Pengertian Javascript berikut contohnya

83 / 100
Sumber Gambar : pixabay.com

Pengertian Javascript – Penggunaan bahasa pemrograman javascript ini sudah tidak asing lagi di setiap penggunanya seperti programmer dan sejenisnya. Bahasa pemrograman javascript ini sepertinya sudah menjadi script wajib untuk terciptanya sebuah sistem komputer.

Dalam pengembangan website itu pada umumnya tidak terlepas dari 3 script pemrograman seperti HTML, CSS dan Javascript. Ketiganya merupakan script fundamental untuk membangun sebuah sistem. HTML dapat berfungsi sebagai kerangka sistem, CSS untuk mempercantik tampilan dan Javascript merupakan otak dari terbentuknya sistem.

Dibangunnya sebuah sistem itu tujuan utamanya yaitu untuk mempermudah sebuah pekerjaan. Ini artinya sistem yang dibangun itu harus lebih pintar daripada proses pengerjaan secara manual. Maka dengan bahasa pemrograman javascript ini dapat tercipta sebuah sistem yang dimaksud. Untuk mengenal lebih dalam bahasa pemrograman javascript, anda simak penjelasan berikut. 

Pengertian Javascript

Javascript merupakan sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi dengan sifatnya yang dinamis. Bahasa pemrograman javascript ini terbilang sangat populer di industri pemrograman. Selain itu juga setiap browser seperti google chrome telah menerapkan pola kerja dari javascript untuk perambannya.

Seperti yang dijelaskan di awal, javascript ini merupakan bahasa pemrograman inti terciptanya sebuah sistem. Dengan javascript setiap sistem yang dibuat menjadi lebih interaktif dan menarik. Pada mulanya pemrograman javascript ini hanya diperuntukan untuk penjelajahan sebuah sistem yang bersifat client-side. Namun kini javascript berperan juga dalam sebuah sistem yang bersifat server-side. Ini artinya javascript mampu menghadirkan sistem komputer dalam bentuk apapun menjadi lebih interaktif dan dinamis. Kini banyak sekali template javascript yang bisa anda gunakan untuk menciptakan suatu sistem yang powerfull. Untuk mencoba dan mengetahui lebih dalam anda bisa cek selengkapnya disini.

Terdapat beberapa kelebihan jika anda menggunakan javascript dalam pembuatan sebuah sistem. Adapun kelebihannya yaitu sebagai berikut :

  • Bahasa pemrograman javascript ini mudah untuk dipelajari dengan banyaknya tutorial yang dibuat oleh para penggunanya.
  • Bahasa pemrograman javascript ini dapat digunakan di berbagai browser / mesin pencarian.
  • Interaksi sistem yang dibuat dengan javascript menjadi lebih cepat karena menghindari interaksi secara manual.
  • Bahasa pemrograman javascript ini terbilang cepat dan ringan ketika digunakan dalam sebuah perangkat dengan spesifikasi yang standar sekalipun.
  • Sistem yang dibuat lebih dinamis dan powerfull.

Contoh source code javascript

Sebelum masuk pada contoh source code javascript, anda harus mengetahui terlebih dahulu type data dan juga variabel yang ada pada bahasa pemrograman javascript. Type data merupakan berbagai jenis data yang dapat disimpan di dalam suatu variabel. Sedangkan variabel merupakan suatu nama yang bisa mewakili suatu nilai. Adapun type data dan variabel dimaksud yaitu sebagai berikut :

Type data :

  • String
  • Integer atau number (bilangan bulat)
  • Boolean
  • Float (Bilangan pecahan)
  • Object

Nilai suatu variabel dapat berupa :

  • String (teks)
  • Number 
  • Objek
  • Array

Adapun script mendasar dari pemrograman javascript ini yaitu sebagai berikut :

  • Untuk pemanggilan variabel di javascript :
  • Berikut untuk kode javascript yang ditulis dalam bentuk fungsi antara tag <head> :
  • Berikut Ini merupakan contoh penggunaan javascript dengan HTML.

Penggunaan javascript ini sangat kompleks sekali. Beberapa contoh di atas hanya pengenalan untuk anda. Anda dapat menemukan berbagai source code javascript di w3schools. Di platform tersebut anda dapat mempelajari dan mencari source code javascript yang anda butuhkan. Seperti JS output, JS statement, JS comment, JS Event, JS Object dan sebagainya. Anda bisa modifikasi sesuai dengan kebutuhan untuk sistem yang akan anda buat. 

Penutup

Popularitas javascript tidak terjadi dengan begitu saja. Banyak sekali pengguna yang sudah merasakan dampaknya dengan penerapan bahasa pemrograman javascript ini di setiap sistem yang dibuat. Dengan javascript utamanya halaman website menjadi lebih dinamis dan interaktif. Sehingga sistem yang dibuat ini bisa bekerja sesuai dengan fungsinya.

Di artikel ini hanya dijelaskan secara singkat saja. Setiap bahasa pemrograman itu lebih berfokus pada praktek dan implementasinya. Disini telah digambarkan secara umum apa itu javascript dan digunakan untuk apa bahasa pemrograman javascript. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jika ada pertanyaan yang ingin di diskusikan seputar bahasa pemrograman javascript dan anda memerlukan bantuan silahkan sertakan di kolom komentar. Terimakasih.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey, Apa Kabar Anda !

Sebelum anda pergi izinkan kami memberikan update artikel menarik dan bermanfaat lainnya untuk anda.

Salam Hangat Onlenkan Indonesia