Cara daftar google bisnisku

80 / 100

Bisnis online anda belum maksimal?, yuk tingkatkan dengan layanan google bisnisku

google bisnisku
Sumber Gambar : pixabay.com

Daftar google bisnisku – Beberapa dari anda mungkin merasa kebingungan ketika bisnis online yang sudah anda bangun sejak lama terasa jalan di tempat. Padahal era digital ini sedang hangat-hangatnya orang menggunakan media online untuk menunjang aktifitas mereka. Seperti aktifitas jual beli online, belajar online, bekerja online dan sebagainya. Terlebih lagi anda membuka bisnis online tersebut dengan kategori produk yang dibutuhkan banyak orang. Apa yang salah dengan bisnis online yang anda bangun itu?.

Pada dasarnya tidak ada yang salah dengan bisnis yang anda bangun. Pemilihan produk termasuk langkah anda untuk terjun ke dunia digital dalam berbisnis sudah terbilang tepat. Ditambah lagi dengan pergerakan bisnis yang saat ini banyak beralih ke dunia digital. Namun ada satu hal yang dapat membantu anda dalam melakukan pemasaran di dunia digital ini. Sebuah layanan yang dibangun oleh mesin telusur google ini dapat membantu anda mempromosikan bisnis yang anda bangun. Itulah yang dinamakan dengan layanan google bisnisku. Untuk mengenal lebih dalam seputar layanan google bisnisku silahkan simak penjelasan berikut ini.

Apa yang anda ketahui tentang google bisnisku?

Sumber Gambar : baimsshop

Gambar di atas merupakan contoh dari penerapan layanan google bisnisku. Layanan google bisnisku ini biasanya akan muncul di bagian kanan halaman ketika seseorang mengetikkan nama perusahaan tersebut. Google bisnisku merupakan sebuah fitur atau layanan yang dibuat untuk melengkapi aktifitas pemasaran yang dilakukan oleh para pemilik bisnis, dengan tujuan setiap calon konsumen dari produk yang dijual dapat dengan mudah mengetahui deskripsi informasi secara detail dari bisnis tersebut. Dalam google bisnisku ketika anda (para pebisnis) melakukan pendaftaran maka akan diminta untuk mengisi beberapa hal terkait bisnis yang sedang dibangun dan dijalankan. Seperti nama bisnis, alamat toko / perusahaan, nomor telepon / hp perusahaan, email, website perusahaan, jam kerja / operasional perusahaan, foto hingga ulasan pelanggan atau testimoni.

Dengan informasi dan gambaran tersebut nantinya akan muncul di halaman pencarian dan setiap orang yang melakukan pencarian dengan keyword yang berkaitan dengan tema bisnis yang anda buat tersebut akan ditampilkan secara detail pada mereka. Dan biasanya kelengkapan data tersebut akan sangat berpengaruh pada bisnis anda untuk menjaring banyak konsumen. Rasa percaya orang akan terbangun dengan sendirinya ketika layanan google bisnisku ini anda manfaatkan dengan sebaik mungkin.

Manfaat google bisnisku

Google bisnisku hadir bukan tanpa tujuan. Seperti namanya, google bisnisku ini memiliki manfaat yang luar biasa dalam industri bisnis. Dibangunnya google bisnisku akan berdampak pada perkembangan usaha ataupun bisnis anda kedepannya. Adapun manfaat yang dapat anda terima ketika menggunakan google bisnisku yaitu sebagai berikut :

  • Informasi perusahaan anda lebih mudah ditemukan di mesin pencarian.
  • Setiap konsumen meskipun tidak mengenal pemilik secara langsung akan lebih yakin ketika akan membeli produk di bisnis anda.
  • Lokasi bisnis atau usaha anda tentunya akan muncul di google maps, sehingga ketika konsumen ingin mengunjungi bisnis anda akan lebih terbantu.
  • Testimoni atau review konsumen anda dapat terlihat di profil usaha, dan ini akan memancing ketertarikan konsumen baru untuk ikut menjadi pelanggan setia anda.
  • Konsumen akan lebih mudah menganalisa produk ataupun kebenaran dari usaha yang anda bangun.

Kategori Bisnis yang dapat didaftarkan pada google bisnisku

Setiap bisnis apapun itu pada dasarnya bisa didaftarkan pada google bisnisku. Seperti bisnis pertanian, bisnis kontruksi, bisnis manufaktur, bisnis teknologi, bisnis transportasi, UMKM, bisnis jasa dan sebagainya. Dengan catatan setiap bisnis yang akan anda daftarkan tidak fiktif. Dengan google bisnisku anda akan diminta untuk melengkapi data-data seperti nama bisnis, foto perusahaan, lokasi bisnis, nomor telepon, alamat email, jam operasional dan sebagainya. Ini artinya legalitas bisnis anda memang diutamakan disini. Google bisnisku ingin usaha yang anda bangun semakin baik dan terpercaya.

Cara daftar google bisnisku

Jika anda ingin mulai menggunakan layanan google bisnisku maka anda perlu mempersiapkan akun google anda (akun gmail). Karena dengan akun gmail ini anda dapat terhubung dengan dashboard pengelolaan layanan google bisnisku. Adapun cara mendaftar layanan ini yaitu sebagai berikut :

  • Pertama, buka halaman google bisnisku dan klik button kelola sekarang. Tampilan halaman utamanya seperti berikut.
Sumber Gambar : google bisnisku
  • Kedua, anda diminta untuk mengisi apa nama bisnis yang akan anda daftarkan di google bisnisku. Halamannya seperti berikut.
Sumber Gambar : google bisnisku
  • Ketiga, anda diminta untuk memilih kategori dari bisnis anda tersebut. Contohnya seperti pusat bisnis, layanan konsultasi bisnis, pengembangan bisnis dan perdagangan, perusahaan jasa dan lain sebagainya. Halamannya seperti berikut.
Sumber Gambar : google bisnisku
  • Keempat, ikuti langkah-langkah pengisian data tersebut hingga selesai. Setelah ini anda akan diminta untuk mengisi data lainnya seperti alamat, nomor telepon, url website (jika ada) dan lain sebagainya.
  • Kelima, jika semua data sudah selesai diisi maka anda akan diarahkan pada dashboard pengelolaan akun google bisnis seperti berikut ini.
Sumber Gambar : google bisnisku
  • Keenam, setelah anda berhasil masuk ke dashboard seperti gambar di atas maka anda tinggal mengelola layanan google bisnis yang telah anda daftarkan. Namun sebelumnya akan diperlukan verifikasi terlebih dahulu. Untuk proses verifikasi ini google bisnisku menawarkan beberapa cara seperti melalui telepon, e-mail dan listing. google akan mengirimkan kode verifikasi tersebut ke nomor telepon atau e-mail anda. Hanya saja untuk verifikasi listing, anda hanya dapat menggunakan verifikasi jenis ini apabila akun gmail yang anda gunakan tersebut telah anda gunakan juga untuk akun google search console (verifikasi instan). Namun untuk verifikasi listing ini hanya beberapa jenis bisnis saja dapat digunakannya.
  • Ketujuh, anda bisa melakukan verifikasi melalui kartu pos yang nantinya akan dikirim oleh google dalam bentuk berkas ke alamat yang anda cantumkan. Isinya yaitu berupa pin verifikasi. Untuk verifikasi jenis ini dapat digunakan oleh semua jenis bisnis. Pada umumnya kartu pos ini akan dikirim dalam 12 hari kedepan ketika anda akan melakukan verifikasi layanan google bisnis tersebut. Maka dari itu pastikan anda tidak melakukan perubahan alamat terlebih dahulu agar kartu pos sampai dengan tepat.

Penutup

Layanan google bisnisku ini dibangun untuk membantu para pemilik usaha dengan beragam jenis usaha mereka agar dengan mudah dikenal banyak orang dan menjaring banyak konsumen.

Dengan google bisnisku usaha anda akan lebih terpercaya dan terbilang profesional. Dan pastinya penggunaan google bisnisku ini gratis. Anda juga dapat membuat halaman website secara gratis dengan google bisnisku. Namun berkaitan dengan domain anda bisa mengupgrade-nya dari layanan gratis ke layanan berbayar.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang ingin didiskusikan ataupun menyampaikan saran dan beberapa tambahan lainnya seputar artikel ini silahkan tuliskan di kolom komentar. Terimakasih.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey, Apa Kabar Anda !

Sebelum anda pergi izinkan kami memberikan update artikel menarik dan bermanfaat lainnya untuk anda.

Salam Hangat Onlenkan Indonesia