Pengertian Blog, jenis, fungsi dan contohnya

77 / 100
blogger Onlenkan Indonesia
Sumber Gambar : pixabay.com

Apa yang anda ketahui tentang blog ?

Berikut Pengertian Blog, Jenis, fungsi dan contohnya

Pengertian Blog

Sumber Gambar : pixabay.com

Blog dikenal sebagai media untuk menulis secara online dengan berbagai jenis konten seperti personal blog, berita, review sebuah produk, opini penulis dan lain sebagainya. Blog merupakan bagian dari sebuah halaman website. Selain itu juga blog biasanya memuat beragam artikel yang memiliki struktur yang khas. Seperti adanya kategori, Postingan terpopuler dan postingan terbaru. Blog ini biasanya memuat teks disertai gambar pendukung untuk artikel yang telah dibuat. Jadi Pengertian blog secara ringkasnya yaitu sebuah halaman website yang berisi serangkaian konten tulisan yang terstruktur.

Blog secara umum tidak hanya disediakan oleh platform blogger.com saja, namun ada beberapa penyedia layanan blog lainnya seperti wordpress.orgwordpress.com, typepad dan medium. Di berbagai platform tersebut sudah tersedia berbagai tema siap pakai, plugin, dll. Dimana anda tidak memerlukan skil koding yang profesional. Disini anda tinggal fokus pada konten yang ingin anda tuangkan pada halaman blog anda. Aktifitas menulis di halaman blog disebut dengan blogging, dan penulisnya disebut dengan blogger. 

Jenis-Jenis Blog yang harus anda ketahui

1. Blog Pribadi

Jenis Blog
Sumber Gambar : pixabay.com

Blog pribadi merupakan sebuah halaman yang berisi konten yang sifatnya personal dan santai. Seperti Bigorafi seputar pengalaman, travelling, hobi, dll. Dalam kategori blog pribadi ini mayoritas blogger tidak memiliki tujuan untuk keperluan komersil, disini mereka hanya menuangkannya sebagai diary online pribadi. Meskipun tidak sedikit para penulis blog pribadi ini mengemasnya untuk keperluan komersil. 

2. Blog Perusahaan

blog perusahaan
Sumber Gambar : pixabay.com

Blog perusahaan ini biasanya dibangun oleh sebuah perusahaan untuk tujuan pemasaran atau memperkenalkan produk yang mereka miliki dari produk pertama hingga produk terbaru mereka. Blog perusahaan seperti ini pada umumnya akan terhubung dengan website utama perusahaan dengan tujuan agar jangkauan pelanggan lebih mudah ditemukan. Misalkan saja seperti blog yang menjual layanan hosting dan domain, di dalam blog ini mereka akan membuat sebuah artikel seputar apa itu hosting, domain, tips membuat website berikut cara untuk memulainya. Setelah itu mereka akan menautkan website perusahaan guna memberikan penjelasan detail berikut layanan agar pembaca artikelnya bisa mengeksekusi apa yang dijelaskan di blog tersebut (Call to action).

3. Blog Authority

Sumber Gambar : pixabay.com

Blog authority atau blog otoritas ini merupakan sebuah halaman blog yang dibuat oleh seorang profesional. Adapun tujuannya yaitu ingin berbagi dan mengedukasi setiap orang seputar topik yang diangkatnya, dimana pada akhirnya mereka akan monetisasi blog tersebut. Mereka akan membangun konten semenarik mungkin guna mendatangkan traffic kunjungan yang tinggi di setiap harinya. Selain itu mereka akan mempublish berbagai tayangan iklan di sosial media untuk blog yang dibuatnya. Banyak sekali para blogger ini yang mengangkat topik-topik yang sedang ramai dicari di halaman pencarian seperti Internet marketing, finance, kesehatan, psikologi, teknologi, dll.

Fungsi Blog

blog pemula
Sumber Gambar : pixabay.com

Dari pengertian dan juga jenis blog yang telah dijelaskan di atas, mungkin sebagian besar dari anda memahami fungsi dari blog disini. Namun sedikit akan dijelaskan disini agar anda lebih memahaminya. Berikut fungsi dibuatnya sebuah blog yaitu :

  • Blog dapat digunakan sebagai informasi personal anda. Bisa digunakan ketika anda melamar pekerjaan untuk informasi kepada pihak perusahaan yang anda lamar. 
  • Blog dapat digunakan sebagai media bisnis dalam hal ini berkaitan dengan marketingnya. Misalkan penawaran produk, review produk, keuntungan apa yang bisa didapat jika konsumen membeli produk tersebut.
  • Blog dapat digunakan sebagai media untuk berbagi pengalaman, tips dan trik sukses untuk keilmuan tertentu, penayangan berita terupdate dan lain sebagainya.
  • Blog dapat membuka jaringan seluas-luasnya untuk keperluan promosi sebuah produk. 
  • Blog memberikan kemudahan bagi para penulis / content writing untuk berkarya melalui tulisan online. Baik itu untuk mengedukasi, sharing ataupun hal lainnya.

Contoh Blog

Trinity Traveler

Trinity Traveler merupakan sebuah blog yang mengangkat tema traveling atau berwisata. Blog ini menceritakan tentang aktifitas wisata dengan beragam lokasi yang diceritakan oleh penulisnya melalui sebuah halaman blog. Blog ini sudah terkenal dan populer di Indonesia. Jika anda memiliki hobi yang sama mungkin blog ini bisa jadi referensi untuk eksplorasi ide-idenya.

Anak Jajan

Anak jajan ini merupakan sebuah blog yang mengangkat tema seputar makanan, traveling dan juga gaya hidup. Dalam blog ini sang pemilik ingin berbagi cerita tentang hobi mereka dari berburu makanan, memasak, hangout, tips perjalanan, belanja serta rekomendasi restaurant terbaik versi mereka. Jika anda memiliki hobi yang sama, blog ini mungkin bisa dijadikan percontohan untuk anda.

Selamat mencoba ya. Tuangkan ide pemikiranmu dengan segera.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *