Memanfaatkan blog sebagai sumber passive income

76 / 100
passive income
Sumber Gambar : pixabay.com

Pesatnya perkembangan teknologi di era digitalisasi ini telah menghadirkan wajah baru akan inovasi di setiap bidang. Dengan teknologi, berbagai bidang keilmuan pada umumnya ikut bergerak mengalir beriringan dengan perkembangan teknologi tersebut. Tidak terkecuali dengan teknologi digital berupa sistem. Hadirnya sebuah sistem yang diperuntukan bagi mereka yang memiliki hobi menulis, semakin memperjelas bahwa teknologi itu tidak hanya seputar bisnis, pendidikan dan perdagangan tapi juga seputar hobi. Dari hobi tersebut, teknologi hadir sebagai jembatan agar hobi anda berpenghasilan.

Dari peranan teknologi tersebut, aktifitas menulis yang semula ketika seseorang ingin menulis memerlukan secarik kertas dan pulpen, kini semuanya bisa dilakukan hanya dengan teknologi. Bahkan ada sebuah gagasan yang menjadi quote menarik yang dimilki oleh sebuah layanan bisnis mesin pencarian ternama yaitu “ubah hobi anda menjadi penghasilan” itu sangat menarik sekali untuk dikembangkan. Ide, gagasan, karya dan sejenisnya bisa anda tuangkan melalui tulisan di platform digital tersebut, atau lebih dikenal dengan nama platform blogging. Bagi anda yang memiliki hobi menulis, platform ini bisa menjadi sebuah jembatan antara anda sebagai publisher dengan reader skala nasional bahkan internasional. Jadi setiap tulisan anda memiliki peluang besar untuk dibaca jutaan bahkan miliaran orang. Dan ini akan memberikan keuntungan bagi anda sendiri. 

Dengan hadirnya platform blog ini, anda tidak perlu lagi untuk mengurus ke penerbit yang biasanya menghabiskan waktu yang cukup lama untuk satu tulisan saja. Kini kemudahan-kemudahan akan hobi menulis ini semakin bermunculan dengan hadirnya platform blog. Menariknya lagi platform ini gratis untuk digunakan dimana di dalamnya anda dapat menggunakan template yang ada dan memodifikasinya.

Sejalan dengan fungsi utama blog yang diperuntukan untuk yang memiliki hobi menulis, ternyata semakin kesini semakin berkembang akan manfaat dari blog itu sendiri. Selain dapat dijadikan sumber passive income dari tulisan yang dibuat, ternyata blog saat ini banyak memilki manfaat yang lainnya juga. Tidak sekedar dengan menulis lalu anda dibayar.

Ada beberapa pemanfaatan blog yang lainnya yang bisa anda jalankan sebagai sumber passive income berikutnya. Apakah itu, yuk simak dan lanjutkan membaca artikel ini. 

Berikut jenis-jenis pemanfaatan blog sebagai sumber passive income anda

Sumber Gambar : pixabay.com

1. Promosi Program Affiliate Marketing

Affiliate marketing dimana pelaku bisnis ini dikenal dengan nama broker, kini telah menjadi tren program kerjasama di berbagai platform digital milik perusahaan-perusahaan di dunia. Tidak terkecuali dengan marketplace yang ada di Indonesia. Peluang dari program affiliasi ini sangat tinggi sekali pasarnya. Dengan program affiliasi anda bisa mempromosikan suatu produk tertentu tanpa harus memiliki produk tersebut.

Dalam program affiliasi ini menerapkan sistem bagi hasil. Dan biasanya ini dilakukan setelah produk tersebut ada yang membeli dari program affiliasi milik brokernya. Bentuk dari affiliasi ini pada umumnya bisa berupa link dan banner dengan beragam ukuran. Anda cukup sebarkan link tersebut setelah mendaftar program, dan untuk banner bisa anda pasang di blog ataupun website. Banner ini nantinya akan berupa gambar yang disisipi sebuah link call to action. Sehingga ketika pengunjung melakukan klik maka mereka akan di arahkan ke halaman pemilik produk tersebut. Inilah konsep affiliasi pada umumnya.

Maka dari itu platform blog ini dapat dimanfaatkan untuk promosi program affiliasi. Karena selain gratis, anda tidak harus mengerti bahasa pemrograman dan bisa menggunakan template yang siap pakai. Anda cukup custom template tersebut dan pasang link ataupun banner di posisi yang strategis. Jadi anda tidak perlu menyebarkan link satu-per satu untuk produk yang di affiliasi. Cukup promosikan blog anda dan banyak produk ada di dalam blog tersebut.

Untuk platform yang menyediakan program affiliasi ini banyak sekali. Ada yellow image, accesstrade, tokopedia, shoppe, involveasia dan sebagainya. Anda bisa cari berbagai platform yang menyediakan program affiliasi ini. Untuk mengetahui strategi affiliate marketing lebih dalam, anda dapat belajar disini.

2. Jasa Iklan

DI era sebelum teknologi itu hadir, media beriklan itu sangat terbatas. Hanya ada beberapa media yang dapat digunakan untuk beriklan. Seperti televisi, radio dan media cetak seperti koran. Untuk dapat beriklan di media tersebut setiap pengiklan harus mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit. Bahkan prosesnya pun cukup menghabiskan waktu. Namun dengan hadirnya teknologi terutama halaman digital seperti website, blog dan sejenisnya, media beriklan ini menjadi lebih banyak dan tentunya mudah digunakan.

Dengan hadirnya blog semakin mempermudah pengiklan yang tidak memiliki anggaran yang cukup untuk beriklan. Cukup dengan daftar di platform blog tertentu, maka anda akan diberikan pilihan template yang siap pakai dan gratis.Dengan halaman blog tersebut anda bisa pasang iklan dengan beragam produk untuk dipromosikan ke seluruh konsumen anda. Dan tentunya dengan jangkauan yang sangat luas dan lebih efisien. Untuk mengetahui lebih dalam bagaimana anda membuat sebuah blog tersebut, anda bisa mempelajarinya disini.

3. Onlineshop

Hadirnya teknologi digital telah memberikan ruang terbuka untuk aktifitas jualan yang lebih unik dan menarik. Bahkan di dunia digital ini, orang tidak punya produk pun bisa berjualan. Akibatnya setiap pedagang konvensional harus ikut terjun bersaing dalam jual beli di platform digital tersebut. Pola hidup yang diharapkan masyarakat kita saat ini, terutama untuk aktifitas jual beli yang ingin mudah dan cepat, telah menjadikan peluang baru untuk pelaku usaha berinovasi dengan teknologi.

Teknologi telah menjadi magnet yang luar biasa untuk terciptanya sistem jual beli online / onlineshop. Maka dari itu anda dapat memanfaatkan blog jika anda memang pemula di industri onlineshop ini. Selain di marketplace anda harus memiliki sebuah sistem yang berdiri di bawah kendali anda sendiri, agar kredibilitas usaha anda dapat diperhitungkan oleh banyak orang.

Ada beragam jenis usaha online yang tergolong dalam onlineshop ini yaitu sebagai berikut : 

  • Dropship

Dropship ini merupakan sebuah sistem berjualan secara online yang dapat dilakukan oleh mereka yang tidak memiliki produk sama sekali. Cukup menjual dan promosikan produk milik orang lain tanpa ada stok yang disediakan oleh droshiper. Sama halnya dengan affiliasi, dropship ini cara kerjanya yaitu sistem bagi hasil. Untuk mengetahui lebih dalam seputar dropship, anda bisa cek disini. Jika anda ingin memulai usaha online dropship bisa kunjungi dropshipaja.com.

  • Reseller

Reseller ini merupakan jenis usaha online dengan pola kerja menyediakan stok barang. Artinya untuk menjadi reseller ini anda harus mencari terlebih dahulu distributor terpercaya untuk produk yang akan anda pasarkan. Reseller ini, anda membeli produknya terlebih dahulu, lalu anda pasarkan kembali dengan harga jual di atas harga beli anda. Maka dari situ anda mendapatkan keuntungannya. Jika anda reseller pemula berikut tips sukses menjadi reseller pemula.

Apa manfaat yang anda rasakan dengan hadirnya dunia digital ini ?, jika ada masukan dan juga kritik untuk artikel ini, boleh sertakan di kolom komentar. Kami akan sangat berterimakasih akan hal itu.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey, Apa Kabar Anda !

Sebelum anda pergi izinkan kami memberikan update artikel menarik dan bermanfaat lainnya untuk anda.

Salam Hangat Onlenkan Indonesia