Kinerja ponsel melambat, cobalah cara ini

81 / 100
kinerja ponsel melambat
Sumber Gambar : pixabay.com

Perangkat smartphone merupakan perangkat paling tinggi intensitas penggunaannya bagi setiap orang. Bahkan ketika anda bersantai atau menunggu sesuatu sering kali anda menggunakan perangkat smartphone ini terus menerus. Dengan adanya smartphone, orang yang merasa dirinya sendirian pun akan menjadi seperti mempunyai teman dekat. Ini mengapa smartphone dapat dikatakan sebagai perangkat utama manusia. Baik untuk hiburan, pekerjaan, aktifitas perbankan, meeting, belajar, aktifitas jual beli dan lain sebagainya. Rasanya seperti sudah ter-cover oleh perangkat yang satu ini. Dengan adanya smartphone, orang bisa mengerjakan apapun dan dimanapun. Namun perangkat pun sama halnya dengan manusia. Ada titik kelelahannya. Bedanya mungkin dari respon yang dikeluarkan.

Manusia ketika lelah akan muncul respon ngantuk yang luar biasa baik itu karen terlalu lama bekerja non stop ataupun hal lainnya. Sama halnya dengan smartphone ketika mereka non stop anda gunakan maka akan muncul berbagai respon seperti panas, lemot, full memori dan bentuk crash lainnya. Hal seperti ini tentu memunculkan rasa kecewa bagi anda. Apalagi jenis smartphone yang anda gunakan ini memiliki harga hingga puluhan juta rupiah. Tentu ini memunculkan spekulasi yang membingungkan bagi anda. Apakah yang perlu dilakukan jika perangkat sudah mulai berada di titik tersebut. Namun harap berhati-hati karena dampaknya ada yang bisa menyebabkan kerusakan yang permanen. Disaat pertama kali anda membeli perangkat tersebut rasanya sangat lancar dan cepat sekali kinerjanya. Namun setelah beberapa bulan digunakan kinerjanya menurun.

Belajar dari opini dan fakta tersebut bahwa semua itu bersumber dari seperti apa pemakaian yang anda lakukan. Sering kali kita merasa bahwa smartphone kita memiliki kapasitas dan kemampuan yang canggih dengan ruang data yang besar. Dengan hal tersebut anda bisa instal dan simpan aplikasi ataupun data sebanyak mungkin. Hati-hati dalam hal ini. Ketika hal tersebut memang telah terjadi sebelum anda membaca artikel ini, kami akan bantu anda memberikan solusi ataupun cara agar kinerja smartphone anda berjalan dengan normal kembali. Berikut cara yang cukup ampuh untuk mengembalikan kinerja ponsel anda seperti pertama kali anda membelinya. 

Berikut cara ampuh memperbaiki kinerja ponsel

Sumber Gambar : pixabay.com

1. Bersihkan atau backup gambar tak terpakai

Ini mendasar sekali. Semakin banyak gambar yang tersimpan di ponsel anda otomatis kapasitas penyimpanan pun semakin berkurang. Ini sejalan juga dengan kinerja ponsel yang anda gunakan. Untuk gambar memiliki pengaruh yang cukup tinggi. Setiap gambar asli tanpa kompresi biasanya menghasilkan resolusi dan ukuran yang besar. Itu untuk satu gambar. Semakin banyak gambar yang tersimpan maka ruang data ponsel anda hanya habis dengan file ini saja. Untuk itu bersihkan gambar yang memang sudah tidak terpakai atau anda bisa membackup-nya terlebih dahulu di penyimpanan online.

2. Hapus atau nonaktifkan aplikasi tak terpakai

Sama halnya dengan file gambar. Instalasi aplikasi sering kali memunculkan masalah-masalah lain. Di beberapa aplikasi sering kali mereka ditunggangi dengan pop-up iklan yang secara tidak sadar itu terhubung ke jaringan internet ponsel anda. Dimana pada akhirnya memunculkan berbagai malware yang tidak kita sadari. Terapkan sikap selektif ketika menginstal aplikasi di ponsel anda. Gunakan yang memang itu penting untuk anda. Bila anda telah memasang aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan tidak terpakai, segera uninstal aplikasi tersebut. Pasalnya aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai itu tidak berperan aktif dalam aktifitas anda. Hanya memenuhi ruang data ponsel anda saja.

Jika di kemudian hari memungkinkan anda akan menggunakannya bisa dinonaktifkan terlebih dahulu. Namun ada baiknya apabila kemungkinan untuk digunakan dalam jangka waktu tak menentu dan lama sekali, lebih baik uninstal saja. Ketika nanti anda memerlukannya bisa instal ulang kembali. Caranya pun cukup mudah dan mungkin di semua smartphone memiliki kemiripan cara. Cukup masuk ke pengaturan dan pilih application.

Lihat mana aplikasi yang benar-benar menyita ruang yang cukup besar. Pertimbangkan fungsionalitas dari aplikasi tersebut. Jika memang kurang begitu diperlukan bisa anda uninstal. Dan jika ada aplikasi yang tidak terpakai sama sekali, meskipun berukuran kecil baiknya langsung diuninstal saja. Pastikan anda benar-benar selektif ketika menginstal aplikasi baik itu game ataupun yang lainnya. 

3. Bersihkan cache aplikasi pada ponsel anda

Cache merupakan data yang tersimpan sementara di memori telepon pada saat anda menggunakan aplikasi ponsel anda. Dari setiap aplikasi yang telah digunakan akan menghasilkan file cache tersendiri. Maka dari itu file cache ini akan membutuhkan ruang penyimpanan dan sistem operasi akan menghasilkan file cache dari setiap penggunaan aplikasi-aplikasi yang lain. Dengan demikian file cache ini berpengaruh terhadap kapasitas ruang penyimpanan data di ponsel anda dan usahakan untuk menghapusnya secara rutin.

File cache ini tersimpan secara otomatis saat anda telah menggunakan aplikasi. Tujuan dari tersimpannya file cache ini yaitu untuk mempercepat anda saat membuka kembali aplikasi di lain waktu dan ini cukup bermanfaat untuk anda. Namun jika file cache ini dibiarkan terus menerus menumpuk maka kapasitas memori ponsel anda akan terkikis penuh dengan file cache ini saja. Dan tentunya ini akan berdampak pada kinerja perangkat anda.

Agar kinerja ponsel anda lebih ringan dan tidak cepat panas hapuslah file cache ini dengan masuk ke pengaturan lalu pilih aplikasi. Pada saat itu biasanya anda akan menemukan 2 pilihan antara copot pemasangan dan hapus file cache. Di beberapa ponsel langah ini hampir semuanya mirip. Jika ada perbedaan pun tidak akan terlalu rumit untuk mencarinya. 

Namun jika di perangkat anda sudah terpasang aplikasi CC Cleaner atau Clean Master ini akan lebih memudahkan. Semua file-file sampah termasuk cache akan dibersihkan disini. 

4. Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis ini merupakan sebuah fitur pada ponsel yang fungsinya yaitu untuk sinkronisasi antara ponsel dengan server dari setiap akun yang digunakan pada ponsel tersebut. Sinkronisasi otomatis ini bekerja dengan cara memberikan pemberitahuan seputar update terbaru dari berbagai akun yang telah disinkronkan. Seperti pemberitahuan email masuk, facebook notification, instagram notification dan sebagainya. 

Sinkronisasi otomatis ini berpengaruh pada kinerja ponsel anda. Semakin banyak sinkronisasi maka perangkat semakin rentan kelambatan dari kinerja ponsel anda. Maka dari itu untuk menghindari kinerja ponsel anda menjadi lambat, pilihlah beberapa aplikasi yang memang penting untuk sinkronisasi otomatis dengan akun anda. Biasanya cukup e-mail saja untuk sinkronisasi otomatis ini. Untuk pengaturannya anda bisa telusuri sesuai dengan type ponsel yang anda gunakan.

5. Instal aplikasi anti virus / cleaner

Aplikasi antivirus / cleaner ini banyak sekali sebenarnya. Namun jika memang bisa gunakan yang berbayar agar lebih terproteksi dengan baik. Jika memang tidak memungkinkan, anda cukup instal beberapa aplikasi rekomendasi seperti CC Cleaner atau Clean Master. Ini akan membantu anda dalam melakukan management file atau aplikasi di ponsel yang digunakan. 

6. Pasang Memori Eksternal

Penggunaan memori eksternal ini rasanya akan membantu anda dalam management file yang tersimpan di ponsel anda. Mengapa demikian, karena jika management file anda rapih dan terpisah di dalam ruang memori yang berbeda yaitu internal an eksternal, maka akan berpengaruh pada kinerja perangkat yang anda gunakan. Jika semua data anda gabungkan hanya di memori internal saja tentu kapasitas tersebut akan cepat penuh. Seiring dengan penggunaan ponsel saat ini yang cukup padat sekali aktifitasnya dan memerlukan ruang yang cukup besar rata-ratanya maka diperlukan memori eksternal untuk mengantisipasi masalah kinerja ponsel kedepannya.

7. Reset data atau kembali ke setelan pabrik

Ini Opsi terakhir dari beberapa solusi di atas. Jika benar-benar ponsel anda blank maka gunakan opsi ini. Namun sebelum tahap ini anda lakukan, alangkah baiknya untuk melakukan backup terlebih dahulu semua data-data anda. Baik itu disimpan di online ataupun perangkat laptop anda. Opsi ini bisa menghapus seluruh data termasuk aplikasi yang anda gunakan dan anda harus melakukan download ulang untuk menggunakan aplikasi-aplikasi yang telah anda instal sebelumnya. Untuk opsi ini sebenarnya cukup bagus untuk sistem operasi ponsel anda, bisa lebih awet dan jauh dari malware ataupun virus. 

Dari beberapa cara di atas gunakan sesuai dengan porsi dan permasalahan yang terjadi dengan ponsel anda. Termasuk kategori ringan, sedang ataupun berat. Anda bisa mempertimbangkannya agar ponsel anda terlindungi secara system dengan baik. 

Terimakasih semoga anda sehat selalu dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *