Rekomendasi Browser Terbaik tahun 2020

85 / 100
Browser terbaik
Sumber Gambar : pixabay.com

Browser merupakan system atau perangkat lunak yang memudahkan anda menemukan apapun di internet baik itu dalam bentuk website ataupun aplikasi. Dengan adanya browser anda dapat menemukan informasi yang anda perlukan, apapun itu. Browser memberikan fasilitas yang luar biasa untuk menunjang aktifitas penggunanya. Kemudahan pencarian telah menjadikan browser ini dikenali banyak orang dan ramai pengguna. Berikut beberapa browser yang direkomendasikan untuk anda gunakan.

Berikut beberapa browser yang direkomendasikan

Sumber Gambar : pixabay.com

Dengan banyaknya aplikasi browser tentu tidak akan mungkin rasanya jika anda menggunakan semuanya. Pasti anda akan  memilih mana yang terbaik bukan. Untuk itu disini akan dideskripsikan beberapa browser yang memang recomended untuk anda gunakan. Berikut beberapa browser yang dapat anda gunakan di ponsel atau komputer anda.

1. Google Chrome

browser google chrome
Sumber Gambar : pixabay.com

Siapa yang tidak mengenal aplikasi browser yang satu ini. Google chrome, aplikasi browser dengan kemudahan dalam penggunaan atau user friendly ini telah menjadi browser terbaik untuk saat ini. Aplikasi google chrome ini pertama kali merilis pada tahun 2008 dengan persaingannya yang cukup ketat dari aplikasi browser yang unggul lebih dahulu dan dikenal banyak orang yaitu firefox, safari dan internet explorer. Hingga pada akhirnya masuk di tahun 2018, pemilik aplikasi browser ini yaitu google merubah secara total aplikasi pencarian google chrome terutama soal pembaharuan keamanan. Selama beberapa tahun ke belakang google chrome ini tidak begitu populer di masyarakat pengguna browser pada umumnya. Namun ketika menginjak di tahun 2019, google chrome berhasil memperoleh pengguna hampir 100 % dari pasar browser global.

Keunggulan : Google chrome ini memiliki berbagai keunggulan seperti user friendly, memiliki kecepatan akses yang tinggi, design yang memanjakan mata penggunanya, extensi yang cukup banyak dan yang pasti karena merupakan aplikasi besutan google maka aplikasi ini istimewa terhubung langsung dengan search engine google. Tidak heran jika ketika anda ingin searching cukup ketikan saja keyword pada address bar, maka secara langsung google chrome akan menampilkannya.

2. Mozilla Firefox

browser mozilla firefox
Sumber Gambar : pixabay.com

Rekomendasi browser kedua yaitu Mozilla Firefox. Browser ini booming lebih dulu daripada google chrome. Browser Mozilla firefox ini telah dirancang dan dirilis oleh perusahaan Mozilla Foundation dengan nama pertamanya yaitu Phoenix  di tahun 2002. Aplikasi browser Mozilla firefox ini hadir dari negeri paman sam Amerika Serikat. Pada saat itu Mozilla firefox bersaing ketat dengan aplikasi browser Internet Explorer

Kemudian pada tahun 2017 mozilla firefox telah berhasil merilis atau mengupgrade versi terbarunya dengan diberi nama Mozilla firefox Quantum. Nama yang cukup unix dan elegan. Dan pastinya dibekali dengan kecepatan akses yang cukup baik pula. Seiring berjalannya waktu ditambah persaingan makin meningkat dengan munculnya browser besutan google, maka pada tahun 2019 mozilla firefox kembali menghadirkan versi terbarunya dengan nama firfox browser.

Mozilla firefox ini juga ikut berpartisipasi dalam persaingan antar browser hingga merilis versi android dengan nama firefox daylight. Untuk versi androidnya firefox memeberikan beberapa fitur seperti add-ons, offline reading, password management dan ad-blocker. Dengan menggunakan browser Mozilla firefox ini akses internet anda menjadi lebih mudah, cepat dan pastinya gratis.

Keunggulan : Mozilla Firefox ini memiliki fitur yang unggul dengan jaminan keamanan, bebas dari spam iklan dan terdapat fitur reader view.

3. Operamini

browser operamini
Sumber Gambar : pixabay.com

Operamini merupakan browser yang dkenal dengan fitur kompresi halaman website. Operamini ini muncul sejak zaman symbian sampai android di era saat ini. Operamini memberikan penghematan akses ke halaman web. Jadi ketika anda menggunakan browser operamini ini maka setiap proses loading halaman web akan dikompresi oleh aplikasi ini sehingga kecepatan website pun tinggi. Adapun hasil dari kompresi disini berdampak juga pada ukuran file. Bahkan dapat menghemat ukuran file hingga 90%. Operamini juga gratis. Maka anda bisa menggunakan browser yang satu ini. Operamini juga dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti wondows, mac OS dan juga linux. Dan pastinya support di berbagai smartphone juga. 

Keunggulan : Operamini memberikan beragam keunggulan seperti akses VPN gratis, tersedia banyak jenis add-on dan blokir pop up yang mudah.

4. UC Browser

UC Browser
Sumber Gambar : pixabay.com

UC Browser ini memiliki kemiripan dengan operamini. Disini uc browser menerapkan fitur kompresi juga. Namun bedanya uc browser melakukan kompresi data di bagian server sebelum masuk ke pengguna. Apabila anda memerlukan browser yang dapat mengompres data dengan konsep seperti itu maka uc browser dapat anda gunakan. Cara kerja kompresi dari uc browser ini yaitu dengan menggabungkan data baru dan data cache yang telah dikumpulkan saat terakhir anda mengunjungi sebuah halaman website. Maka untuk kunjungan berikutnya akan cukup menghemat waktu.

UC browser terbilang browser yang cukup populer pada kalangan pengguna smartphone. Browser yang lahir di tahun 2004 ini memiliki tujuan untuk memberikan akses internet yang lebih baik bagi penggunanya. UC browser berasal dari tiongkok yang menjamin kualitas pencarian yang baik.

Keunggulan : Adapun keunggulan dari UC browser ini yaitu dapat menghemat kuota internet anda karena ada fitur kompresi data. Lalu memiliki kecepatan download yang cukup tinggi.

5. Microsoft Edge

microsoft edge
Sumber Gambar : pixabay.com

Microsoft Edge ini merupakan sebuah aplikasi peramban yang dikembangkan oleh microsoft. Bermula di bawah nama kode project spartan, microsoft edge ini masuk dalam sistem operasi windows. Dirilis pada tanggal 29 juli 2015, microsoft edge ini telah merubah Internet explorer menjadi browser yang baku untuk digunakan pada windows 10. Microsoft edge juga kini menyediakan untuk versi androidnya yang dilengkapi dengan fitur yang memiliki daya saing juga dengan browser lainnya. 

Selain itu juga Microsoft edge ini menyediakan fitur InPrivate yang memiliki fungsi mirip dengan Incognito pada browser google chrome. Dimana di browser ini anda dapat melakukan aktifitas browsing tanpa ada history situs yang anda akses. 

Tips Browsing aman dari virus dan malware

Sumber Gambar : pixabay.com

Ketakutan orang akan virus yang tiba-tiba masuk saat sedang browsing di internet menjadi hal yang cukup serius. Karena dampaknya pun cukup besar sekali dimana data anda akan rusak atau bahkan hilang seketika karena terkena virus. Banyak sekali virus ataupun malware komputer yang mungkin pernah anda temukan seperti trojan, spyware, adware, keyloggers, atau bahkan ransomewere yang bisa mengunci seluruh data-data anda agar tidak bisa dibuka dan rusak.

Selain itu ada pula kerusakan lain yang ditimbulkan seperti merubah ekstensi dari file sehingga tidak dapat dibuka. Bahayanya jika ini terjadi pada perangkat kantor dimana anda bekerja. Apalagi untuk bagian yang memang bertugas menyimpan file-file inti dari perusahaan. Ini sangat berbahaya sekali. Data bertahun-tahun semisal untuk audit ataupun data-data client yang tiba-tiba hilang sekejap oleh virus ataupun malware. Mereka sulit untuk dicegah, apakah akan ada virus masuk atau tidak ketika anda sedang melakukan aktifitas browsing. Dengan banyaknya kasus yang terjadi disini penting sekali untuk mengedukasi anda tentang tips browsing aman dari virus dan malware. Berikut Tips-nya.

  • Update secara rutin browser anda.
  • Harap perhatikan di address bar apakah ada icon gembok berwarna hijau. Karena ini menandakan keamanan dari halaman website yang anda akses.
  • Hati-hati dengan download software gratisan, telusuri terlebih dahulu keamanan dan efeknya ketika anda menggunakan software tersebut.
  • Hapus cache dan juga cookies pada history browser yang anda gunakan.
  • Gunakan software antivirus dan juga firewall yang terpercaya.
  • Browsinglah dengan rapih dalam arti tidak mengklik iklan sembarangan.

Dari beberapa browser di atas mana yang akan anda pilih sebagai peramban di laptop atau smartphone anda?..Gunakan salah satu saja agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Perhatikan juga tips browsing yang aman agar perangkat anda terhindar dari virus ataupun malware. 

Terimakasih dan selamat berkunjung kembali di artikel berikutnya.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *