10 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Youtube

78 / 100
Sumber Gambar : pixabay.com

Aplikasi Edit Video – Perkembangan dunia digital utamanya video visual kini semakin merajai industri teknologi. Siaran live streaming ataupun sejenisnya telah berhasil membuka ruang dan peluang untuk setiap orang berkreasi secara bebas. Keperluan komersil baik itu bisnis pribadi ataupun perusahaan animasi menjadikan media ini cocok digunakan. Kini tidak hanya media televisi yang dapat menyiarkan setiap tayangan berupa video baik itu film ataupun yang lainnya. Di dunia digital pun ada media streaming yang secara terbuka memberikan ruang gratis bagi setiap orang untuk membuat sebuah tayangan video atau lebih dikenal dengan konten. Namun untuk membuat konten video tersebut pastinya anda perlu tools pendukung baik itu perangkat dan juga aplikasi agar konten video kalian menarik serta unik sehingga memancing daya tarik banyak orang untuk melihatnya. Ada beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk melakukan editing video terbaik yang anda inginkan. Berikut 10 aplikasi edit video terbaik tersebut.

1. Aplikasi Edit Video “Adobe Premiere Pro”

Adobe Premiere Pro ini merupakan sebuah aplikasi yang dibangun oleh sebuah perusahaan dengan nama Adobe yang berfokus pada bidang perangkat lunak. Aplikasi Adobe Premiere Pro ini sudah menjadi tools penting bagi anda content creator di dunia editing video. Dengan adobe premiere pro ini anda dapat membuat konten video dengan menarik, bahkan kualitas konten video yang anda buat dapat terbilang profesional.

Adobe premiere pro sendiri telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap termasuk fitur-fitur yang paling dasar untuk aktifitas editing. Adobe premiere pro juga telah mendukung beragam format penyimpanan video karena telah dilengkapi dengan codec video yang terbilang lengkap. Jika anda ingin membuat konten video yang menampilkan banyak efek, maka adobe premiere pro ini cocok untuk anda gunakan. Untuk dapat menggunakan aplikasi edit video adobe premiere pro ini anda bisa kunjungi halaman ini : adobe premiere pro.

2. Aplikasi Edit Video “Blender”

Aplikasi Edit Video Blender ini adalah sebuah aplikasi yang penggunaannya cocok sekali jika anda ingin membuat konten video animasi 3 dimensi. Dengan aplikasi yang bersifat open source menjadikan blender ini bebas digunakan dan dimodifikasi oleh setiap penggunanya. Percaya atau tidak aplikasi ini bersifat gratis. Tampilan yang powerfull dan mungkin beberapa dari anda berpendapat bahwa aplikasi blender ini berbayar itu salah.

Aplikasi edit video blender juga mendukung beragam fitur pembuatan. Anda dapat membuat konten video animasi ini dalam beberapa tahapan jika anda menggunakan aplikasi blender. Contohnya seperti tahap permodelan, pemasangan, pembuatan animasi, simulasi seperti gerakan objek, rendering dan sebagainya. Aplikasi edit video blender ini mendukung di berbagai perangkat atau sistem operasi baik itu windows, linux, Mac OS.

Untuk dapat menggunakan aplikasi edit video blender ini anda bisa download disini : blender

3. Aplikasi Edit Video ” Virtualdub”

Banyak orang terutama pemula tidak ingin ribet ketika membuat konten video. Ditambah lagi dengan perangkat yang terbilang standar. Jika hal ini masuk dalam kriteria anda, maka virtualdub hadir sebagai aplikasi edit video gratis dan ringan. Dengan virtualdub anda dapat membuat konten video dengan mudah. Virtualdub dapat digunakan pada sistem operasi windows. Berhubung windows ini merupakan sistem operasi yang hampir di semua perangkat digunakan, maka pemilihan aplikasi virtualdub ini tepat untuk digunakan di perangkat anda. Selain itu aplikasi virtualdub ini juga dilengkapi dengan fitur perekam layar, jika anda ingin membuat konten video seperti tutorial microsoft office, tutorial dasar membuat logo dan sebagainya, maka virtualdub dapat anda gunakan.

Untuk menggunakan aplikasi edit video ini anda dapat mengunjungi halaman berikut ini.  

4. Aplikasi Edit Video “AVS Video Editor”

AVS video editor ini merupakan sebuah aplikasi edit video yang terbilang ringan. Jika anda memiliki perangkat yang masih standar dan terbilang memiliki spesifikasi yang rendah untuk kategori editing, maka aplikasi ini cocok untuk anda gunakan utamanya untuk belajar membuat konten video. Adapun keunggulan dari aplikasi edit video ini yaitu dapat memproses video dalam berbagai ukuran frame seperti HD, Full HD, Quad HD, 4K ultra HD dan sejenisnya.

Aplikasi edit video AVS video editor ini memiliki kemampuan fitur untuk melakukan proses cutting, split, penggabungan (merge), trim. Dengan aplikasi ini anda dapat membuat konten video dengan efek yang powerfull. Untuk mendapatkan aplikasi edit video ini anda dapat download disini : AVS video editor

5. Aplikasi Edit Video “Windows Movie Maker”

Aplikasi edit video Windows movie maker ini terbilang aplikasi editing yang ringan dan mudah untuk digunakan. Jika anda termasuk dalam kriteria pemula dalam editing konten video, maka aplikasi ini dapat anda coba. Windows movie maker ini hanya dapat digunakan dan berjalan pada sistem operasi windows. Dengan aplikasi ini anda dapat membuat video, memotong video, menggabungkan video dan sebagainya. Jika anda tertarik untuk mencoba aplikasi edit video windows movie maker ini maka anda dapat mengunjungi halaman berikut : Windows Movie Maker.

6. Aplikasi Edit Video “Videopad Video Editor”

Aplikasi edit video ini adalah salah satu bagian dari aplikasi edit video yang banyak digunakan oleh para content creator. Jika anda seorang youtuber misalkan atau ingin menjadi seorang youtuber, maka aplikasi videopad video editor ini dapat anda gunakan untuk membuat konten video yang menarik untuk dilihat. Hadirnya software edit video yang satu ini memberikan beragam fasilitas fitur menarik seperti edit video 3 dimensi, pre made, efek audio dan sebagainya. Dan menariknya lagi, aplikasi edit video ini dapat melakukan ekspor secara langsung konten video yang telah dibuat ke platform streaming yang anda gunakan. Tertarik untuk mencobanya, silahkan kunjungi halaman berikut : Videopad video editor.

7. Aplikasi Edit Video “Camtasia”

Aplikasi edit video camtasia ini dapat anda gunakan jika device atau perangkat yang anda gunakan merupakan produk Mac. Aplikasi edit video ini mendukung di berbagai sistem operasi termasuk windows. Dengan aplikasi ini anda dapat membuat video dengan kualitas yang bagus. Sama halnya dengan aplikasi edit video sebelumnya, camtasia juga dilengkapi dengan fitur perekam layar. Jadi ketika anda ingin membuat konten video tutorial yang anda jelaskan sendiri, maka aplikasi edit video camtasia ini dapat anda gunakan. Dengan aplikasi camtasia ini anda dapat menggunakannya untuk 2 fungsi yaitu screen recorder (perekam layar) dan video editor. Untuk mencoba aplikasi ini anda dapat mengunjungi halaman berikut : camtasia.

8. Aplikasi Edit Video ” Sony Vegas Pro”

Aplikasi edit video sony vegas pro ini merupakan aplikasi editing yang khusus dibuat oleh perusahaan sony untuk mereka yang memiliki tingkat keahlian menengah ke atas. Namun jika anda pemula dan ingin mempelajarinya dari nol pun bisa sebenarnya selama anda bekerja keras. Aplikasi editing yang satu ini dilengkapi dengan fitur yang kompleks. Ini artinya perlu pemahaman dasar seputar dunia editing agar anda tidak terlalu kesulitan untuk mempelajarinya lebih dalam.

Adapun cara kerja dari aplikasi ini yaitu anda cukup drop video yang kan anda edit maka aplikasi ini akan membagi video yang akan anda edit menjadi 2 bagian, yaitu bagian video tanpa suara dan bagian suara tanpa video. Jika anda ingin menambahkan animasi untuk mempercantik visualisasi video maka aplikasi ini sudah menyediakannya dan siap pakai. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini anda dapat download di halaman berikut : Sony Vegas Pro 13.

9. Aplikasi Edit Video “KineMaster”

Aplikasi edit video kinemaster ini dapat anda gunakan di perangkat ponsel yang anda gunakan. Tanpa menggunakan PC ataupun laptop anda dapat melakukan editing dengan cepat dan mudah. Jika anda memerlukannya untuk memotong part video, menambahkan klip, audio ataupun efek video, maka KineMaster ini dapat anda gunakan. Aplikasi ini dapat anda gunakan ketika anda memerlukan hasil video saat itu juga. Artinya dapat dikerjakan dalam hitungan menit.

10. Aplikasi Edit Video “Power Director”

Aplikasi Edit Video Power Director ini merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh CyberLink. Aplikasi PowerDirector ini dapat berjalan pada sistem operasi windows, baik itu windows 7 ataupun 10. Power Director dapat anda gunakan untuk membuat video skala profesional. Power Director pun berbeda-beda type seperti ultimate, ultimate suite, ultra, deluxe, director suite.

Penutup

Dari beberapa aplikasi edit video tersebut dapat anda gunakan sesuai dengan kebutuhan anda. Perhatikan spesifikasi perangkat yang anda gunakan agar proses pengerjaan edit videodapat berjalan dengan maksimal. Dan tentunya hasil yang diharapkan pun dapat tercapai dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada pertanyaan berkaitan dengan artikel ini kemudian ada rekomendasi aplikasi edit video lainnya, dapat anda tuliskan di kolom komentar. Terimakasih.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey, Apa Kabar Anda !

Sebelum anda pergi izinkan kami memberikan update artikel menarik dan bermanfaat lainnya untuk anda.

Salam Hangat Onlenkan Indonesia