Install zoom meeting dan cara penggunaannya

84 / 100
Install zoom meeting
Sumber Gambar : pixabay.com

Install Zoom Meeting – Video Conference kini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Terlebih dengan adanya kebutuhan di masa pandemi covid 19. Kini hampir setiap orang baik itu untuk keperluan bisnis, pekerjaan, pendidikan menggunakan video conference untuk tetap terhubung dalam aktifitas tersebut.

Dengan menggunakan video conference setiap kegiatan yang biasanya dikerjakan di luar rumah kini bisa cukup dikerjakan di rumah. Seperti aktifitas meeting, forum diskusi, wawancara, penyuluhan, ceramah dan sejenisnya.

Ada berbagai platform yang dapat digunakan untuk aktifitas video conference seperti Zoom Meeting. platform ini sebenarnya sudah lama sekali hadir di tengah-tengah para pengguna video conference. Namun mulai booming di tahun 2020 ini karena pandemi.

Hadirnya platform ini membawa kemudahan bagi setiap orang untuk tetap terhubung dengan berbagai aktifitas pekerjaannya. Hadirnya konsep WFH (Work From Home) menjadi magnet tersendiri untuk penggunaan video conference ini. Berikut penjelasan platform zoom meeting yang saat ini banyak digunakan setiap orang untuk aktifitas WFH (Work From Home).

Zoom Meeting

Zoom meeting merupakan sebuah platform layanan video conference berbasis cloud computing. Dengan platform ini anda akan lebih mudah untuk bertemu dan berinteraksi jarak jauh secara online dengan banyak orang. Adapun jenis fitur layanan dari platform ini yaitu berupa panggilan video maupun panggilan suara. Menariknya lagi setiap aktifitas di platform ini bisa di record dan anda bisa memutarnya kembali jika diperlukan.

Melihat kecanggihan dari zoom meeting ini ternyata dibangun oleh Eric Yuan yang kemudian dirilis pada tahun 2013. Platform zoom meeting ini dapat digunakan melalui halaman website dan juga aplikasi. Anda dapat menggunakan zoom meeting ini di hp, pc ataupun laptop. Selain itu zoom meeting juga support di berbagai sistem operasi seperti windows, linux, iOS, Mac OS dan juga android.

Manfaat penggunaan zoom meeting

Penggunaan zoom meeting ini telah menghadirkan banyak manfaat bagi setiap penggunanya. Bahkan aktifitas kenegaraan pun menggunakan platform zoom meeting ini. Adapun manfaat yang diterima ketika menggunakan platform zoom meeting ini yaitu sebagai berikut :

  • Zoom meeting menghadirkan kualitas gambar / video terbaik (HD).
  • Untuk satu tema video conference dapat menampung kapasitas user hingga 100 orang bahkan lebih jika menerapkan fitur add on.
  • Aktifitas video conference dapat di record untuk diputar kembali di lain waktu ketika dibutuhkan.
  • Meminimalisir waktu interaksi tanpa harus bertemu secara fisik (interaksi jarak jauh).

Fitur- fitur zoom meeting

Zoom meeting ini pada dasarnya tidak hanya layanan video ataupun suara semata. Ada beragam fitur yang dikonsep secara terstruktur sesuai dengan keperluan aktifitas video conference pada umumnya. Dengan zoom meeting anda dapat mengelompokan diskusi untuk tiap-tiap orang. Adapun fitur-fitur zoom meeting ini yaitu sebagai berikut : 

  • Presentasi satu arah

Presentasi satu arah ini maksudnya anda dapat bertindak sebagai narasumber untuk sebuah group untuk membahas topik tertentu. Seperti memberikan tutorial, kursus online dan sejenisnya. Jadi disini setiap orang yang telah bergabung di forum anda cukup mendengarkan apa yang anda jelaskan dimana audio mereka selama narasumber berbicara di nonaktifkan. Kemudian ketika masuk pada sesi tanya jawab atau diskusi, maka akan di aktifkan kembali sesuai kebutuhannya.

  • Rapat Group 

Rapat group ini memungkinkan anda melakukan interaksi dua arah secara bersamaan, namun tentunya sesuai dengan kebutuhan. Dengan fitur rapat group ini anda dapat melakukan rapat besar dengan kapasitas hingga mencapai ratusan orang dengan catatan anda mengupgrade fitur add on (berbayar) di zoom meeting tersebut. Selain itu juga anda dapat melakukan rapat group dengan skala user yang joint di bawah kapasitas tersebut. Dan tentunya ini masih dalam akun gratis dengan waktu yang dibatasi selama kurang lebih 40 menit saja.

  • Screen Sharing

Screen sharing ini memungkinkan setiap user dapat bertemu dan berinteraksi dengan konsep dimana anda dapat berbagi layar dengan peserta atau user lain, sehingga mereka dapat melihat apa yang anda lihat. Pada umumnya fitur ini digunakan dalam aktifitas presentasi dengan client ataupun konsumen dari bisnis anda. Seperti menjelaskan aplikasi ataupun halaman website yang telah dibuat oleh anda kepada client. Kemudian dengan fitur screen sharing ini anda dapat berinteraksi pesan dengan user yang ada di forum namun bersifat jaringan pribadi.

  • Video Record

Video record ini sangat membantu sekali ketika anda ingin merekam pembicaraan dari mentor ataupun narasumber yang membahas dan menjelaskan topik tertentu. Dan apa yang disampaikan ini akan anda perlukan di lain waktu untuk pemahaman lebih mendalam dari apa yang disampaikan. Terkadang kita tidak dapat merekam pembicaraan ilmiah yang dijelaskan secara menyeluruh saat itu juga, artinya anda akan memerlukan kembali untuk mengingat apa yang disampaikan narasumber tersebut. Maka fitur video record ini sangat tepat hadir dalam layanan zoom meeting.

Dari beberapa fitur zoom meeting tersebut anda dapat melakukan aktifitas webinar, telepon ataupun kirim pesan, zoom Meeting, zoom room dan sebagainya. Untuk zoom room ini sedikit berbeda dengan zoom meeting. Zoom room ini memungkinkan suatu diskusi dari ruangan yang berbeda menjadi berada dalam satu ruangan secara virtual.

Cara install zoom meeting dan penggunaannya

Penggunaan zoom meeting ini dapat digunakan dalam berbagai cara baik itu melalui halaman website secara langsung ataupun dengan melakukan instalasi aplikasi terlebih dahulu. Proses instalasi ini dapat dilakukan dengan menyesuaikan perangkat yang akan anda gunakan. Disini akan dijelaskan dengan menggunakan perangkat komputer yang menggunakan sistem operasi windows dan juga perangkat ponsel dengan sistem operasi android. Zoom meeting ini dapat digunakan di perangkat komputer maupun smartphone.

  • Perangkat komputer dengan sistem operasi windows

Jika  anda ingin menggunakan zoom meeting pada perangkat komputer ataupun laptop dengan sistem operasi windows maka langkah pertama yaitu buka terlebih dahulu browser yang anda gunakan, dan pastikan akses internet sudah terkoneksi dengan baik. Kemudian ketikkan zoom cloud meeting di browser anda, maka akan muncul versi zoom cloud meeting versi terbaru yaitu 5.4.3 yang dirilis pada 16 November 2020. Kemudian unduh zoom cloud meeting secara gratis dan tunggu proses download selesai. Lalu lakukan proses instalasi dan zoom clodu meeting siap digunakan.

  • Perangkat smartphone dengan sistem operasi android

Jika anda ingin menggunakannya di perangkat smartphone maka anda dapat melakukan instalasi dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi zoom cloud meeting di playstore, lakukan instalasi dan zoom cloud meeting siap digunakan.

Penggunaan zoom meeting pada perangkat smartphone iphone juga sama. Hanya perbedaannya jika di iphone anda mengunduhnya melalui appstore. Termasuk penggunaan zoom meeting pada perangkat tablet. Kemudian proses penggunaan zoom meeting menggunakan halaman website dan berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, kunjungi halaman website berikut : Zoom meeting, kemudian klik tombol sign up, it’s free. Halamannya seperti berikut.
Sumber Gambar : zoom meeting
  • Kedua, anda akan diminta untuk mengisi form verifikasi dengan menggunakan tanggal lahir anda seperti berikut dan klik continue.
Sumber Gambar : zoom meeting
  • Ketiga, anda akan diminta untuk mengisi email yang akan anda gunakan untuk membuat sekaligus verifikasi akunnya. Halamannya seperti berikut.
Sumber Gambar : zoom meeting
  • Keempat, anda akan menerima pesan email dari zoom meeting untuk proses verifikasi dan anda diarahkan untuk melakukan login kembali setelah terverifikasi.
  • Kelima, jika anda sudah berhasil login di platform zoom meeting maka akun anda siap digunakan. Untuk halaman dashboard-nya seperti berikut.
Sumber Gambar : zoom meeting

Penutup

Video conference kini semakin digunakan setiap orang, baik untuk aktifitas kerja, belajar, forum diskusi, presentasi dan sebagainya. Dengan hadirnya zoom meeting aktifitas-aktifitas tersebut semakin terbantu untuk tetap terhubung secara jarak jauh. Ditambah lagi dengan hadirnya pandemi ini.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada pertanyaan ataupun saran dan sejenisnya silahkan tuliskan di kolom komentar. Terimakasih.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey, Apa Kabar Anda !

Sebelum anda pergi izinkan kami memberikan update artikel menarik dan bermanfaat lainnya untuk anda.

Salam Hangat Onlenkan Indonesia