Mengenal Internet Marketing sebagai tren bisnis digital

80 / 100
Sumber Gambar : pixabay.com

Perkembangan teknologi kini tak dapat dihindarkan lagi. Berbagai sektor baik formal ataupun non formal berlomba-lomba memaksmalkan pekerjaan mereka dengan teknologi. Hampir tidak ada pekerjaan yang tidak memadukan teknologi. Kini setiap orang dihadapkan pada luas dan bebasnya informasi, data pada teknologi dengan nama internet. Apapun yang anda perlukan ada disini. Dari waktu ke waktu luasnya internet semakin banyak diketahui orang-orang terutama dari segi manfaat. Dimana mereka bisa menghasilkan profit dari sini. Itulah yang dinamakan Internet Marketing. Apa yang anda ketahui tentang internet marketing ?

Berikut Pengertian Internet Marketing dan elemen-elemennya

1. Pengertian Internet Marketing

Sumber Gambar : pixabay.com

Internet Marketing merupakan cara memasarkan atau beriklan suatu produk atau layanan melalui internet dengan tujuan mempromosikan produk, meningkatkan traffic penjualan dan membangun ketertarikan konsumennya terhadap produk atau layanan tertentu. Internet marketing juga dapat diartikan sebagai aktifitas pemasaran elektronik. Artinya setiap orang yang menjual produk / layanan tertentu dengan menggunakan media internet seperti toko online, media sosial, dll dapat dikatakan sebagai internet marketing. Dari waktu ke waktu, internet marketing hadir memberikan peran yang penting sekali bagi aktifitas bisnis ataupun jual beli. Apalagi jika melihat pengguna media online yang setiap harinya meningkat dengan tajam. Dengan kecanggihan dari sebuah teknologi ini, mayoritas orang lebih tertarik pada internet sebagai media informasi mereka. Meskipun di sisi lain tetap anda harus berhati-hati dan menggunakan media ini dengan baik dan benar. Tidak melanggar aturan dengan menyalahgunakan pemanfaatannya.

2. Elemen-elemen Internet Marketing

internet marketing
Sumber Gambar : pixabay.com

Adapun elemen-elemen dalam dunia internet marketing yaitu sebagai berikut :

  • E-mail Marketing.
  • Halaman Website.
  • E-commerce.
  • Search Engine Optimation (SEO).
  • Search Engine Marketing (SEM).
  • Sosial Media.

Berikut penjelasan dari elemen-elemen internet marketing di atas.

. e-mail marketing

email marketing
Sumber Gambar : pixabay.com

E-mail marketing merupakan pemasaran melalui surat elektronik. Ini terbilang cara yang paling efektif untuk membangun koneksi, interaksi dengan calon pelanggan produk atau layanan anda dan secara langsung membangun daya tarik agar mereka menjadi pelanggan setia. 

Mengapa e-mail marketing termasuk dalam elemen internet marketing yang anda perlukan ?

Ini dia alasannya.

Dewasa ini dari populasi manusia di dunia penggunaan surat elektronik atau e-mail ini terdeteksi sangat banyak sekali. Bahkan hampir semua sektor menggunakan surat elektronik ini. Menurut penelitian dari Radicati Group tentang pasar pengguna e-mail di seluruh dunia untuk tahun 2020-2024 akan bertumbuh dari 4,0 miliar menjadi 4,5 miliar pengguna baik itu keperluan bisnis atau konsumen. Dan rata-rata pengguna harian e-mail itu untuk keperluan bisnis yang pengirimannya menembus angka miliaran per hari. Berikut beberapa tools untuk e-mail marketing.

  • Kirim.email
  • MailChimp
  • Hubspot

. Halaman Website

halaman website
Sumber Gambar : pixabay.com

Halaman website merupakan media terbaik untuk memulai internet marketing. Dengan adanya website, produk yang akan anda pasarkan dalam dunia internet marketing dapat dikemas semenarik mungkin. Dengan tujuan pelanggan atau konsumen tertarik untuk menggunakan produk atau layanan anda.

Website kini menjadi buah bibir di kalangan pebisnis online. Selain jualan melalui marketplace, perusahaan mereka akan lebih mempunyai branding dengan memiliki sebuah halaman website. 

. e-commerce

Sumber Gambar : pixabay.com

E-commerce atau electronic commerce merupakan bentuk aktifitas jual beli yang dilakukan melalui suatu media elektronik. Dan kini banyak sekali menggunakan media internet. Ini termasuk pada bagian internet marketing. Adapun jenis-jenis dari e-commerce yaitu sebagai berikut : 

  • Business to Business(B2B)
  • Business to Consumer (B2C)
  • Consumer to Consumer (C2C)
  • Consumer to Business (C2B)

. Search Engine Optimation (SEO)

Search engine optimation (SEO)
Sumber Gambar : pixabay.com

Search Engine Optimation (SEO) merupakan bagian terpenting dari internet marketing. Karena ini merupakan tools yang digunakan untuk memaksimalkan halaman website anda agar berada di halaman pertama google. Adapun jenis-jenis SEO yatu sebagai berikut :

  • Quality traffic
  • Organic traffic
  • Quantity traffic 

SEO ini bekerja dengan beberapa cara yaitu sebagai berikut : Crawling, Indexing dan Ranking. Untuk crawling merupakan proses pengumpulan informasi dari seluruh halaman website dari link ke link yang ada. Sedangkan indexing biasanya dilakukan web crawler yang kemudian menyimpannya di entry list atau index. Dan yang terakhir yaitu Ranking_ ini merupakan hasil peringkat yang akan ditampilkan secara berurutan.

. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing
Sumber Gambar : pixabay.com

Search Engine Marketing (SEM) merupakan bentuk pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas website pada mesin pencarian. Disini anda membeli traffic dengan membayar mesin pencarian seperti google. Ini akan sangat berpengaruh sekali pada popularitas website anda. Cara kerja SEM ini yaitu dengan memilih kata kunci tentang suatu produk atau layanan tertentu. Ketika orang mencari produk / layanan tersebut maka akan tampil di pencarian sebagai iklan yang berbayar. 

. Sosial media

Sosial media
Sumber Gambar : pixabay.com

Sosial media ini merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan lagi dari dunia internet marketing. Ini merupakan wadah yang dapat menjaring banyak orang. Anda dapat menggunakan media sosial ini sebagai media pemasaran anda yang cukup mudah. Ada berbagai platform yang bisa anda pakai. Berikut tips sederhana penggunaan media sosial.

  • Gunakan facebook jika anda tidak mau ribet. 
  • Gunakan twitter sebagai market pasar usia muda dan milenial.
  • Gunakan instagram sebagai media pemasaran dengan gambar yang powerfull.

Terimakasih dan selamat mencoba semoga anda berhasil.

Onlenkan Indonesia

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *