Dasar-dasar bisnis digital marketing

73 / 100
Sumber Gambar : pixabay.com

Bisnis digital marketing – Sebelumnya pernah dibahas seputar Internet Marketing. Banyak dari anda berpendapat bahwa digital marketing dengan internet marketing itu sama saja. Memang sama bentuknya pemasaran juga. Namun sebenarnya ini jelas berbeda. Digital marketing ini memiliki makna yang luas terutama seputar media marketingnya. Untuk internet marketing medianya hanya berfokus di dunia internet, dan digital marketing medianya lebih daripada itu.

Dewasa ini perkembangan digital marketing semakin menunjukan kenaikan intensitas pengguna di seluruh dunia. Terlebih dengan adanya pandemi covid 19 semakin mendorong setiap orang untuk bekerja dari rumah. Dengan adanya dunia digital marketing ini dapat menjadi media yang cocok akibat adanya pembatasan karena pandemi. Lalu apa itu digital marketing dan seperti apa dasar-dasarnya?. Yuk simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing merupakan bentuk upaya pemasaran suatu produk baik itu berupa produk fisik atau non-fisik dengan menggunakan media digital dengan harapan akan mendatangkan traffic yang potensial untuk bisnisnya. Media digital ini pun beragam, dan digital marketing ini mencakup semuanya seperti televisi, internet dan perangkat sejenis lainnya.

Adapun bentuk dari digital marketing ini banyak sekali seperti SEO (Search Engine Optimization), email marketing, content marketing, Pay per click (PPC), billboard dan televisi. Dalam dunia digital marketing ini modalnya yaitu kualitas gambar produk, video interaktif dan menarik serta teknik copywriting dengan tujuan menarik dan memunculkan rasa penasaran bagi calon pembelinya. Dengan digital marketing maka anda dapat menjangkau konsumen secara luas dengan waktu yang lebih cepat dan efisien dibanding pemasaran secara manual.

Manfaat digital marketing

Pemanfaatan digital marketing ini tentunya memberikan hasil yang positif terutama bagi perkembangan bisnis yang anda buat kedepannya. Semakin anda memaksimalkan bisnis anda di dunia digital dipastikan kesempatan anda untuk menjaring banyak konsumen semakin besar. Hampir setiap orang di seluruh dunia kini bersahabat dengan teknologi, baik itu dengan smartphone ataupun perangkat lainnya. Jadi ketika perkembangan dan kultur ini hadir di masyarakat mengapa tidak anda ambil ini sebagai peluang pemasaran untuk jangkauan konsumen produk bisnis anda. Adapun manfaat digital marketing secara lebih detailnya yaitu sebagai berikut :

  • Efisiensi waktu promosi produk yang anda jual.
  • Anggaran biaya yang lebih ramping karena anda tidak perlu membayar jasa sales dan operasional di lapangan lagi.
  • Produk bisnis anda dapat dipasarkan secara massive.
  • Tidak harus anda kontrol setiap saat karena dengan digital marketing telah disiapkan sebuah tools pemasaran pintar.
  • Anda bisa membangun forum bisnis antara anda dengan konsumen.
  • Bisnis anda lebih mudah dikenali publik.

Langkah dasar untuk memulai digital marketing

Membangun digital marketing itu tidak semudah yang anda bayangkan namun tidak sulit juga untuk anda pelajari. Pada dasarnya ini kembali pada diri anda sendiri mau membangun digital marketing dengan serius atau hanya coba-coba dan ikutan tren saja. Bagi anda yang memang serius ingin membangun digital marketing silahkan simak langkah apa saja yang harus anda lakukan untuk membangun digital marketing yang profesional. Berikut point-point-nya.

  • Buatlah rincian market dan target konsumen anda.
  • Sesuaikan target tersebut dengan produk yang akan anda pasarkan.
  • Tentukan produk yang memberikan solusi pada banyak orang.
  • Pilih media pemasaran utama seperti dengan website, televisi ataupun media sosial. Jika modal anda bisa menjangkau ketiganya lebih baik, jika tidak maka pilih salah satu saja untuk sementara.
  • Karena ini media digital maka anda harus menerapkan konsep SEO, SEM dan sosial media ads.
  • Manfaatkan google bisnisku untuk menampilkan profil bisnis anda di mesin pencarian.
  • Buat akun WhatsApp bisnis dengan fitur yang profesional. Misalkan ada ucapan selamat datang secara otomatis dan sebagainya.
  • Bangun website interaktif dan user friendly agar bisnis anda terbilang profesional dan terpercaya.
  • Bekerjasama dengan influencer.
  • Gunakan email marketing untuk menjangkau konsumen.

Penutup

Penggunaan digital marketing itu menjadi penting jika anda ingin bisnis yang anda miliki ingin berkembang dengan pesat dan dikenal orang. Dengan digital marketing setiap bisnis akan semakin menunjukan eksistensinya di khalayak umum. Dasar penggunaan digital marketing yang harus anda pahami sebelum action pun penting sekali sebagai gambaran untuk memulainya. Adapun point-point-nya sudah dijelaskan di atas seperti media pesaran, tools digital marketing dan sebagainya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba dan rasakan perbedaannya setelah anda menerapkan digital marketing dibandingkan pemasaran secara manual. Jika ada pertanyaan atau apapun yang perlu di diskusikan terkait artikel ini silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih.

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey, Apa Kabar Anda !

Sebelum anda pergi izinkan kami memberikan update artikel menarik dan bermanfaat lainnya untuk anda.

Salam Hangat Onlenkan Indonesia