Mengenal trik pembuatan & rahasia sukses Facebook Ads

82 / 100
facebook ads
Sumber Gambar : pixabay.com

Apa yang anda ketahui tentang facebook ads ?

Facebook ads merupakan suatu fitur layanan yang disediakan oleh pihak facebook untuk keperluan tertentu seperti mencari audience yang tepat sesuai dengan isi postingan, menarik perhatian, serta mendapatkan keuntungan dari promosi tersebut. Pada umumnya facebook ads ini digunakan di sektor bisnis yang keperluannya untuk menjangkau orang-orang yang dipastikan memerlukan apa yang anda posting, baik berupa produk ataupun jasa yang ditawarkan. Dibangun untuk menjangkau pelanggan dengan cepat dan tepat di pasar global.

Keunggulan dari facebook ads

Keunggulan facebook ads
Sumber Gambar : pixabay.com

1. Jangkauan pelanggan atau konsumen lokal hingga internasional

Maksimalnya berjualan itu erat sekali kaitannya dengan teknik pemasaran. Menjaring pelanggan atau konsumen sebanyak mungkin itu merupakan langkah awal anda memperkenalkan bisnis yang dimiliki. Ketika anda ingin profit keuntungan anda lebih tinggi, maka anda perlu media pemasaran yang menjanjikan. Facebook ads dapat menjadi langkah awal anda untuk mengenalkan usaha yang anda miliki. Dengan facebook ads anda bisa mengatur wilayah jangkauan pemasaran, ingin di area lokal seperti kota tertentu atau kabupaten, bahkan hingga ke luar negeri. Semuanya bisa dilakukan.

2. Dapat menjaring pelanggan atau konsumen yang potensial dan tepat sasaran

Coba anda bayangkan jika anda memiliki produk makanan bayi kemudian anda pasarkan pada konsumen orangtua yang anaknya menginjak usia remaja. Ini akan kurang tepat sasaran sekali. Dengan menggunakan facebook ads, produk anda akan diarahkan sesuai market pelanggannya. Jadi ketika anda beriklan tidak akan berjalan dengan sia-sia.

Facebook ads dengan ini menyediakan semacam filter yang dapat anda gunakan untuk membatasi target pelanggan atau konsumen anda. Misalkan produk yang anda miliki hanya menjangkau target pelanggan usia 25 th ke atas, ibu rumah tangga, dll. 

3. Biaya iklan relatif murah

Facebook ads ini menawarkan biaya iklan bervariasi sekali. Namun mereka memberikan batasan antara Rp. 7.000 sampai Rp.14.000 per tayangnya. Harga ini dapat anda kalkulasi sesuai dengan waktu penayangan yang anda inginkan. Jika dikalkulasi memang tergantung dengan waktu penayangan anda. Namun jika dibandingkan dengan promosi secara offline biayanya akan jauh lebih mahal. Anda perlu banner, brosur, dll. Itupun jangkauan konsumen atau pelanggan hanya di wilayah itu saja. Makin banyak banner makin besar pula biaya yang harus anda keluarkan. Belum lagi waktu dan tenaga untuk anda mengurus dan menyebarkannya. 

4. Dapat memaksimalkan jangkauan organik

Mungkin beberapa dari anda media sosialnya memiliki banyak sekali pengikut hingga mencapai angka ribuan. Ini yang disebut dengan jangkauan organik. Namun pernahkah anda ketika memposting di halaman facebook yang baru saja beberapa detik langsung menghilang dari baris atas ?_nah disini fungsinya facebook ads dalam memaksimalkan jangkauan organik agar setiap pengikut anda dapat melihat apa yang telah diposting. Bahkan anda dapat menemukan pengikut baru.

Istilah-istilah dalam layanan Facebook Ads

istilah facebook ads
Sumber Gambar : pixabay.com

Adapun beberapa istilah yang perlu anda ketahui untuk layanan facebook ads yaitu sebagai berikut :

  • Campaign

Campaign ini merupakan suatu struktur yang terdiri dari satu atau beberapa adset. Level ini pun menyediakan pilihan agar anda dapat menentukan objek dari iklan yang akan anda jalankan. Tinggal anda atur di setting iklannya.

  • Ad

Ad ini merupakan materi atau bahan yang akan anda iklankan di facebook. Ini penting sekali walaupun merupakan bagian kecil di dalamnya. Jika anda tidak ada materi yang akan di iklankan lalu bagaimana anda dapat menjalankan layanan facebook ads ini. Ingat materi ini harus menarik karena ini kunci berhasilnya sebuah iklan.

  • Adset

Adset merupakan bagian dari struktur facebook ads yang terdiri dari satu atau beberapa ad (Materi  iklan). Pada level adset ini anda diarahkan untuk menentukan jangkauan pelanggan, anggaran biaya yang anda pasang, waktu penayangan, bidding dan lokasi iklan anda.

  • Ads Manager

Ini bisa dibilang report atau summary dari setiap iklan yang sedang berjalan. Pada level ini anda bisa melakukan berbagai perubahan dari iklan yang sedang berjalan seperti merubah waktu penayangan, pause iklan hingga anggaran biaya yang anda pasang. Misalkan anda ingin menambahnya atau menguranginya.

  • CPM (Cost Per Million)

Ini merupakan biaya per 1000 kali tayang. Jika target penayangan iklan anda telah menjangkau sebanyak 1000 pelanggan maka anda akan diarahkan untuk membayar iklan tersebut.

  • CPC (Cost Per Click)

CPC ini merupakan biaya iklan yang akan muncul ketika terdapat pengunjung yang melakukan klik terhadap iklan anda yang sedang tayang. 

  • Reach

Reach ini merupakan jumlah orang yang telah melihat tayangan iklan anda minimal 1 kali tayang. 

Trik pembuatan facebook ads

Trik FB ads
Sumber Gambar : pixabay.com

Adapun langkah-langkah untuk membuat facebook ads adalah sebagai berikut :

  • Trik Pertama, jika anda belum memiliki halaman facebook page buatlah terlebih dahulu. Caranya anda login dahulu ke akun facebooknya lalu pilih tab create dan pilih page, maka akan tampil seperti gambar berikut.
create facebook page
  • Anda lengkapi data-data untuk membuat facebook page tersebut seperti nama halaman, kategori, foto profil, foto sampul, dll.
  • Ketika facebook page sudah selesai dibuat, maka anda akan dihadapkan pada halaman seperti berikut ini.
promosi facebook page
  • Jika anda sudah membuat facebook page seperti di atas, maka anda akan melihat menu promosi. Dan ketika masuk pada menu promosi maka anda akan diarahkan untuk memilih sasaran penayangan iklan, anggaran biaya penayangan, waktu penayangan, dll. Anda tinggal mengikuti step-stepnya saja untuk cara promosi ads yang satu ini.
  • Trik Kedua, anda harus mengakses dahulu facebook ads manager, namun pastikan anda telah login ke akun facebook anda dan facebook page telah dibuat. Berikut interface facebook ads manager.
  • Untuk lebih jelas dan detailnya anda dapat menghubungi kami disini. Atau bisa melalui group facebook Onlenkan Indonesia dan juga e-mail. Nanti akan dibantu melalui e-book tutorial pembuatan facebook ads secara lengkap.

Rahasia sukses facebook ads

Rahasia sukses facebook ads
Sumber Gambar : pixabay.com

Berikut beberapa rahasia sukses penggunaan layanan facebook ads.

  • Pelajari karakter audience yang anda targetkan. Seperti mahasiswa, musisi, ibu rumah tangga, karyawan, dll. Pasti karakter dari mereka berbeda-beda sekali gayanya. 
  • Bangun iklan dengan menarik. Sedikit tapi membuat orang penasaran. Disini penting sekali copywriting.
  • Bangun kepercayaan pelanggan pada produk yang anda iklankan. 
  •  Pilih format iklan yang tepat.
  • Maksimalkan fitur yang diberikan oleh facebook adsSeperti Custom audience, retargeting, conversion tracking, dan lookalike audience.

Artikel terkait :

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *