuk bisa mendapatkan penghasilan sesuai dengan skill dan kemampuan mereka di dunia design. LogoGround ini mengedepankan kualitas gambar, jadi dari setiap produk design di logoGround ini tidak ada visualisasi yang menipu dan tidak sesuai kenyataan. Dari setiap produk gambar yang dihasilkan setiap designer atau bisa disebut freelacer ini dapat menerima penghasilan hingga 90% dari harga produk design yang telah dibuat tersebut.

Penutup

Dari beberapa situs freelance Indonesia hingga mancanegara di atas bisa anda jadikan sebagai peluang usaha menjanjikan, dan pastinya semuanya kami rekomendasikan. Dengan catatan sesuai dengan skill dan keterampilan yang anda miliki. Setiap situs freelance tersebut rata-rata memiliki kategori pekerjaan yang sama. Keputusan untuk memilih dan memulai menjadi freelancer kini ada di tangan anda. Mempelajari dunia pemrograman, design grafis, menulis, penerjemahan, kini sepertinya semakin mudah dengan adanya dunia digital. Selama kemauan anda untuk belajar dan mencari tahu itu tinggi, kenapa tidak dicoba. 

Jika ada beberapa situs freelance yang bagus lainnya dan belum dibahas disini, anda bisa sertakan di kolom komentar. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi semuanya. Terimakasih dan selamat belajar dan mencobanya. Semoga anda sukses dan sehat selalu.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey, Apa Kabar Anda !

Sebelum anda pergi izinkan kami memberikan update artikel menarik dan bermanfaat lainnya untuk anda.

Salam Hangat Onlenkan Indonesia