Mengenal Hosting, Server Lokal dan Domain

79 / 100
Hosting dan domain
Sumber Gambar : pixabay.com

Halaman website merupakan bagian tak terlepaskan lagi saat anda berselancar di dunia Internet. Apapun yang anda akses di halaman browser baik itu desktop ataupun smartphone maka akan ditampilkan dalam bentuk halaman website. Dengan url tertentu anda dapat mengakses sebuah halaman website yang diinginkan. Perlu anda ketahui dan cermati bahwa sebenarnya ada point dasar yang harus dipahami baik itu sebagai developer, pengguna ataupun yang lainnya. Karena ini sudah menjadi bahasa publik terutama di dunia pekerjaan apapun. Simpelnya seperti ini : Ada halaman website ada alamatnya dong. Nah disini kami akan jelaskan secara teori yang analoginya seperti sebuah rumah. Dimana sebidang tanah merupakan Lokasi / hosting website anda tersimpan, alamat rumah disebut dengan domain, dan rumah merupakan halaman website anda. Sementara Server lokal merupakan lokasi individu yang dapat anda gunakan untuk keperluan hosting halaman website yang telah anda bangun dan diupload di dalamnya dengan menggunakan alamat atau domain tertentu.

Berikut Penjelasan Hosting, Server lokal dan Domain

Apa itu Hosting ?

Sumber Gambar : pixabay.com

Hosting merupakan sebuah lokasi atau tempat penyimpanan halaman website yang berisikan file berupa script koding, gambar, text, video dan audio. Hosting ini pada umumnya berupa space data dengan ukuran megabyte, gigabyte dan sebagainya dimana dapat menyimpan file-file tersebut. Hosting tersedia di berbagai perusahaan yang memberikan layanan hosting. Dan pastinya beranekaragam pula untuk harga dan juga kapasitasnya. Nah layanan hosting inilah yang memastikan halaman website anda dapat diakses melalui browser internet. Maka dari itu hosting merupakan hal fundamental ketika anda ingin membuat halaman website yang nantinya dimuat di internet. 

Selain kapasitas hosting, layanan ini juga biasanya memberikan beberapa fitur tambahan. Baik untuk backup data ataupun keamanan website. Fitur tersebut dimulai dari yang gratis hingga berbayar dengan porsinya masing-masing. Tujuannya agar website anda semakin profesional, berkualitas dan terjamin keamanannya. Terlepas dari hal tersebut beberapa dari perusahaan layanan hosting biasanya memberikannya secara gratis dan satu paket dengan pembelian hosting. Berikut beberapa layanan tambahan tersebut yang harus anda ketahui :

  • E-mail Hosting. Misalkan ingin menggunakan ekstensi perusahaan sendiri seperti : yandiahmad@onlenkanindonesia.com.
  • Sertifikat SSL seperti https://.
  • Backup data halaman website otomatis mulai dari per 24 jam, per minggu, per bulan, dst.
  • Deployed software Installation (Seperti WordPress).
  • Development tools.

Jenis-Jenis Hosting

Sumber Gambar : pixabay.com

Setelah anda memahami apa itu hosting, berikut kami akan deskripsikan jenis-jenis hosting apa saja yang biasanya ditawarkan oleh beberapa perusahaan layanan hosting. Apa saja ya ?. Berikut penjelasannya.

Cloud Hosting

Cloud Hosting merupakan sebuah layanan hosting yang memberikan fasilitas agar pengguna dapat menyimpan data baik itu teks, gambar, video dan audio secara virtual dimana dengan menggunakan multiple server yang saling terhubung antara server yang satu dengan yang lainnya. Layanan cloud hosting ini muncul pertama kali oleh John McCharty pada tahun 1960-an. Hingga kini Cloud Hosting ini banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar seperti Amazon dan google.

Adapun Keuntungan yang didapatkan ketika anda menggunakan layanan cloud hosting yaitu sebagai berikut :

  • Keamanan data akibat pencurian, penyadapan ataupun human error lebih terkendali.
  • Pengelolaan website lebih mudah.
  • Halaman website cepat diakses.
  • Tingkat stabilitas atau performa hostingnya lebih tinggi. Ini berkaitan dengan kecepatan akses website itu sendiri.
  • Ketersediaan data dapat diakses selama 24 jam.
  • Harga yag terjangkau.

Shared Hosting

Shared Hosting merupakan sebuah layanan hosting dimana account hosting dapat tersimpan di satu server yang sama. Shared hosting ini banyak digunakan oleh para pemula hingga expert yang tujuan pembuatan website atau blog-nya bersifat sederhana. Adapun keuntungan dari shared hosting ini yaitu sebagai berikut :

  • Cocok digunakan ketika anda pengguna pemula di dunia website atau blogger.
  • Management c-panel yang cukup mudah.
  • Maintenance atau perawatannya dilakukan oleh penyedia layanan yang anda gunakan. 
  • Harga yang terjangkau.

VPS Hosting (Virtual Private Server)

VPS Hosting atau kependekan dari Virtual Private Server merupakan sebuah server fisik yang terbagi ke dalam beberapa server vitual. Ketika anda menggunakan layanan VPS Hosting ini maka anda dapat berbagi server dengan pengguna yang lain. Namun dalam hal ini setiap penyedia layanan hosting telah membagi space anda di servernya. VPS bekerja seakan seperti sebuah server yang berdiri sendiri. Setiap VPS dapat melakukan add, modify dan delete file apa saja. VPS ini biasanya digunakan oleh perusahaan dengan lalu lintas kunjungan website skala tinggi dan perusahaan besar. Adapun keuntungan dari VPS Hosting ini yaitu sebagai berikut : 

  • Pengelolaan dapat dilakukan sendiri.
  • Memiliki akses root ke server.

WordPress Hosting

WordPress Hosting merupakan suatu layanan hosting yang disediakan untuk pengguna Content Management System (CMS). Ini sangat memudahkan sekali jika anda merupakan pemula. Mengapa karena disini anda tidak perlu memahami secara khusus skill pemrograman, keamanan dan juga kecapatannya. Di WordPress Hosting ini anda bisa lebih fokus pada konten yang akan anda buat. Adapun keuntungan yang anda dapatkan ketika menggunakan layanan ini yaitu sebagai berikut :

  • Free tema WordPress.
  • Mudah digunakan bagi pemula.
  • Proses instalasi yang cukup satu kali eksekusi (Deployed Instalation).
  • Harga yang terjangkau dan relatif murah.
  • Menyediakan berbagai Plug-in yang gratis dan siap digunakan.
  • Backup data otomatis.

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting merupakan sebuah server dengan spesifikasi yang cukup besar. Pada umumnya server ini berupa server fisik yang dapat dikontrol dan digunakan secara mandiri untuk keperluan bisnis perusahaan. Dedicated Hosting ini difokuskan pada satu website perusahaan sehingga akan bersifat fleksibel. Namun layanan jenis ini cukup mahal jika digunakan untuk skala pribadi. Beberapa perusahaan sekelas unicorn saat ini banyaka menggunakan jenis yang satu ini seperti tokopedia, bukalapak, shoppe, dll.  Adapun keuntungan yang didapatkan jika menggunakan jenis ini yaitu sebagai berikut :

  • Akses server yang cepat.
  • Mudah dimodifikasi.
  • managemen dan kontrol penuh untuk konfigurasinya.
  • Security yang sangat baik.

Server Lokal

Server lokal
Sumber Gambar : pixabay.com

Memiliki website ataupun blog tidak terlepas dari peranan server. ini bisa jadi berkaitan dengan akses dan kecepatan dari website ataupun blog anda. Nah ketika anda ingin memiliki website atau blog dengan kinerja yang sangat baik, coba perhatikan dalam pemilihan servernya. Penggunaan server ini sebenarnya ada 2 kategori yaitu server lokal (Indonesia Internet Exchange) dan server interlokal. Namun disini akan dibahas seputar server lokal saja. Mengapa demikian ?_Berhubung ini di Indonesia, maka akan dibahasnya server lokal. Dengan penggunaan server lokal ini koneksinya cepat dan stabil ketika diakses di negara kita dan tidak terpengaruh dengan konektivitas dari luar negeri. Adapun beberapa server lokal yang wajib anda ketahui yaitu sebagai berikut :

Domainesia

Hosting lokal
Sumber Gambar : Domainesia

Domainesia merupakan sebuah perusahaan jasa layanan hosting dan juga domain lokal dimana mereka berfokus pada kualitas tanpa mengorbankan biaya yang tinggi. Dimulai dengan jenjang perusahaan kecil atau bisa dibilang startup mereka tumbuh dan berkembang sejak tahun 2009 sebagai penyedia web hosting yang andal, terukur dan  aman untuk berbagai sektor bisnis dengan segala ukuran. Domainesia memberikan layanan SSD supercepat, Instant deploy, support IPv6, passionate support, dll.

Hostinger

Hosting lokal
Sumber Gambar : Hostinger

Hostinger merupakan suatu layanan penyedia hosting dan juga domain. Saat ini hostinger memberikan layanan hosting dengan diskon hingga 90% dimana yang semula seharga Rp. 89.000 menjadi Rp.8.900. Layanan hostinger yang satu ini mendapatkan 1 halaman website, 1 akun email dengan bandwidth 100 gb, gratis sertifikat SSL dan 1X allocated resource. Hostinger merupakan layanan hosting yang memberikan setup yang mudah dan control panel yang user friendly.

Niagahoster

hosting lokal
Sumber Gambar : Niagahoster

Niagahoster merupakan perusahaan layanan penyedia hosting dan domain yang ada di Indonesia. Paket hosting mereka bermacam-macam. Bahkan ada yang termurahnya mereka berikan nama kategorinya bayi. Kini niagahoster tengah memberikan diskon hosting hingga 75%. Biaya hemat kualitas hebat adalah bagian dari pemasaran niagahoster. 

Untuk penjelasan server lokal ini kami hanya merekomendasikan 3 penyedia layanan hosting dan domain yang bisa anda coba. Meskipun sebenarnya masih banyak sekali perusahaan yang lainnya. Menindaklanjuti kebutuhan anda akan layanan hosting tersebut, anda bisa mempertimbangkannya dari kebergunaan dan juga fitur yang mereka tawarkan. Sesuaikan dengan kebutuhan website yang akan anda buat. Seperti kecepatannya, keamanan, anggaran biaya, space, dan fitur yang lainnya.

Apa itu Domain ?

domain
Sumber Gambar : pixabay.com

Domain merupakan alamat yang digunakan untuk mengakses website yang telah anda hosting di internet. Secara umum domain ini semulanya berupa angka-angka rumit atau dikenal dengan IP address yang diterjemahkan ke dalam ekstensi yang lebih mudah diingat. Domain ini merupakan sebuah ekstensi untuk mengidentifikasi website yang telah dihosting. Seperti .com.co.id, .id.space.go.id.web.id, dan lain sebagainya. 

Jenis-Jenis Domain

Top Level Domain

Top level domain ini biasanya digunakan untuk halaman website untuk kepentingan komersial seperti .com.net.org.edu. Top level domain ini merupakan segmen terakhir yang diawali dengan nama domain. Top level domain juga dibagi ke dalam 2 kategori yaitu Country Specific Top Level Domain dan Generic Top Level Domain. Sebenarnya top level domain ini dapat dijadikan acuan untuk website tersebut. Seperti negara asal, kepemilikan situs dan profesionalitas perusahaan pemilik website tersebut. Mengapa ?_karena ketika anda mendaftar dan membeli domain ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi berkenaan dengan perusahaan atau lembaga yang akan dibuat websitenya. Untuk website pribadi pun ada ketentuannya.

Generic Top Level Domain

Generic Top Level Domain ini semula digunakan sebagai domain khusus untuk sebuah instansi seperti pendidikan ataupun militer. Seperti .edu ataupun .mil. Generic top level domain merupakan domain global dimana masuk dalam berbagai jenis pengguna. Baik itu untuk keperluan komersil, organisasi, jaringan, individu, bisnis, berita dan platform lainnya. 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *