Belajar SEO dengan konsep dan fungsinya

81 / 100
Sumber Gambar : pixabay.com

Belajar SEO – Memiliki halaman website ataupun blog dengan traffic dan ranking terbaik itu menjadi harapan banyak orang di industri digital. Bahkan jika halaman website ataupun blog yang anda buat dapat tampil di halaman utama mesin pencari. Ini menjadi kebanggaan tersendiri di luar keuntungan yang didapatkan. Bayangkan saja berjuta bahkan miliar halaman blog ataupun website yang tertampung dari seluruh negara semuanya bersaing disini, dan halaman website ataupun blog anda muncul di halaman utama mesin pencari. Luar biasa bukan jika itu terjadi?. Karena secara otomatis traffic kunjungannya akan mengalami peningkatan yang pesat dengan ranking terbaik. Maka akibatnya konversi traffic ini akan tegak lurus dengan profit yang anda dapatkan. 

Namun hal tersebut tidak terjadi dengan begitu saja. Perlu perjalanan dan perjuangan yang harus anda lalui. Anda perlu menerapkan berbagai hal dan prosedur agar halaman website ataupun blog anda disenangi banyak orang. Dimana pada akhirnya dapat muncul di halaman utama mesin pencari. Ada beragam hal yang harus anda garis bawahi. Seperti kualitas konten, interface halaman yang user friendly termasuk optimasi mesin pencari atau lebih dikenal dengan optimasi SEO. Apa itu SEO ?

Untuk mengetahui lebih detail apa itu optimasi SEO, tetap berada disini dan lanjutkan membaca artikel ini. Karena akan kami bahas lebih detail disini. Berikut penjelasannya.

Apa itu SEO ?

SEO atau Search Engine Optimation merupakan fitur yang dapat digunakan untuk optimasi halaman website ataupun blog dengan tujuan untuk memposisikan website atau blog anda di halaman utama mesin pencarian. Dengan optimasi SEO ini website ataupun blog anda akan mendapatkan ranking dan posisi teratas di mesin pencari. Secara otomatis jika anda menerapkan optimasi SEO ini dengan benar, maka potensi traffic yang bagus pun akan anda lihat.

Jenis-jenis SEO

SEO ini terbagi ke dalam 2 jenis optimasi. Pertama ada SEO on page dan kedua ada SEO off page. Keduanya tentu memiliki perbedaan walaupun secara umum fungsinya sama yaitu untuk meningkatkan kualitas traffic dan ranking website anda. Untuk lebih jelasnya apa itu SEO On page dan SEO Off page, anda simak penjelasan berikut.

  • SEO On Page

SEO On page ini merupakan suatu langkah optimasi search engine yang dibangun dari dalam halaman website anda sendiri. Seperti contohnya penulisan heading artikel, permalink, internal link, akses kecepatan website, struktur website dan juga konten. Dari beberapa hal tersebut jika anda setting dengan benar maka potensi traffic akan mengalami peningkatan yang significant.

  • SEO Off page

Sedangkan untuk SEO Off page ini merupakan kebalikan dari SEO On page. SEO Off page ini dibangun diluar halaman website anda. Artinya ada beberapa hal yang perlu anda lakukan juga setelah optimasi SEO On page ini diterapkan. Misalkan seperti membangun backlink yang berkualitas ataupun inbound link.

Penggunaan backlink ini berkaitan dengan mitra yang dibangun di luar blog. Baik itu bekerjasama dengan blog dan website berita ataupun sejenisnya. Untuk memilih partner ataupun mitra anda dalam menerapkan backlink ini harus selektif. Pastikan halaman website ataupun blog yang akan menjadi mitra backlink ini punya jam terbang, aman dan terpercaya. Jangan sembarangan menerapkan backlink, karena bisa jadi bukan memaksimalkan optimasi SEO, tapi justru memperburuk rating halaman website atau blog anda jika salah memilih.

Dengan adanya backlink ini mesin pencari ataupun para pegiat dunia maya akan terbangun kepercayaannya bahwa halaman website ataupun blog anda ini direkomendasikan untuk dilihat.

Konsep Kerja SEO

Sumber Gambar : pixabay.com

Konsep kerja SEO ini goals-nya yaitu bagaimana website anda berada di halaman utama mesin pencarian, sehingga peluang orang untuk melakukan klik sangat besar. Jika anda lihat secara sederhana ketika user ingin mencari sesuatu misalkan dengan kata kunci bisnis online, lalu muncul banyak sekali halaman website ataupun blog yang berkaitan dengan kata kunci tersebut, secara alamiah mereka akan melakukan klik yang paling atas bukan, karena rating dan kualitas halaman tersebut lebih meyakinkan. Meskipun pada dasarnya memang tidak semuanya seperti itu. Nah disini optimasi SEO berperan untuk menghasilkan semua itu.

Ada beragam proses yang dijalankan di mesin pencarian sebenarnya dan tidak terjadi dengan begitu saja. Seperti ada proses Crawling, Indexing dan juga Ranking. Ketiga proses ini bisa mewakili seperti apa konsep kerja dari Search Engine Optimation (SEO).

Crawling ini merupakan suatu proses dimana alurnya yaitu dengan mengumpulkan berbagai informasi dari seluruh website ataupun blog, baik itu antar halaman ataupun antar link tertentu. Dengan crawling ini optimasi SEO baru akan dimulai.

Kemudian ada Indexing. Untuk proses ini akan bekerja setelah informasi yang telah dikumpulkan dari proses crawling didapatkan, maka data informasi tersebut akan disimpan dengan proses indexing.

Jika kedua proses ini terpenuhi, kini anda tinggal menunggu hasil optimasi SEO dalam bentuk Ranking. Nah ini yang menjadikan sebuah halaman website ataupun blog dapat berada di halaman utama mesin pencarian. Ada di posisi manakah halaman website ataupun blog anda jika telah dioptimasi.

Dalam optimasi seperti ini hasilnya tidak bisa ditebak. Dengan arti ketika anda telah menerapkan optimasi SEO baik itu On page ataupun Off page maka ranking website anda tidak serta merta akan bagus. Karena dalam prosesnya setiap mesin pencari memiliki suatu prosedur ataupun rule yang diterapkan agar kualitas konten ini terjaga dan terpercaya. Sehingga ketika sampai ke user memiliki sisi manfaat yang positif.

Adapun Rule yang dimaksud dalam mesin pencarian ini dikenal dengan nama algoritma. Dengan algoritma tersebut maka proses seleksi akan dijalankan seperti adakah aktifitas spaming dalam penyebaran link, penghargaan atas konten, warning dan pinalti terhadap konten yang melanggar undang-undang dan sejenisnya. Semuanya akan diseleksi sedetail mungkin agar kualitas konten di mesin pencarian tetap terjaga.

Fungsi SEO

Sumber Gambar : pixabay.com

Adapun fungsi SEO pada umumnya yaitu sebagai berikut :

  • Dengan adanya penerapan kata kunci (keyword) dari SEO ini, maka potensi ditemukannya halaman website ataupun blog anda lebih tinggi.
  • Meningkatkan sebuah brand awareness.
  • Mutu dan kualitas konten lebih terjaga.
  • Peluang website dan blog anda berada di halaman utama mesin pencari lebih tinggi dibandingkan tidak menerapkan SEO sama sekali.

Dari penjelasan di atas seputar apa itu SEO, jenis-jenis SEO, konsep kerja dan juga manfaatnya, kini saatnya anda memulai optimasi SEO untuk halaman website ataupun blog yang telah anda buat. Jangan sampai ketika sudah susah payah anda membuatnya tapi tidak berarti apa-apa. Selamat mencoba semoga anda berhasil. Jika ada saran ataupun kritik bisa sertakan di kolom komentar. Terimakasih.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey, Apa Kabar Anda !

Sebelum anda pergi izinkan kami memberikan update artikel menarik dan bermanfaat lainnya untuk anda.

Salam Hangat Onlenkan Indonesia