Mengenal Joomla hingga penggunaannya

76 / 100
Joomla
Sumber Gambar : pixabay.com

Content Management System merupakan suatu platform yang diperlukan saat ini untuk pengembangan sebuah halaman website ataupun blog. Pembuatan website yang cepat, design tema siap pakai, tema yang interaktif telah menjadikan platform content management system begitu sangat disenangi. Dengan hadirnya CMS ini telah meminimalisir permasalahan yang sering muncul di lapangan. Seperti pengeluaran biaya yang cukup besar untuk membayar jasa developer, anggaran operasional pengerjaan, dan lain sebagainya.

Selain itu juga untuk waktu pengerjaan terkadang menyita waktu yang cukup lama karena ada beragam aspek prosedural yang perlu dijalani antara pemberi project dengan developer. Pada umumnya pihak developer memiliki ketentuan atau standar yang harus ditempuh oleh pihak pemberi project, sementara pemberi project berharap halaman website ini bisa hadir dengan cepat dan tentunya dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Tak terkecuali dengan Joomla. Penggunaan joomla ini cukup banyak sekali saat ini. Dengan joomla setiap perusahaan, individu ataupun pengguna lainnya menjadi lebih terbantu untuk memiliki sebuah halaman website yang menarik, interaktif dan biaya yang relatif murah. Lalu apa itu Joomla dan seperti apa penggunaannya ?..Simak di penjelasan berikut ini. 

1. Pengertian Joomla

Joomla merupakan sebuah Content Management System yang bersifat open source. Open source disini maksudnya yaitu terbuka dimana setiap penggunanya dapat memodifikasi setiap bagian dari CMS tersebut. Joomla berbasis PHP dan MySQL database. Sama seperti CMS yang lainnya, Joomla ini gratis untuk digunakan. Instalasi yang mudah dimana anda bisa menginstalnya melalui c-panel hosting yang telah anda sewa sebelumnya.

Joomla hadir pertama kali di tahun 2005. Pada umumnya Joomla dapat digunakan oleh user berpengalaman dalam dunia programming. Toolkit design yang powerfull menjadi dasar mengapa Joomla ini cocok untuk mereka. Komunitas Joomla pun cukup banyak sekali. Jadi jika anda ingin belajar ataupun sharing kendala anda seputar Joomla ini cukup mudah mencarinya. Tutorialnya pun banyak tersebar di mesin pencarian.

Joomla menggunakan konsep Object Oriented Programming (OOP) untuk merancang sebuah halaman websitenya. Dengan penggunaan database MySQL semakin menjadikan Joomla ini populer di kalangan peminatnya.

Elemen dasar Joomla

Elemen dasar dari content management system Joomla ini pada dasarnya terbagi ke dalam 3 elemen. Ketiga elemen ini saling berkait dengan fungsi dan juga perannya masing-masing. Adapun elemen dasar Joomla tersebut yaitu sebagai berikut :

Server

Server ini bertugas untuk menghubungkan jaringan internet dengan cara menyediakan service pada suatu halaman website.

Script PHP

Ini merupakan bahasa pemrograman yang sepertinya tidak pernah lepas di platform manapun termasuk CMS. Script PHP ini adalah bagian dari media interaksi antara halaman website dengan database yang akan digunakan untuk penyimpanan data yang akan ditampilkan di halaman website. 

MySQL database

MySQL database ini merupakan server lokal dimana anda dapat menyimpan data yang akan dimuat di halaman website. CMS pun tetap memerlukan ini. MySQL database ini terbilang mudah digunakan dan dipelajari. Dengan MySQL database anda dapat menyimpan konten-konten yang ada di halaman website yang telah dibuat.

Keuntungan Penggunaan Joomla

Penggunaan Joomla ini memiliki manfaat yang besar untuk anda.Dengan Joomla anda akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti berikut ini :

  • Tersedia banyak plugin untuk memudahkan anda berinovasi.
  • Postingan blog yang sederhana dan mudah di edit.
  • Source code bersifat open source dimana anda dapat memodifikasi dari sisi manapun di halaman website yang dibuat.
  • Komunitas yang terbilang sangat luas dan aktif.
  • Cocok digunakan untuk keperluan e-commerce.
  • SEO Friendly.
  • Keamanan yang baik dengan menggunakan otentikasi.

Jenis-Jenis tema yang ditawarkan Joomla

Content Management System Joomla ini menawarkan beragam tema siap pakai. Tema ini sedikit banyak mewakili website apa yang ingin anda buat. Berikut jenis-jenis tema yang ditawarkan Joomla untuk anda gunakan :

  • E-commerce.
  • Corporate.
  • Start-Up Bisnis.
  • Website Organisasi.
  • Website Pemerintahan.
  • Website Pendidikan.
  • Komunitas.
  • Newpaper.
  • Onlineshop.

Instalasi Joomla

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk menggunakan Joomla ini agar berjalan dengan lancar. Seperti anda diperlukan untuk menggunakan web server versi apache 1.x atau 2.0x. Kemudian Instal terlebih dahulu Xampp Server untuk akses databasenya. Dan untuk sistem operasi bisa support di semua jenis.

Untuk Instalasi Joomla ini tidak jauh berbeda dengan Instalasi WordPress dan juga Drupal. Anda cukup siapkan hosting dan juga domain untuk halaman website yang akan anda buat. Untuk prosesnya anda bisa cek disini. Dalam hal ini anda tinggal mengubah CMS yang akan di instal dengan memilih Joomla. Atau bisa juga disini.

Terimakasih, selamat mencoba semoga anda berhasil. Jika ada pertanyaan untuk di diskusikan segera hubungi kami atau sertakan di kolom komentar. Dengan segera kami akan membantu anda.

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *