Fitur tersembunyi WhatsApp yang jarang diketahui

75 / 100
Sumber Gambar : pixabay.com

Aplikasi WhatsApp kini menjadi trending dan populer sebagai aplikasi chatting yang mudah dan praktis dalam penggunaannya. Untuk chatting personal, urusan pekerjaan, sharing group, dll. Seiring dengan perkembangannya, kini aplikasi WhatsApp mengalami berbagai pembaharuan fitur yang jarang sekali orang mengetahuinya. Bahkan bukan hanya email saja yang bisa digunakan untuk mengirim banyak pesan dalam 1 kali eksekusi, WhatsApp juga ada yaitu namanya WhatsApp Blast. Dengan fitur ini anda bisa meningkatkan penjualan untuk bisnis atau usaha anda.

Berikut Fitur tersembunyi WhatsApp yang jarang diketahui

1. Anda bisa chatting dengan diri sendiri

Sumber Gambar : pixabay.com

Ini unik sebenarnya walaupun terkesan seperti orang gila chatting dengan diri sendiri. Mungkin dari jutaan bahkan miliaran pengguna aplikasi WhatsApp ini ada yang memerlukan fitur yang satu ini. Adapun caranya agar anda dapat menggunakan fitur ini yaitu dengan menyimpan nomor pribadi anda yang digunakan sebagai nomor WhatsApp di kontak hp, lalu berikan label atau nama yang berbeda dari nama utama anda di WhatsApp. Kemudian fitur yang satu ini juga dapat membantu anda mentransfer apapun untuk pindah ke dalam chat room dimana anda tidak memerlukan sharing atau koneksi bluetooth.

2. Anda bisa menyematkan chat yang penting (pin)

Dalam setiap percakapan WhatsApp tentu saja anda akan memiliki percakapan, informasi yang sangat penting atau urgent bagi anda. Apalagi jika anda termasuk orang pelupa atau banyak sekali deadline harian sehingga anda perlu ada semacam alarm atau pengingat. Agar anda dapat mengaktifkan atau menggunakan fitur ini yaitu dengan cara menahan salah satu percakapan yang akan anda sematkan, kemudian tekan tombol pin di toolbar atas WhatsApp anda. Untuk fitur ini hanya berlaku untuk 3 percakapan saja maksimalnya. Ini sangat berfungsi jika anda seorang pekerja. Berikut screenshot layarnya. 

Sumber Gambar : pixabay.com

3. Mengarsipkan chat

Fitur ini berfungsi untuk menyimpan chat tertentu yang anda terima dari orang lain dimana seakan-akan chat tersebut sudah anda baca. Dan disini anda ingin menghilangkannya dari halaman chatting anda tapi tidak menghapusnya secara permanen. Maka anda bisa gunakan fitur ini. Adapun caranya yaitu dengan menahan salah satu chat yang ingin anda arsipkan, lalu tekan logo arsipkan di menu bar atas. 

Untuk fitur ini, ketika anda menekan menu archive tersebut maka secara otomatis chat anda akan disembunyikan. Namun jika anda memerlukan kembali pesan tersebut atau ada pesan masuk dari yang bersangkutan maka akan otomatis muncul kembali.

4. Anda bisa membuat huruf cetak tebal, miring dan dicoret

Cara yang satu ini terbilang unik juga. Namun fitur yang satu ini memang tidak ada di bagian menu WhatsApp-nya. Anda hanya memerlukan penambahan tanda bintang ‘*’ saja ke bagian pesan yang ingin anda kirimkan di bagian awal dan akhir kata atau kalimat. Contohnya : *tes*.

Kemudian untuk membuat tulisan pesan miring (italic) maka anda cukup menambahkan tanda garis seperti contoh berikut ini. _tes pesan miring_, lalu tekan enter. Maka secara otomatis pesan anda akan terkirim berbentuk miring.

Kemudian untuk mencoret sebuah pesan yang menandakan pesan itu tidak diperlukan maka anda cukup menambahkan tanda seperti ini ‘~’ ke bagian pesan yang akan dikirim namun dalam kondisi dicoret. Contohnya sebagai berikut : ~ini tidak diperlukan lagi~.

Baca juga ini :

5. Security / keamanan WhatsApp anda

Sumber Gambar : pixabay.com

Aplikasi WhatsApp kini memiliki fitur tambahan untuk security atau keamanan pengguna WhatsApp itu sendiri. Dimana fitur tersebut adalah anda bisa mengunci WhatsApp anda menggunakan sidik jari sendiri. Ketika WhatsApp anda tidak ingin ada yang isengin atau membajak istilahnya, maka anda bisa menggunakan fitur ini. Caranya pun cukup mudah yaitu anda masuk ke pengaturan terlebih dahulu, kemudan ketuk privasi dan fingerprint, lalu setelah melakukan proses scanning sidik jari anda tutup dahulu WhatsApp. Maka kemudian ketika anda ingin membuka WhatsApp kembali maka akan ada penguncian dengan scan sidik jari sebelum anda masuk ke halaman chatting.

Kini aplikasi WhatsApp semakin hari semakin bertambah untuk fitur penggunaannya. Belakangan ini juga muncul dengan tema dark mode. Usut punya usut aplikasi WhatsApp juga akan mengupgrade agar WhatsApp dapat digunakan di berbagai perangkat dengan 1 nomor WhatsApp seperti milik apple yaitu iMessage. Ketika selama ini orang bisa membuka WhatsApp dengan WhatsApp web maka hal tersebut kemungkinan akan berubah kembali. Kita lihat saja kedepannya seperti apa ya upgrade fiturnya. Bahkan denger-denger akan mirip instagram juga ada fitur boomerang-nya. Semoga semakin kece dan keren ya. 

Terimakasih selamat berkunjung kembali di artikel berikutnya.

2 Comments

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *