Cara Membuat Database di MySQL

89 / 100
Membuat database
Sumber Gambar : pixabay.com

Membuat database MySQL – Memiliki halaman website ataupun aplikasi pada dasarnya tidak akan terlepas dari yang namanya database. Database merupakan penunjang untuk penyimpanan data secara terstruktur guna menghasilkan website ataupun aplikasi yang informatif.

Dengan adanya database setiap data informasi bisa dikelola dengan baik. Sehingga ketika sistem halaman website ataupun aplikasi yang terintegrasi dengan database tersebut memerlukan data tertentu maka data tersebut akan muncul di halaman website.

Untuk membuat database ini banyak sekali cara dan aplikasi pendukungnya. Pada kesempatan kali ini Onlenkan Indonesia akan bahas Cara membuat database di MySQL.

Membuat database di MySQL pun ada beberapa cara baik itu melalui c-panel layanan hosting ataupun melalui localhost. Namun sebelum masuk pada inti pembahasan akan dijelaskan terlebih dahulu apa itu c-panel, layanan hosting dan localhost. Berikut penjelasannya. 

  • C-panel

Sebagian dari anda mungkin sudah mengenal apa itu c-panel. Namun agar inti pembahasan di artikel ini tersampaikan dengan baik, maka akan djelaskan secara umumnya. C-panel atau dapat dikatakan sebagai halaman administrator hosting yang anda terima setelah anda memberi dan menyewa hosting dan domain di platform penyedia layanan hosting. C-panel ini memungkin anda untuk memanagement setiap aktifitas pembuatan sistem mulai dari penyimpanan dan proses upload data keseluruhan website agar dapat diakses melalui URL (domain) di web browser atau jaringan internet. Dengan c-panel juga anda bisa melakukan backup data-data website dan sebagainya. 

C-panel ini mudah dipelajari dan fitur pada umumnya dari setiap penyedia layanan hosting itu sama. Ada fitur File manager, databases, domains, e-mail, metrics, security, software, preferences, instant deploy apps (auto installer) dan sebagainya. 

  • Layanan hosting

Untuk layanan hosting ini berkaitan dengan c-panel yang akan anda gunakan. Kini banyak sekali penyedia layanan hosting baik itu di Indonesia hingga luar negeri. Contohnya seperti niagahoster, hostinger, godaddy dan sebagainya. Anda akan mendapatkan akses c-panel ketika anda telah membeli domain dan menyewa hosting di berbagai layanan penyedia hosting tersebut. 

  • Localhost

Berbeda dengan kedua pont di atas dimana c-panel dapat diakses secara online dan localhost secara offline, dengan arti bahwa localhost ini merupakan jaringan lokal dari setiap komputer yang digunakan. Tanpa anda terhubung ke internet pun localhost ini bisa dijalankan. Sesuai dengan namanya, localhost ini merupakan jaringkan lokal yang dapat digunakan untuk anda membangun sistem yang ingin disertai dengan database untuk pengujian sistemnya. Dimana bisa bersifat sementara sebelum sistem berikut database ini siap untuk dihosting.

  • MySQL

MySQL ini merupakan sebuah database management system yang menggunakan perintah dasar SQL (Structured Query Languange). MySQL ini merupakan database yang bersifat open source dan dapat anda gunakan untuk membuat database. MySQL ini mendukung dengan banyak bahasa pemrograman untuk keperluan pembuatan database. Tidak memerlukan RAM yang besar, multi user dan keamanan yang terjamin.

Dari sini kami pastikan anda paham point apa saja yang diperlukan untuk membuat database MySQL. Kemudian berikut cara membuat database MySQL melalui c-panel layanan hosting dan juga localhost. 

1. Cara Membuat database melalui c-panel layanan hosting

Setelah anda memahami apa itu c-panel dan layanan hosting kini saatnya anda memahami step by step cara membuat database-nya. 

  • Langkah pertama tentunya anda harus login terlebih dahulu di akun c-panel layanan hosting yang telah anda sewa dari platform penyedia layanan hosting.
  • Kemudian jika anda berhasil login maka cari kolom databases dan pilih MySQL database seperti gambar berikut :
Sumber Gambar : Onlenkan Indonesia
  • Kemudian ketika anda memilih MySQL database ini maka anda akan masuk pada halaman seperti berikut :
Sumber Gambar : Onlenkan Indonesia
  • Di halaman ini anda tinggal menuliskan nama database yang akan anda buat. Dalam penjelasan kali ini contoh nama databasenya yaitu Onlenkan Indonesia dan klik create database.
  • Maka database berhasil dibuat.
  • Kemudian anda create username dan password sebagai akses akun database yang telah anda buat. Contohnya seperti berikut :
Sumber Gambar : Onlenkan Indonesia
  • Kini database dengan username berhasil dibuat dan database siap digunakan.

2. Cara membuat database melalui localhost

Adapun langkah-langkah membuat database melalui localhost yaitu sebagai berikut :

  • Sebelumnya anda harus menginstal terlebih dahulu aplikasi xampp server
  • Kemudian setelah proses instalasi berhasil maka buka aplikasi dan klik tombol start seperti gambar berikut (tanda kuning).
Sumber Gambar : Onlenkan Indonesia
  • Setelah itu anda buka browser dan ketikan url berikut : localhost/phpmyadmin yang contohnya seperti gambar berikut ini.
Sumber Gambar : Onlenkan Indonesia
  • Lalu pilih basis data dan buat nama database di kolom yang tersedia sesuai dengan keinginan anda. Contohnya seperti gambar berikut.
Sumber Gambar : Onlenkan Indonesia
  • Dalam pembuatan database kali ini contoh nama databasenya yaitu Onlenkan Indonesia. Kemudian anda klik buat database. 
  • Jika database sudah berhasil dibuat maka hasilnya akan seperti gambar berikut ini.
Sumber Gambar : Onlenkan Indonesia
  • Kini database sudah berhasil dibuat dan siap digunakan.

3. Penutup

Database merupakan point penting untuk terciptanya sistem yang baik, bermanfaat dan informatif. Dengan adanya database memungkinkan setiap halaman website untuk bekerja sesuai dengan kapasitasnya. Baik itu memberikan informasi penting dan sebagainya. Pembuatan database MySQL ini cukup mudah untuk dipelajari.

Penjelasan di atas merupakan langkah pertama untuk anda bisa membangun database secara terstruktur. Semoga penjelasan ini bermanfaat, jika ada yang ingin di diskusikan seputar pembuatan database MySQL ini bisa tulis di kolom komentar. Terimakasih.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey, Apa Kabar Anda !

Sebelum anda pergi izinkan kami memberikan update artikel menarik dan bermanfaat lainnya untuk anda.

Salam Hangat Onlenkan Indonesia