Website powerfull berikut jenis dan contohnya

83 / 100
Pengertian Website Berikut Jenis Dan Contohnya.
Sumber : pixabay.com

Tidak dapat dipungkiri lagi jika setiap orang di dunia saat ini dihadapkan pada perkembangan teknologi yang begitu pesatnya. Misalkan saja dengan adanya halaman website. Banyak orang berbondong-bondong untuk membangun hingga mengembangkan sebuah halaman website untuk keperluan mereka. Ini menunjukan bahwa halaman website itu memberikan manfaat yang luar biasa.

Namun jika melihat fenomena seperti ini akan sangat disayangkan ketika website banyak disalahgunakan demi mendapatkan keuntungan semata. Untuk itu dengan memahami website dari dasar  mungkin akan membantu anda mengubah mindset tersebut dimana website itu sebenarnya dapat tercipta dengan baik dan benar, powerfull dan tentunya konten anda berkualitas. Dengan hal ini, secara otomatis website anda akan mendapatkan traffic pengunjung yang tinggi bahkan anda bisa mendapatkan pengunjung tetap. Ini juga berkaitan dengan profit keuntungan yang akan anda dapatkan kedepannya. Tidak melanggar undang-undang, traffic tinggi, profit tinggi juga. Website idaman sekali bukan?

Dari berbagai riset dan melihat di berbagai forum baik di media sosial ataupun media lainnya, banyak sekali orang yang ingin memiliki website tapi mereka kurang mengerti koding, biaya mahal jika memakai jasa developer, gimana cara maintenance-nya, dan lain sebagainya. Bahkan tidak sedikit muncul pertanyaan apa perbedaan antara Website Dan Blog ?.

Berikut pengertian website powerfull berikut jenis dan contohnya

1. Apa Itu Website ?

Pengertian Website
Sumber : pixabay.com

Secara umum Website merupakan suatu halaman yang berisi konten dalam berbagai bentuk seperti text, audio, video, gambar dan lain sebagainya yang dikemas secara terstruktur yang biasa anda kunjungi di internet. Website dapat diakses melalui web browser dengan Uniform Resource Locator (URL).

Membangun website itu baiknya tidak hanya sekedar iseng saja, namun anda perlu memperhatikan satu identitas yang satu ini yaitu powerfull. Tujuannya sederhana gimana caranya pengunjung ini mendapatkan kesan menarik ketika membuka halaman website anda, serta tertarik untuk membacanya lebih lengkap lagi. Jika website-nya powerfull, berkualitas dan unik maka jangan hawatir website anda akan sepi pengunjung.   

Adapun Pengertian Website menurut para ahli yaitu sebagai berikut :

  • Website adalah sekumpulan halaman yang saling terhubung dimana file-filenya memiliki keterkatian satu dengan yang lainnya. Website terdiri dari homepage (kumpulan halaman) dimana terpecah kedalam beberapa page (halaman). Pada dasarnya homepage itu berada di point teratas dan page pada bagian bawahnya. Halaman di bawah homepage ini dinamakan dengan child page yang berisi hyperlink ke halaman lain dalam web tersebut (Menurut Gregorius Pada tahun 2000).
  • Website adalah suatu metode untuk menampilkan informasi pada internet berupa teks, suara, gambar dan juga video yang interaktif serta mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) antara dokumen satu dengan dokumen lainnya (hypertext)_ yang dapat diakses melalui sebuah browser (Menurut Yuhefizar Pada tahun 1998).

2. Jenis-Jenis Website

Jenis-Jenis Website
Sumber : pixabay.com

Terdapat berbagai jenis website yang kini trending dan banyak dibangun oleh berbagai individu ataupun organisasi. Berikut ini adalah jenis-jenis dari website yang dimaksud.

– Website Pribadi / Portofolio

Website Pribadi
Sumber : pixabay.com

Website pribadi ini biasanya berisi konten pribadi yang dituangkan dengan tujuan hanya untuk sharing atau mempresentasikan seputar biodata, riwayat dan juga pengalaman pribadi saja_ tidak untuk keperluan komersil. Terdapat banyak sekali layanan pembuatan website pribadi yang gratis hingga berbayar. Tergantung dari keperluan dan kapasitas data yang akan anda buat di website tersebut. 

Banyak orang menggunakan tema website pribadi ini untuk keperluan interview lamaran pekerjaan. Di dalam website ini biasanya mereka memberikan gambaran seputar kepribadiannya. Ini akan menjadi point plus bagi pihak perusahaan dimana anda melamar pekerjaan, jika anda memiliki website pribadi dan membangunnya semaksimal mungkin. Itu contoh penggunaannya. 

– Website Toko Online / e-commerce

Website E-commerce
Sumber : pixabay.com

Toko Online atau E-commerce kini telah membangun paradigma interaksi jual beli manusia menjadi lebih cepat dan mudah. Tak perlu lagi rasanya anda repot untuk berbelanja ke gerai-gerai toko di berbagai tempat dengan tantangan yang klasik. Macet, lelah, kejahatan di sekeliling telah menjadikan alasan ini tepat untuk anda beralih ke toko online atau e-commerce. Anda tak perlu lagi berbelanja seakan dikejar-kejar waktu tapi hasil belanja tidak sesuai ekspektasi kita. 

Ini menarik sebenarnya. Dulu orang ketika ingin membuka usaha harus banyak mengeluarkan modal terlebih dahulu. Baik itu sewa tempat atau beli, belum lagi jika lokasinya strategis maka cost yang akan anda keluarkan juga akan tinggi, belum lagi biaya keperluan lainnya. Kusut rasanya ketika sekilas membayangkan ini. Anda sudah takut duluan untuk memulai usaha.

Namun kini toko online atau e-commerce rasanya bisa menjawab tantangan itu. Website Toko online berkualitas dengan harga terbatas bahkan yang gratis pun bisa anda dapatkan untuk membangun sebuah usaha. Meskipun tetap tantangan kedepannya jauh lebih extreme lagi dalam usaha ini. 

– Website Pendidikan

Website Pendidikan
Sumber : pixabay.com

Pendidikan sepertinya tidak dapat dilepaskan dari dunia digital. Sedikit banyaknya mereka yang berkecimbung di dunia pendidikan akan menggunakan media ini. Misalkan saja ada e-learning, e-course, e-library dan berbagai kepentingan lainnya. 

Dewasa ini bahkan pendidikan dihebohkan dengan pendidikan berbasis daring. Meskipun disini banyak kendala, namun untuk kalangan mahasiswa mungkin akan memiliki arti yang cukup besar. Dengan adanya kuliah online, sidang online, tugas online juga. Beberapa diantara hal tersebut dapat mewakili betapa pentingnya andil teknologi di dunia pendidikan. Tinggal bagaimana anda menyikapinya saja.

– Website Organisasi

Website Organisasi
Sumber : pixabay.com

Organisasi ini erat kaitannya dengan yang namanya jaringan. Pada dasarnya teknologi website ini dibangun untuk melakukan interaksi dengan jangkauan yang luas, dimanapun penggunanya berada. Maka dari itu suatu organisasi memerlukan yang namanya website organisasi. 

Website organisasi ini bertujuan agar setiap anggotanya dapat mengetahui informasi apapun seputar organisasi dari website tersebut. Website organisasi ini cakupannya luas sekali. Bisa organisasi formal ataupun informal.

3. Contoh-contoh Website

Contoh website
Sumber : pixabay.com

Adapun contoh-contoh dari website adalah sebagai berikut : 

  • Website Pribadi  : Narrowdesign
  • Website Toko Online / E-commerceAdidas
  • Website Pendidikan : m.edukasi.kemendikbud
  • Website OrganisasiNgo godigital

Website yang memiliki estetika yang rapih dan enak dipandang itu merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. Dengan halaman website yang powerfull pengunjung akan betah berada di halaman website anda. Ini dampaknya akan bagus sekali, semakin powerfull dan menarik website anda maka traffic dan ranking di halaman pencarian pun akan bagus.

Terimakasih, semoga anda sukses dan sehat selalu.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *