Rekomendasi CMS untuk permudah membangun website

75 / 100
website gratis
Sumber Gambar : pixabay.com

Teknologi saat ini telah berkembang dengan begitu pesatnya. Terutama untuk industri aplikasi dan juga website. Perkembangan ini semakin mendorong para pebisnis untuk ikut berinovasi di dalamnya. Dengan memiliki website ataupun aplikasi, pelaku usaha ini semakin sadar jika peran serta industri teknologi ini berdampak besar pada aktifitas bisnis mereka. Meskipun tidak terlepas dari aktifitas di dunia real-nya. Hampir setiap pebisnis meluncurkan berbagai inovasi teknologi untuk bisnisnya saat ini.

Dengan teknologi, promosi bisnis memberikan value yang menjanjikan. Seperti jangkauan promosi lebih luas, cepat dan efektif. Menariknya, dari website pelaku usaha lebih mudah untuk mengontrol aktifitas bisnisnya dimanapun mereka berada. 

Memiliki sebuah halaman website saat ini cenderung menjadi sebuah hal yang wajib. Meskipun di sisi lain membuat halaman website ini terbilang sulit. Ini kendala di lapangan sebenarnya. Tidak semua orang dapat membangun halaman website dengan mudah. Dan tidak semua perusahaan memiliki tim IT untuk bisa membangun halaman website perusahaan mereka. Membayar jasa developer website terbilang mahal. Karena ini memerlukan keahlian khusus untuk mengerti prosesnya. Lalu bagaimana dengan UMKM, perusahaan skala kecil (start-up), jangankan membayar jasa developer, untuk operasional wajib perusahaan pun masih kekurangan.

Dengan hadirnya masalah tersebut di ranah publik terutama pengusaha, kini banyak platform atau CMS yang bisa custom website dengan berbagai jenis kategori. Tentunya lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan membangun website seperti yang dilakukan oleh para developer profesional. Ada banyak sekali kategori website yang bisa di custom dalam CMS ini. Mulai dari onlineshop, website pribadi,perusahaan, organisasi dan lain sebagainya. Dengan adanya platform atau CMS ini anda tidak perlu memikirkan koding atau bahasa pemrograman untuk dapat membangun halaman website. Saat ini ada beragam CMS yang bisa anda pelajari dan tutorialnya pun banyak sekali tersebar di mesin pencarian. Sebelum masuk pada inti pembahasan dari artikel ini, sedikit akan dijelaskan apa itu CMS.

CMS merupakan sebuah system manajemen konten yang dibangun dengan tujuan mempermudah anda untuk membuat dan mengelola halaman website dengan cara yang lebih mudah. Dengan CMS ini anda bisa mengcustom sebuah halaman website dimana tema atau templatenya telah disediakan oleh platform CMS tersebut dan siap pakai. Dalam hal ini anda bisa terfokus pada materi atau konten dari halaman website yang akan anda buat dan publish. 

Berikut Rekomendasi CMS Untuk Permudah Membangun Website

1. WordPress

wordpress
Sumber Gambar : pixabay.com

WordPress merupakan sebuah content management system yang sangat populer di berbagai kalangan. Pengguna WordPress tersebar di seluruh negara. Di Indonesia, content management system ini hampir menguasai sebagian besar pasar. Bermula dibangun khusus untuk platform blogging, WordPress kini hadir sebagai platform untuk membangun website profesional.

Platform ini cukup unik karena tersedia banyak sekali plugin untuk anda berinovasi tanpa harus mengerti bahasa pemrograman secara khusus. WordPress ini cukup mudah digunakan terutama untuk anda pemula di dunia website. Berbasis customize dan bisa dimodifikasi sesuai keinginan anda, telah menjadikan WordPress ini digemari.

WordPress memiliki komunitas yang besar dan solid. Jadi jangan hawatir jika anda mengalami kendala atau permasalahan seputar CMS WordPress ini, anda bisa joint dan sharing di komunitasnya baik itu di media sosial ataupun event bulanan seperti yang telah hadir komunitas WordPress Indonesia. Disana anda bisa sharing dengan para master yang sudah profesional dan berpengalaman. Point Plusnya anda bisa membangun jaringan untuk perkembangan website atau blog anda kedepannya.

2. Blogspot

Blogspot hadir sebagai Content Management System yang populer pada masanya. Namun hingga saat ini pun blogspot ini masih banyak penggunanya. Saat ini blogspot semakin memperbaiki fitur-fitur layanannya untuk dapat bersaing di platform Content Management System. Platform blogspot ini telah menghadirkan sebuah terobosan untuk banyak orang dapat membuat sekaligus mengurus halaman website tanpa harus memahami bahasa pemrograman.

Dengan blogspot anda bisa memilih tema-tema tertentu dan gratis untuk anda gunakan. Dari adanya tema gratis tersebut, anda bisa fokus pada konten yang anda buat. Blogspot lebih dulu ramai pengguna sebelum WordPress. Tutorialnya pun banyak sekali tersedia di mesin pencari.

3. Joomla

CMS berikutnya yaitu Joomla. Content Management System ini merupakan Platform yang cukup populer. Joomla lebih fleksibel meskipun pada dasarnya untuk pengelolaan tidak semudah WordPress. Bedanya Joomla tidak terfokus pada konten berbasis teks. Jika anda ingin membuat website berbasis membership maka Platform CMS Joomla cocok untuk anda gunakan.

Sama halnya dengan WordPress, Joomla juga menyediakan banyak plugin. Jadi anda bisa instal sesuai keperluan halaman website yang akan anda buat. Dengan menggunakan Joomla, template yang anda gunakan bisa beragam dan diterapkan di setiap jenis halaman dalam satu website. Namun Joomla ini berbeda dengan WordPress yang ramah pengguna pemula. Untuk mengerti penggunaan Joomla anda membutuhkan waktu untuk belajar strukturnya terlebih dahulu. Maka dengan hal tersebut joomla lebih cocok digunakan oleh para pengembang atau programmer yang memiliki basic pengetahuan pemrograman.

4. WIX

Wix merupakan rekomendasi untuk permudah membangun website selanjutnya. Platform ini memiliki popularitas yang cukup bagus di kalangan pegiat website. Sama halnya dengan beberapa platform sebelumnya, wix menghadirkan layanan pembuatan website tanpa koding (custom). Anda cukup memilih template yang telah disediakan maka website yang anda maksud bisa terbuat.

Untuk mengubah atau editing layout dari halaman website di platform ini terbilang mudah. Disini anda akan akrab dengan yang namanya drag and drop gambar saja. Dengan wix anda bisa memiliki website pertama yang anda inginkan. 

5. Drupal

DrupalĀ merupakan Content Management System berikutnya yang harus anda coba. Platform yang satu ini bersifat open source, dimana anda bisa dengan bebas memodifikasi setiap tema yang tersedia. Drupal hadir sebagai CMS yang mampu menghadirkan konten multibahasa. Drupal ini merupakan pesaing joomla dimana terdapat beberapa kemiripan fungsi. Namun Drupal terbilang lebih powerfull. Selain itu juga drupal memiliki tingkat keamanan yang lebih dibandingkan kompetitornya tersebut.

Platform Content Management System Drupal ini memberikan tawaran untuk managemen user tingkat lanjut. Ini artinya Drupal memerlukan pengetahuan dan pengalaman yang lebih mumpuni untuk anda mengerti penggunaan platform ini. Drupal ini cocok untuk anda membangun sebuah halaman website perusahaan dengan skala enterprise. Karena dengan drupal, keamanan data yang dimuat di website lebih terjamin.

Dari beberapa CMS di atas, Onlenkan Indonesia merekomendasikan berdasarkan pengalaman di lapangan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan. Jika anda ingin lebih mudah untuk integrasi dan terfokus pada kualitas konten, maka disarankan untuk menggunakan WordPress. Akan lebih baik jika anda mencobanya satu persatu. Setiap Platform tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Terlepas dari hal itu, anda cukup gunakan CMS sesuai dengan kebutuhan anda saja. Untuk lebih detail-nya akan di bahas satu per satu di artikel berikutnya.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *