Cara Mudah Memulai Bisnis Online Dari Nol

83 / 100
konsultan internet
Sumber Gambar : pixabay.com

Memulai bisnis apapun semua orang sebenarnya bisa, termasuk bisnis online. Dari latar belakang apapun anda kemungkinan untuk berhasil itu ada. Asalkan ilmu yang anda pelajari, mentor yang anda ikuti itu benar. Dalam hal ini kami akan membawa anda melangkah untuk memastikan anda harus memulai bisnis online ini. Sebagai gambaran anda simak video berikut ini dari teknobie.

OK gimana sampai sini mulai ada gambaran ?

Berikut cara mudah memulai bisnis online dari nol.

1. Temukan Potensi Bisnis Online Dari Hal Sederhana

Bisnis Sederhana
Sumber Gambar : pixabay.com

Potensi bisnis merupakan kunci anda akan tepat memulai bisnis tersebut. Mengapa demikian?_Bisnis ini cakupannya sangat luas sekali. Dan memenangkan persaingan di pasar bisnis global merupakan bagian dari tujuan bisnis yang natural. Percaya atau tidak potensi bisnis itu dapat hadir dari hal yang begitu sederhana. Bahkan terkadang tidak terduga jika hal tersebut merupakan peluang untuk anda memulai suatu bisnis atau usaha. Begitupun dengan bisnis online. Garis besarnya sama saja bisnis-bisnis juga. Hanya yang membedakan disini hanya medianya saja. 

Potensi bisnis dapat anda temukan di lingkungan manapun. Biasanya potensi bisnis ini dapat tercipta karena adanya masalah pasar. Apa maksudnya ?_ masalah pasar ini dirasa sangat potensial sekali untuk anda membangun skema bisnis anda kedepan. Namun anda jangan salah mengartikan bahwa konteks-nya bukan bisnis yang melanggar hukum. 

Lihat pula dewasa ini bisnis online hampir menjadi trending di berbagai kalangan. Seperti karyawan, pedagang, ibu rumah tangga, dokter sekalipun. Coba anda amati dengan seksama bahwa saat ini banyak sekali yang menjalankan bisnis online walaupun mereka sibuk dengan rutinitas masing-masing. Bisnis online ini sifatnya fleksibel, dimanapun anda berada akan tetap berjalan. Tidak harus mewah yang terpenting bisnis online ini punya potensi pasar yang bagus.  

2. Eksplorasi Potensi Bisnis Online tersebut sebelum dilempar ke pasar

Tips bisnis
Sumber Gambar : pixabay.com

Ketika anda telah berhasil menemukan potensi bisnis tersebut kini waktunya anda untuk mengekplorasinya sebelum tepat untuk anda lempar ke pasar. Cari tahu seputar bidang bisnis tersebut, seperti apa market-nya, darimana sumber produknya jika itu memang produk tertentu. Anda memerlukan data ini sebagai kerangka anda untuk menjalankan bisnis tersebut. Tentukan  saat itu juga model bisnis yang tepat untuk anda jalankan.

Misalkan anda akan membuka bisnis online penyedia layanan hosting dan domain maka anda saat itu juga harus mengeksplorasi marketnya. Kemudian anda ingin membuka toko online di marketplace maka anda harus eksplorasi produk apa yang banyak dicari mayoritas orang. Jangan meremehkan hal ini, karena berkaitan dengan keberlangsungan bisnis anda nantinya. Akan bertahan lama atau justu hanya musiman saja. 

3. Ambil Potensi Bisnis Online tersebut

Sumber Gambar : pixabay.com

Ingat ketika anda mengambil potensi bisnis online tersebut apapun produknya jangan berpikir dahulu soal uang, keuntungan yang besar. Potensi yang telah anda dapatkan ini pastinya sangat berharga bagi anda. Dengan alasan anda telah melihat kebutuhan pasar secara global. Soal untung rugi anda saving dahulu. Sekarang ambil dulu saja dan coba untuk menjalankannya. Tentunya dengan strategi bisnis jangan lupa. Banyak sekali referensi yang bisa anda ikuti saat ini. Praktek sambil belajar. Tidak ada pebisnis online atau pebisnis apapun itu mereka berhasil tanpa perjuangan. Lihat dan ikuti prosesnya. Potensi itu lebih berharga. Soal keuntungan itu hanya imbalan dari kerja keras anda. Meskipun pada dasarnya target dari suatu bisnis itu adalah keuntungan. 

4. Persiapkan Produk atau Layanan

Menyiapkan produk
Sumber Gambar : pixabay.com

Secara konsep anda sudah siap jika anda sampai di titik ini. Langkah berikutnya yaitu anda persiapkan produk dan juga layanan bisnis online yang akan anda jalankan. Misalkan pada cara keempat ini anda memilih untuk jualan online. Disini anda harus memilih produk apa yang akan dijual. Misalkan baju anak, sepatu kulit, barang elektronik seperti hp, laptop dll. Adapun yang perlu anda lakukan untuk mendapatkan suatu produk tersebut yaitu sebagai berikut :

  • Membuat brand produk sendiri dengan bekerjasama dengan tempat produksi.
  • Beli produk dari orang lain, reseller produk atau hanya dropship saja.
  • Cari tempat produksi atau supplier produk yang berkualitas.

5. Membuat website atau katalog

website / landing page
Sumber Gambar : pixabay.com

Membuat website / katalog ini berkaitan dengan system pemasaran anda. Disni karena berkaitan dengan bisnis online maka akan lebih efektif jika ada memiliki halaman website ini. Tujuan dibangunnya sebuah website atau katalog ini yaitu untuk memudahkan anda dalam mengkomunikasikan produk / layanan yang sedang anda jual kepada konsumen. Dengan adanya website ini maka konsumen akan lebih mudah membaca menelusuri produk / layanan tersebut. 

Berikut cara membuat akun toko online di marketplace tokopedia serta membuat website toko online dengan wordpress :

6. Gunakan Strategi untuk pemasaran anda

Ketika website, toko online ataupun katalog telah dibuat, kini anda harus memperhatikan strategi bisnis anda. Jika toko online ataupun website agar lebih profesional maka anda gunakan google bisnisku. Ini merupakan nama, alamat, deskripsi usaha anda di internet. Kemudian optimasi SEO. Ini bertujuan untuk memaksimalkan traffic kunjungan ke website anda. Jika di marketplace mungkin anda tidak perlu menggunakannya. Ini hanya untuk pemasaran menggunakan media website saja.

Apakah anda sudah siap memulai bisnis online ?…semoga artikel ini bermanfaat dan anda berhasil. Terimakasih dan selamat berkunjung di artikel berikutnya.

Artikel terkait :

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *