Drupal untuk Pemula

77 / 100
Drupal
Sumber Gambar : pixabay.com

Populernya Content Management System patut diperhitungkan di industri website saat ini. Tidak terkecuali dengan drupal. Hadirnya platform ini membuktikan bahwa CMS itu sangat diperlukan untuk membangun website dengan cepat. Di Indonesia, drupal masih cukup populer dan banyak digunakan. Ingin tahu lebih dalam terkait CMS drupal ini ?. Yuk lanjutkan membacanya.

Pengertian Drupal

Drupal merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai Content Management System yang bersifat bebas dan juga terbuka. Pengembangan drupal ini dilakukan oleh ribuan komunitas yang tersebar di berbagai negara di dunia.

Melihat pasar penggunaan drupal di Indonesia tak dapat diragukan lagi untuk persaingannya. Drupal hadir dan diciptakan oleh Dries Buytaert pada tahun 1978 di Belgia. Hadirnya drupal ini bermula dari ketidaksengajaan Dries saat berkumpul dengan teman-temannya di sebuah kampus. Pada saat itu Dries sedang melakukan aktifitas belajar dengan menggunakan Internet nirkabel. Dari sinilah Drupal bermula. Dari aktifitas ini Dries melihat adanya intensitas komunikasi yang cukup sering dalam project ini.

Maka dari itu Dries menangkap sebuah peluang untuk membuat sebuah aplikasi atau platform dengan tema forum diskusi. Ini berjalan hingga Dries lulus dari kampus tersebut. Kemudian setelah lulus, Dries memutuskan untuk memindahkan media komunikasi tersebut ke dalam sebuah halaman website agar dapat digunakan oleh semua orang hingga ke seluruh dunia.

Drupal dikenal akan kemampuannya untuk membangun website jenis apapun. Dengan kata lain ini semua karena drupal hadir sebagai platform yang bersifat open source dimana setiap penggunanya dapat memodifikasi halamannya sesuai keinginan.  

Dasar-dasar istilah dalam drupal

1. Node

Node merupakan satu kesatuan konten yang dimuat dalam drupal. Untuk node ini bisa berupa blog, forum, berita, halaman statis dan sebagainya. Sekumpulan node ini dibuat untuk menghasilkan sebuah halaman website atau blog berbasis Content Management Sysytem Drupal.

2. Page

Page ini merupakan sebuah halaman website secara menyeluruh mulai dari postingan, widget, menu bar, dan lain sebagainya. 

3. Path

Path merupakan bagian dari alamat URL untuk situs yang anda buat dimana alamat tersebut berada di dalam situs drupal anda. Dalam hal ini path berfungsi untuk menghubungkan anatara anda dengan akun drupal dan ketika anda mengakses path ini makan drupal secara langsung akan mengetahui informasi apa yang diperlukan oleh anda di browser pencarian. Proses ini bisa melalui satu query database ataupun lebih. 

4. Content Type

Content types adalah fitur untuk mengatur layout halaman website yang sesuai dengan jenis konten yang dibuat. Layout ini sangat berpengaruh sekali untuk tema yang akan diangkat. Jika tema dengan layout ini ada ketidakcocokan maka jangan harap website anda disenangi publik. Adapun jenis-jenis content type yang platform drupal sediakan yaitu sebagai berikut :

  • basic pages
  • event (acara)
  • discussion / diskusi
  • biblio

5. Taxonomy

Taxonomy merupakan sebuah modul dalam drupal yang dapat digunakan untuk mengkategorikan konten. Ini akan memudahkan pemilihan dan pencarian sebuah konten jika di dalam sebuah website atau blog sudah mencapai ratusan konten. Misalkan untuk kategori bisnis berapa artikel, kategori sains dan teknologi, ekonomi, politik, budaya, musik, olahraga, berita, agama dan sebagainya. Taxonomy ini bisa digunakan diluar pengkategorian konten juga.

6. Comment

Comment ini sudah tidak asing lagi. Ini merupakan suatu tanggapan baik itu berupa saran, kritik atau apapun yang dituliskan untuk mengomentari sebuah node yang telah ditulis oleh pemilik halaman website.

7. Entitas

Entitas ini tidak muncul di awal drupal dibuat. Konsep entity ini muncul pada saat drupal merilis versi ke 7. Entitas ini dapat digunakan untuk menyimpan atau menampilkan data tertentu. Entitas ini dapat berupa user, node, taksonomy atau pengembangan lainnya yang dibuat secara custom.

8. Vocabulary

Vocabulary ini pada dasarnya memiliki keterkaitan dengan taxonomy atau pengkategorian. Vocabulary ini merupakan suatu label yang dapat digunakan sebagai tempat dari kumpulan informasi.

9. Hook

Hook merupakan sebuah metodologi pada drupal yang dapat digunakan untuk setiap modul dapat menambahkan fungsi tertentu. 

Cara Instalasi Drupal

Proses instalasi drupal ini tidak jauh berbeda dengan cms yang lainnya. Ketika anda ingin menginstal drupal tentunya anda sudah memiliki langganan sewa domain dan juga hosting. Karena saat ini anda akan melakukan proses instalasi melalui c-panel layanan ini. Adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  • Masuk dahulu ke c-panel hosting anda.
  • Kemudian cari Software lalu pilih Soptaculous App Installer seperti berikut : 

  • Setelah itu anda akan masuk pada dashboard berikut :

  • Lalu di bagian dashboard anda pilih portal / cms dan pilih drupal.
  • Pilih Instal now dan isi semua data-data identitas halaman website yang ingin anda buat dengan drupal.
  • Tunggu instalasi hingga selesai dan drupal siap digunakan.

Setiap Content Management System memiliki fitur yang berbeda-beda. Ada kelebihan ada juga kekurangannya. Drupal ini merupakan CMS yang digunakan oleh sebagian developer yang memiliki pengalaman dan pengetahuan akan bahasa pemrograman. Jika anda pemula bisa saja menggunakan drupal, namun untuk pengerjaannya akan lebih lama karena banyak hal yang perlu anda pelajari disini. Selamat mencoba semoga anda berhasil. Jika ada pertanyaan sertakan di kolom komentar ya.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *